Tulang Paha : Anatomi, Bagian, Fungsi Dan Otot Pelekatannya

Tulang Paha : Anatomi, Bagian, Fungsi Dan Otot Pelekatannya – Apakah fungsi dari tulang paha pada manusia ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Tulang Paha : Anatomi, Bagian, Fungsi Dan Otot Pelekatannya


Tulang paha atau femur ialah bagian tubuh paling besar dan juga tulang paling kuat dalam tubuh manusia. Fungsi tulang paha adalah sebagai penghubung pinggul dan paha serta menyokong badan saat berjalan.

Letak tulang paha berada pada bagian paha manusia diantara tulang pinggul dan lutut. Tulang femur menempel pada pinggul lewat sendi bola dan soket yang menggerakan dan mengartikulasikan panggul.


Anatomi Tulang Paha

Tulang paha tersusun atas bagian kepala dan leher dibagian proksimal dan dua condylus dibagian distal.

Bagian kepala femur akan membentuk sendi pada pinggul. Sedangkan, bagian proksimal lain seperti trochanter major dan trochanter minor berperan sebagai tempat perlekatan otot. Dibagian proksimal posterior ada tuberositas glutea yaitu suatu permukaan kasar tempat pelekatan otot gluteus maximus. Didekatnya ada bagian linea aspera, yang merupakan tempat pelekatan otot biceps femoris.

Fungsi kepala tulang paha salah satunya yaitu sebagai tempat produksi sel darah merah (eritrosit) pada bagian sumsum tulangnya.

Dibagian ujung distal ada stuktur condylus bersamaan dengan lutut akan membentuk sendi condylar . Ada 2 condylus yaitu condylus medialis dan condylus lateralis. Keduanya dibatasi oleh struktur yang disebut fossa intercondylaris.


Bagian Tulang Paha

Ada 2 bagian besar dari tulang paha yaitu proximal femur dan distal femur.

Letak bagian proximal femur berada didekat tulang pinggul (pelvis) dan tersusun atas kepala, leher, trochanter, mayor, minor dan median femur. Sedangkan, letak bagian distal femur berada dibagian paha yang menempelnya ke tempurung lutut.

Baca Juga:  √ 5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Fungsi Tulang Paha

Tidak hanya diketahui besar serta kuat, tulang paha pula jadi tulang terpanjang di dalam badan manusia.

Lalu, apa saja guna tulang paha yang sangat diperlukan manusia buat beraktifitas itu?

  •  Tulang terkuat

Bagaikan tulang terkuat serta terkokoh di dalam badan manusia, guna tulang paha sangatlah vital, dalam menopang tubuh. Tulang paha pula melindungi kestabilan badan manusia.

Tidak hanya itu, di dikala manusia lagi bawa beban berat, tulang paha pula menolong supaya badan senantiasa kokoh menopang bebannya. Perihal ini disebabkan, tulang paha dapat menahan berat hingga 30 kali lipat dari berat tubuh badan manusia.

Tidak heran jika tulang paha diucap bagaikan tulang terbanyak serta terkokoh, dalam badan manusia. Tidak hanya itu, tulang paha pula kokoh menahan kekuatan sampai 800 kg hingga 1 ton.

Seperti itu sebabnya, tulang paha tidak gampang patah. Kalaupun tulang paha patah, umumnya cuma hal- hal semacam musibah mobil ataupun jatuh dari ketinggian, yang dapat menyebabkannya. Paling tidak, diperlukan waktu dekat 3- 6 bulan, supaya tulang paha dapat pulih dari luka patah.

  • Artikulasi serta energi ungkit kaki

Posisinya yang“ strategis”, membuat guna tulang paha sangatlah bermacam- macam. Salah satunya merupakan menghasilkan artikulasi serta energi ungkit kaki, buat berlari, berjalan, sampai berdiri.

Bagian sangat atas tulang paha, yang berupa semacam bola, terhubung ke bagian sendi pinggul. Sehingga, kaki bisa bergerak ke seluruh arah.

  • Tulang utama di bagian kaki

Tidak cuma besar serta kuat, tulang paha pula jadi tulang utama kaki, yang jadi tumpuan dari seluruh tulang yang terdapat di bagian kaki.

Karena, bagian distal( dasar) tulang paha, jadi posisi melekatnya seluruh tulang kaki, mulai dari lutut sampai ke bagian kaki sangat dasar.

  • Tempat pembuatan sel darah merah

Rongga meduler yang terdapat di bagian tulang paha, merupakan tempat penyimpanan serta pembuatan sel darah merah.

Di dalam rongga medular itu, ada sumsum tulang, yang memiliki 2 tipe sel punca, ialah hemopoietik( penghasil sel darah) serta stromal( penghasil lemak).

  • Tempat melekatnya lutut
Baca Juga:  Nilai Pendidikan Karakter Bangsa

Bagian sangat dasar tulang paha( distal), merupakan tempat melekatnya patella( tempurung lutut).

Di bagian dasar tulang paha, ada kondilus lateral, yang dapat membuat lutut buat bergerak dengan leluasa.

  • Perlengkapan Gerak Badan Bagian Bawah

Tulang paha pula berperan buat menolong kaki bergerak dengan gerakan lurus serta menekuk ke arah pinggul, sehingga berarti bagaikan perlengkapan gerak manusia bagian dasar.

  • Bersama lutut, membuat sendi condylar

Pada ujung distal tulang paha ada condylus yang hendak membuat sendi condylar bersama lutut. Ada 2 condylus ialah condylus medialis serta condylus lateralis.

  • Penghubung pinggul serta lutut

Tulang paha pula mempunyai guna bagaikan penghubung antara tulang bagian pinggul dengan bagian lutut.

  • Tempat menempel otot serta pigmen

Tulang paha jadi tempat melekatnya otot- otot besar. Ada 2 tipe otot yang terdapat di tulang paha, ialah otot origo serta insersio.

Otot origo merupakan otot yang mempunyai pergerakan normal ataupun senantiasa dikala dicoba kontraksi.

Tulang paha ialah origo buat sebagian otot semacam otot gastrocnemius, vastus lateralis, vastus medialis, serta otot vastus intermedius.

Tulang Paha : Anatomi, Bagian, Fungsi Dan Otot Pelekatannya


Otot Pelekatan Tulang Paha

Berikut ini otot-otot yang melekat pada tulang paha, diantaranya yaitu:

Tulang paha merupakan origo sejumlah otot seperti:

  • Otot vastus intermedius
  • Otot vastus medialis
  • Otot vastus lateralis
  • Otot gastrocnemius

Tulang paha merupakan insersio sejumlah otot seperti:

  • Otot iliopsoas
  • Otot gluteus maximus
  • Otot gluteus medius
  • Otot tensor fasciae latae

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tulang Paha : Anatomi, Bagian, Fungsi Dan Otot Pelekatannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya