Fungsi Tulang Telapak Tangan : Struktur, Bagian, Rangkaian Tulang, Otot dan Sarafnya

Fungsi Tulang Telapak Tangan : Struktur, Bagian, Rangkaian Tulang, Otot dan Sarafnya – Apa sajakah fungsi dari tulang telapak tangan ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi struktur, otot dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Fungsi Tulang Telapak Tangan : Struktur, Bagian, Rangkaian Tulang, Otot dan Sarafnya


Tulang telapak tangan ialah struktur kerangka tengah tangan yang membentuk hubungan antara tulang karpal (pergelangan tangan) dan falang (jari).

Tulang telapak tangan itu adalah tulang yang menyusun telapak tangan yang terletak diantara ujung distal tulang pengumpil dan hasta serta tulang jari jari (ossa metacarpus).

Perlu kita ketahui bahwa tangan yang ada pada diri kita manusia yang telah di gunakan sekarang ini, tidak dapat bekerja sedemikian rupa karena adanya tulang telapak tangan atau ossa carpus dan ossa carpal.

Beberapa fungsi tulang telapak tangan pada manusia adalah di bawah ini :

  • Menyusun bentuk tangan maupun telapak tangan manusia sehingga bisa terbentuk seperti sekarang ini
  • Sebagai alat untuk pergerakan pasif kepada ekstremitas atas manusia
  • Mampu memberikan stabilitas pada tangan saat bergerak
  • Mampu memberikan kekuatan struktur tangan sehingga mampu menahan beban yang berat
  • Sebagai tempat menempelnya ujung – ujung otot Tangan bawah atau otot – otot kecil pada jari.
  • Salah satu Tempat melekatnya ( jaringan ikat ) pada tulang jari atau tulang lengan bawah ( hasta atau pengumpil )
  • Menjaga jari – jari yang ada pada tangan tidak terlepas atau tidak terurai karena adanya jaringan ikat.
  • Karena adanya tulang tangan (os. carpal / carpus), tangan mampu dibengkokkan sedikit (abduksi) ke arah tulang pengumpil (radius) dan di bengkokkan 40 derajat (abduksi) ke arah tulang hasta.
  • Berfungsi dalam gerakan palmar flexion dan dorsoflexion (perhatikan gambar di bawah).
Baca Juga:  √ Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya (Terlengkap)

Struktur Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan sangat berfungsi supaya tangan bisa melakukan aktifitas seperti kekurangan, ketika salah satu meta karpal, yaitu menempel pada bagian ibu jari dan terletak di jari kelingking, saling berdekatan, keringkungan telapak tangan menjadi menonjol.

  • Bagian Keras / Tulang

Pada bagian keras terdapat beberapa jenis tulang yaitu tulang carpal metacarpal dengan tulang phalangs. Carpal adalah suatu tulang-tulang yang berbentuk bagai bulan dan pendek dimana berjumlah delapan buah, beratikulasi maupun bersambungan dengan ujung tulang distal serta radius. Metacarpal ini adalah tulang yang berada dipergelangan tangan dimana berjumlah lima. Tulang phalangs adalah tulang jari-jari yang terdapat sendi peluru didalamnya.

  • Bagian Lunak

Selanjutnya dalam bagian lunak telapak tangan terdapat otot tangan yang bermacam-macam dimana terdapat fungsi yang berbeda-beda, syaraf-syaraf yang terdiri dari syaraf nervus medianus bersama dengan syaraf nervus ulnaris. Pada telapak tangan juga terdapat arteri telapak tangan yang terdiri atas arteri ulnaris dengan arteri radialis.

Metakarpal atau dapat disebut juga tulang telapak tangan terdiri atas lima ruas tulang yang berartikulasi atau menyambung dengan tulang karpal di daerah pergelangan tangan serta tulang jari tangan “phalangs”. Artikulasi pada tulang pergelangan tangan membentuk menjadi lima sendi dimana disebut sebagai carpometacarpal. Sendi-sendi ini dengan mampu menggerakkan tulang hingga membentuk sebuah busur.

Sendi yang menghubungkan kedua jenis tulang ini memungkinkan pergerakan ke banyak arah seperti tulang telapak tangan dengan tulang jempol, dengan begitu mampu bergerak dengan gerakan ekstensi maupun fleksi. Tulang-tulang metakarpal ini tersusun pada bidang yang sejajar satu sama lain, diantara susunan yang bersejajar ini tersirat rongga dimana nantinya diisi oleh otot-otot tangan tersebut.

Baca Juga:  Topologi Jaringan : Pengertian, Jenis dan Karakteristiknya

Rangkaian Tulang Telapak Tangan Pada Manusia

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Adalah? Susunan, Letak, Gambar

  • Tulang hata
  • Tulang pergelangngan membentuk sabit
  • Tulang bundar kecil
  • Tulang tulang telapak tangan
  • Tulang pengumpil
  • Tulang berlikat tulang panggkal lengan
  • Tulang kerudung
  • Tulang trapesium
  • Tulang jari tangan
  • Tulang ruas jari belakang
  • Tulang ruang ujung jari
  • Tulang ruas jari belakang
  • Tulang ruas jari tengah

Otot Pada Tulang Telapak Tangan

Otot yang bekerja di sekitar tulang telapak tangan disebut otot intrinsik. Otot intrinsik berperan penting untuk memberikan kekuatan pada jari-jemari saat melakukan gerakan motorik halus, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan fisik yang menggunakan otot kecil dan koordinasi mata beserta tangan, seperti dapat mengepal, mencengkram, menggenggam, mencubit, serta gerakan-gerakan lainnya.


Cedera Pada Tulang Telapak Tangan

Tulang telapak tangan (metacapral) bisa mengalami cedera, seperti patah jika terkena pukulan langsung yang begitu keras. Kondisi ini dapat ditemukan banyak yang dialami oleh petinju. Cedera yang menyerang tulang telapak tangan dapat lama agar sembuhnya pulih hingga mengubah struktur serta ketangkasan tangan yang bersifat secara permanen.


Saraf Telapak Tangan

Saraf yang ada di telapak tangan bersatu dengan pergelangan. Semua saraf tersebut berjalan kearah sisi tangan berdampingan dengan pembuluh darah. Saraf membawa sinyal dari otak ke otot untuk menggerakkan otot-otot di telapak tangan. Saraf juga membawa sinyal kembali ke otak agar Anda dapat merasakan sensasi seperti sentuhan, rasa sakit, dan suhu.

Fungsi Tulang Telapak Tangan : Struktur, Bagian, Rangkaian Tulang, Otot dan Sarafnya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Fungsi Tulang Telapak Tangan : Struktur, Bagian, Rangkaian Tulang, Otot dan Sarafnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.