Medula Spinalis : Pengertian, Letak, Fungsi dan Struktur

Medula Spinalis : Pengertian, Letak, Fungsi dan Struktur –Ada yang sudah tahu istilah Medula Spinalis?Mungkin banyak yang belum paham jika itu adalah nama lain dari sumsum tulang belakang.Untuk lebih memahaminya ,mari kita simak pembahasannya dalam artikel di bawah ini.

Medula Spinalis : Pengertian, Letak, Fungsi dan Struktur


Medula Spinalis atau Sumsum tulang belakang adalah saraf tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak dan melengkungi serta dilindungi oleh tulang belakang. atau jaringan saraf berbentuk seperti kabel putih yang memanjang dari medula oblongata turun melalui tulang belakang dan bercabang ke berbagai bagian tubuh.

Medula spinalis merupakan bagian utama dari sistem saraf pusat yang melakukan impuls saraf sensorik dan motorik dari dan ke otak. Disebut juga saraf tulang belakang atau sumsum tulang belakang.Letak sumsum tulang belakang, memanjang di dalam rongga tulang belakang, mulai dari ruas-ruas tulang leher hingga ruas tulang pinggang ke dua.

Selaput meninges berguna membungkus Sumsum tulang belakang. Jika di lihat secara melintang, sumsum tulang belakang pada bagian luar akan tampak berwarna putih (substansi alba) dan pada bagian dalam yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu, berwarna kelabu (substansi grissea).

Banyak kandungan akson (neurit) pada bagian yang berwarna putih dengan yang menyelimutinya adalah myelin. dibagian ini berfungsi sebagai penghantar impuls menuju otak dan dari otak menuju efektor.Lalu, pada bagian yang warnanya kelabu memilki kandungan serabut saraf dengan tidak memiliki myelin. untuk membedakan pada bagian ini terdapat 2 akar yakni dorsal atau akar posterior dan akar ventral atau akar anterior.Akar dorsal memiliki kandungan neuron sensorik, sedangkan akar ventral memiliki kandungan neuron motorik.

Medula Spinalis : Pengertian, Letak, Fungsi dan Struktur

Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Fungsi utama sumsum tulang belakang yaitu transmisi pemasukan rangsangan antara periferi dan otak.
adapun fungsi sumsum tulang belakang, diantaranya adalah di bawah ini:

  • Penghantar impuls dari reseptor (indera) ke otak,
  • Penghantar impuls dari otak ke reseptor (indra),
  • Pengubung otak dengan seluruh tubuh,
  • Pusat gerak refleks dan memberikan kemungkinan jalan terpendek gerak refleks.

Struktur Bagian Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang adalah kumpulan saraf silinder dimulai dari otak bagian bawah lalu memanjang menyusuri kanal tulang belakang. Medula spinalis terbagi menjadi beberapa segmen, masing-masing segmen memiliki sepasang akar saraf di kanan dan kiri. Akar saraf depan (ventral) atau saraf eferen bertindak sebagai motorik, sedangkan akar saraf belakang (dorsal) atau saraf aferen bertindak sebagai sensorik.

Segmen-segmen pada sumsum tulang belakang dikelompokkan menjadi beberapa area, dengan urutan dari atas ke bawah yaitu:

  • Servikal (leher), terdiri dari 8 akar saraf.
  • Torak (dada), terdiri dari 12 akar saraf.
  • Lumbar (perut), terdiri dari 5 akar saraf.
  • Sakrum (pelvis), terdiri dari 5 akar saraf.
  • Koksigeus (tulang ekor), terdiri dari 1 akar saraf.

Dari setiap area tersebut, serabut saraf akan menyebar ke bagian tubuh dan organ-organ tertentu sesuai dengan levelnya. Sebagai contoh, saraf torak berarti mempersarafi bagian dada, kulit, otot-otot pernafasan, dan organ-organ di dalamnya. Begitu seterusnya hingga kaki.

Fungsi Bagian Putih dan Abu-Abu Sumsum Tulang Belakang

Jika dipotongan melintang, akan terlihat struktur Medula spinalis yang dibagi menjadi dua , yaitu bagian abu-abu berbentuk kupu-kupu dan bagian putih yang mengitari bagian abu-abu.

Bagian putih (substansia alba) terdiri dari serabut saraf yang disebut akson, yang memanjang naik dan turun di sepanjang medula spinalis. Setiap kelompok akson membawa informasi tertentu yang perlu dikomunikasikan. Saluran akson yang naik akan berkomunikasi dengan otak, sementara yang turun akan membawa sinyal dari otak ke berbagai otot dan kelenjar di seluruh tubuh.

Sedangkan bagian abu-abu (substansia grisea) pada sumsum tulang belakang terbagi lagi dalam beberapa fungsi khusus. Jika bagian abu-abu dibagi menjadi dua bagian, setiap bagiannya memiliki bagian yang disebut tanduk dorsal, tanduk ventral, dan tanduk lateral. Tanduk dorsal dan ventral terhubung dengan otot rangka, sedangkan tanduk lateral terhubung dengan otot jantung dan otot polos.

Anatomi Medula Spinalis

Anatomi dalam bahsa ilmiahnya antropotomi yanng artinya mempelajari bagian-bagian atau struktur pada tubuh manusia. Anatomi sendiri tersususn dari sistem organ, organ, jaringan dan sel.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Medula Spinalis, Semoga bermanfaat.

Daftar Isi