Tulang Selangka : Letak, Fungsi, Kelainan dan Otot Pelekatnya

Tulang Selangka : Letak, Fungsi, Kelainan dan Otot Pelekatnya – Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang tulang selangka dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Tulang Selangka : Letak, Fungsi, Kelainan dan Otot Pelekatnya


Tulang selangka atau clavicula ini adalah tulang yang membentuk bahu serta menghubungkan lengan atas pada batang tubuh. Bentuk tulang selangka kurva-ganda serta memanjang. Tulang selangka ini merupakan satu-satunya tulang yang memanjang horizontal dalam tubuh.

Letaknya berada di atas tulang rusuk pertama. Pada ujung medial, clavicula bersendi itu pada manubrium dari sternum (tulang dada) pada sendi sternoclavicularis. Pada bagian ujung lateral bersendi tersebut dengan acromion dari scapula (tulang belikat) dengan sendi acromioclavicularis.

Tulang selangka pada wanita ini lebih pendek, tipis, kurang melengkung, serta pada permukaannya juga lebih halus, sedangkan untuk tulang selangka pada pria itu kebalikannya.

Tulang selangka ini merupakan tulang pertama yang mengalami proses pengerasan osifikasi selama perkembangan embrio minggu ke-5 dan 6. Clavicula ini juga merupakan tulang terakhir yang menyelesaikan proses pengerasan yakni pada usia 21 tahun.

Meskipun tulang selangka ini termasuk ke dalam tulang yang panjang, tulang selangka ini juga merupakan satu satunya tulang yang tidak mempunyai rongga sumsum tulang seperti pada tulang panjang lainnya yang terdapat di dalam tubuh manusia sebab pada bagian dalamnya itu tersusun dari tulang spons.

Baca Juga:  Pengertian Kedaulatan, Bentuk, Jenis dan Sifatnya

Untuk membantu proses gerak dalam tubuh serta sistem kerjanya, tiap-tiap tulang pada tubuh manusia itu memiliki otot. Tulang selangka ini memiliki otot pada permukaan superior seperti otot deltoideus serta otot traapezius dan juga pada permukaan inferiornya memiliki otot subclavius.

Otot deltoideus yang melekat di tulang selangka (clavicula) tersebut mempunyai peran khusus yakni mampu untuk membentuk struktur bulat pada bahu manusia itu sebab memiliki/mempunyai bentuk seperti alfabet yunani delta atau segitiga sehingga membuat organ tubuh tersebut akan mampu melakukan gerakan yang bebas serta leluasa.


Perlekatan Tulang Selangka

Otot-otot serta ligamentum yang melekat pada clavicula atau tulang selangka, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Permukaan superior:
    • Otot deltoideus pada bagian tuberculum deltoideus
    • Otot trapezius
  • Permukaan inferior:

Ligamentum trapzoideum (bagian lateral dari ligamentum coracoclaviculare) itu pada linea trapezoidea
Otot subclavius pada sulcus musculi subclavii
Ligamentum conoideum (bagian medial dari ligamentum coracoclaviculare) itu pada tuberculum conoideum

  • Batas anterior:

Otot pectoralis mayor
Otot deltoideus
Otot sternocleidomastoid
Otot sternohyoideus
Otot trapezius


Fungsi Tulang Selangka

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi clavicula atau tulang selangka diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Sebagai pengganjal untuk menjauhkan anggota gerak atas dari bagian dada itu supaya lengan bisa/dapat bergerak leluasa.
  • Untuk dapat meneruskan goncangan dari anggota gerak atas ke kerangka tubuh (aksial).
    Meskipun dikelompokkan dalam tulang panjang, clavicula atau tulang selangka ini ialah satu-satunya tulang yang tidak mempunyai rongga sumsum tulang seperti pada tulang panjang lainnya. Clavicula atau juga tulang selangka ini tersusun dari tulang spons.

Walaupun dikelompokkan dalam tulang panjang, clavicula atau tulang selangka ini ialah satu-satunya tulang yang tidak mempunyai rongga sumsum tulang seperti pada tulang panjang yang lainnya. Clavicula(tulang selangka) ini tersusun dari tulang spons.

Baca Juga:  √ Tulang Rusuk : Pengertian, Jumlah, Struktur dan Fungsinya

Kelainan dan Penyakit Pada Tulang Selangka

Berikut ini beberapa penyakit tulang selangka, diantaranya:

  • Patah Tulang Selangka

Patah tulang selangka atau fraktur clavicula merupakan kondisi dimana tulang selangka mengalami retak atau patah. Penyebabnya bisa karna terjatuh dengan posisi bahu mendarat lebih dulu atau lengan terlentang, terkena hantaman di bahu secara langsung, atau kecelakaan.

Fisioterapi patah tulang selangka disarankan untuk mengembalikan kekuatan dan kelenturan otot yang berada disekitar tulang selangka yang patah.

Tulang Selangka : Letak, Fungsi, Kelainan dan Otot Pelekatnya

  • Tulang Selangka Menonjol

Penyebab tulang selangka menonjol bisa terjadi akibat adanya cedera fisik seperti terkilir pada bagian tubuh atas, retak maupun patah yang umumnya akibat cedera persalinan, kecelakaan atau jatuh.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tulang Selangka , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.