Tulang Belikat : Pengertian, Fungsi, Pergerakan, Otot Yang Melekat dan Penyakit Gangguannya

Tulang Belikat : Pengertian, Fungsi, Pergerakan, Otot Yang Melekat dan Penyakit Gangguannya – Apakah itu tulang belikat dan fungsinya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Tulang Belikat : Pengertian, Fungsi, Pergerakan, Otot Yang Melekat dan Penyakit Gangguannya


Tulang belikat ataupun yang dalam bahasa kedokteran diucap skapula merupakan tulang yang jadi penghubung antara tulang lengan atas( humerus) serta tulang selangka( klavikula. Bentuk tulang belikat adalah segitiga pipih dan letak tulang belikat berada di bagian belakang tubuh (posterior). Tulang ini memiliki peran penting dalam menstabilkan tulang lain yang terlibat dalam irama gerakan bahu.

Terdapat banyak otot di sekeliling bahu, termasuk otot rotator cuff, jaringan saraf seperti pleksus brakialis, dan otot lengan atas. Fungsi tulang belikat termasuk bertanggung jawab atas beberapa gerakan lengan.

Dalam bahasa Inggris tulang belikat di sebut “shoulder blade” dan dalam bahasa Latin “omo”Letak tulang belikat berada di daerah bahu atau bagian tubuh atas yakni dibelakang tulang rusuk atas.Bentuk tulang belikat manusia pipih dan secara anatomi memiliki bentuk mirip bangun segitiga. Tulang belikat menghubungkan tulang selangka dan tulang humerus.


Fungsi Tulang Belikat

Fungsi dari tulang belikat (scapula), diantaranya yaitu:

  • Menghubungkan otot dan tendon pada bagian lengan dan punggung yang memungkinkan terjadinya pergerakan saat meregangkan tubuh atau mengangkat tangan jauh ke atas sampai tulang pungung ikut terangkat ke atas.
  • Membantu menggerakan organ gerak atas seperti tangan juga bagian dalamnya terdapat otot sehingga permukaannya kuat dan lentur.
  • Sebagai tempat melekatnya tendon yang terdapat pada leher dan dada serta tempat melekatnya sejumlah otot pada bagian tubuh lainnya.
  • Membantu pergerakan bagian bahu dan sebagai tempat pelekatan otot sehingga tulang belikat memiliki permukaan yang solid.

Struktur Bagian Tulang Belikat

Terdapat dua permukaan (fascia), tiga sudut (angulus) juga tiga sisi (margo) pada tulang belikat, diantaranya:

  • Permukaan Anterior

Permukaan anterior atau fossa subs-kapularis adalah permukaan tulang belikat terdekat dengan iga dan sebagai tempat melekatnya otot subscapiluralis.

  • Permukaan Posterior

Permukaan posterior tersusun dari sejumlah belebas yang disebut “spina” dari scapula yang dapat berjalan melewati permukaan spina sampai berakhir menjadi proses akronium yang dapat menutupi sendi bahu, belebas tersebut terbagi lagi menjadi beberapa bagian antara lain:

  • Proseus Akronium

Bagian proseus akronium mampu menutup sendi bahu, jenis belebas ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu fossa suprapinosus dan fossa infraspinosus. Tulang scapula manusia dan hewan karnivora memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada bagian ujungnya yang memiliki nacroniom.

  • Processus Coracoideus

Bagian processeus coracoideus adalah tonjolan dari bagian utama tulang belikat (scapula) sendiri. Bagian ini juga sebagai tempat melekatnya sejumlah otot, salah satunya adallah otot coracobrachialis. Didekat bagian bawah processus coracoideus terdapat angulus lateralis dan bagian mirip cekungan yang disebut cavitas glenoidales. Cavitas glenoidales merupakan tempat melekatnya bonggol kepala dari tulang lengan atas (humerus).

Baca Juga:  √ Pengertian Penyakit Hipertiroidisme (Pembahasan Terlengkap)

Pergerakan Tulang Belikat

Setiap permukaan tulang belikat memiliki bentuk dan menciptakan gerakan yang berbeda terutama bagian tulang belakang yang menghasilkan dua jenis pergerakan, yakni:

  • Acromiom, yakni mempunyai bentuk agak besar dan persegi panjang dimana bagian itu menjadi sambungan tulang belikat yang berhubungan dengan artikulasi klavikula agar mampu membentuk sendi acromioclavicular yang dapat membentuk ujung bahu.
  • Coracoid, yakni pergerakan yang dapat melengkung baik ke arah atas maupun melengkung ke arah bawah.

Pelekatan Otot Pada Tulang Belikat

Inilah sejumlah otot yang melekat pada tulang belikat (scapula), antara lain:

  • Otot pectoralis minor adalah jenis otot dada yang dapat menaikan otot tulang belikat dan menekan bahu.
  • Otot coracobrachialis adalah jenis otot terkecil dari dua otot lain yang melekat pada processus coracoideus yakni otot pectroralis minor dan otot biceps. Letak otot coracobrachialis berada pada bagian atas dan medial lengan.
  • Otot serratus anterior adalah jenis otot yang umumnya disebut otot gergaji depan yang berpangkal dibagian iga I-IX menuju iga sisi tengah scapula.
  • Otot triceps brachii adalah jenis otot yang berorigo pada tiga tempat diantaranya caput longum, medial juga lateralis sehingga disebut otot berkepala tiga.
  • Otot biceps brachii adalah jenis otot besar yang mempunyai kepala dua karena otot tersebut berorigo pada dua tempat yang sangat berbeda yakni capus longum dan caput brevis. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari ukuran panjang pendeknya.
  • Otot subscapularis adalah jenis otot rotator cuff (otot terkecil pada bagian lengan atas).
  • Otot rhomboideus major adalah jenis otot yang bisa mengakibatkan terjadinya retraksi pada bagian tulang belikat. Otot rhomboideus major melekat pada tulang belikat pada bagian lengan atas.
  • Otot rhomboideus minor adalah jenis otot yang melekat pada bagian lengan atas.
  • Otot levator scapulae adalah jenis otot yang melekat pada bagian punggung dan leher.
  • Otot trapezius adalah jenis otot yang berfungsi menyususn struktur pada punggung manusia.
  • Otot deltoideus adalah jenis otot yang memberi bentuk bulat pada struktur tubuh manusia. Susunan otot deltoideus terdiri dari sejumlah serat seperti serat anterior (clavikula), serat media (pinggir lateral) dan serat posterior.
  • Otot supraspinatus adalah jenis otot dengan ukuran kecil dan melekat pada lengan atas.
  • Otot infraspinatus, atau otot pemutar yang terjadi pada sendi bahu dan melekat pada adductor lengan dalam scapula.
  • Otot teres minor adalah jenis otot yang letaknya berdekatan dengan otot teres major dan melekat pada bagian bahu.
  • Otot teres major adalah jenis otot yang melekat pada bagian lengan atas.
  • Otot omohyoideus adalah jenis otot yang melekat pada pinggir atas bagian tulang belikat. Fungsi otot omohyoideus adalah menarik dan menekan ke bawah pada bagian hyoid.

Kelainan dan Penyakit Tulang Belikat

Berikut ini gangguan pafa tulang belikat (scapula), diantaranya:

  • Patah Tulang

Patah tulang belikat merupakan kondisi patahnya tulang belikat yang dapat terjadi akibat trauma, kecelakaan maupun terjatuh yang menyebabkan memar, bengkak dan nyeri di bagian tulang belikat sehingga penderita tak mampu mengangkat lengan dimana tulang belikat itu patah.

  • Nyeri Tulang

Nyeri tulang belikat atau tulang belikat sakit dapat terjadi akibat adanya organ terdekat yang bermasalah (gejala serangan jantungm emboli paru dan lain sebagainya) atau bisa juga akibat cedera pada otot dan tendonnya yang seringkali disebabkan olahraga, postur tubuh yang buruk, mengangkat benda yang berat, salah posisi tidur dan aktivitas lain yang menyebabkan otot menjadi tegang.

Baca Juga:  Latar Belakang Adalah : Pengertian, Isi, Cara Membuat dan Contohnya

Ada beberapa cara untuk mengatasi tulang belikat sakit, diantaranya dengan beristirahat, mengompres bagian yang sakit dengan es selama 15 menitan setiap 4 jam sekali, pijat, mengongsumsi obat pereda nyeri, melakukan latihan fisik, peregangan dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.


Kondisi Medis Penyebab Sakit Tulang Belikat

Ada sangat banyak sekali kondisi medis yang berpotensi menyebabkan sakit pada pundak atau tulang belikat. Kondisi medis ini dapat meliputi masalah tulang dan sendi, gangguan muskuloskeletal, gangguan jantung, hingga masalah pada perut.

Berikut adalah berbagai kondisi medis yang berpotensi menyebabkan sakit pada tulang ini:

  • Gangguan Tulang dan Sendi

Setiap tulang berpotensi mengalami fraktur (patah tulang), termasuk tulang belikat. Namun patah tulang jenis ini adalah kondisi yang hampir tidak pernah terjadi, kecuali disebabkan oleh karena jatuh, kecelakaan, atau cedera yang langsung mengenai tulang ini.

Kondisi degeneratif seseorang menurun seiring bertambahnya usia seseorang di mana kondisi ini dapat memicu berbagai gangguan pada tulang ini seperti: Osteoporosis Radang sendi Skolioisis Stenosis tulang belakang Frozen shoulder (baju beku) Ankylosing spondylitis Gangguan tulang lainnya yang terkait dengan tulang ini adalah winged scapula atau tulang belikat bersayap.

Kondisi ini menyebabkan tulang ini menonjol dengan posisi abnormal. Kondisi ini berpotensi menyebabkan akitivitas anggota gerak bagian atas menjadi terbatas.

  • Gangguan Muskuloskeletal

Gangguan muskuloskeletal adalah cedera atau gangguan yang memengaruhi pergerakan tubuh manusia atau sistem muskuloskeletal seperti otot, tendon, ligamen, saraf, cakram, pembuluh darah, dan lain-lain. Kondisi ini berpotensi menyebabkan sakit tulang belikat.

Kondisi yang termasuk gangguan muskuloskeletal adalah seperti penggunaan sistem muskuloskeletal berlebihan, ketegangan, posisi tidur yang salah, dan masalah pada rotator cuff.

Tulang Belikat : Pengertian, Fungsi, Pergerakan, Otot Yang Melekat dan Penyakit Gangguannya

 

  • Gangguan Jantung

Masalah yang berhubungan dengan jantung juga biasanya menyebabkan sakit pada tulang ini. Nyeri local pada bahu kiri dapat menjadi tanda serangan jantung, terutama pada wanita. Kondisi jantung lainnya yang dapat menyebabkan nyeri pada bagian ini adalah seperti: Sobekan di aorta Radang selaput jantung

  • Gangguan Perut

Penyebab sakit lainnya adalah gangguan di perut seperti: Bekas operasi Penyakit saraf Tukak lambung Pankreatitis Gangguan hati

  • Gangguan Paru-Paru

Beberapa kondisi paru-paru juga dapat menjadi penyebab sakit pada tulang ini. Gangguan paru-paru yang berpotensi menyebabkan sakit pada tulang ini adalah seperti: Kanker yang tumbuh di bagian atas paru-paru Gumpalan/emboli yang bergerak dari kaki ke paru-paru Paru-paru yang mengalami kolaps

  • Kanker

Kanker seperti kanker paru-paru dan jenis kanker lain yang melibatkan dada seperti limfoma atau kanker yang terkait sistem pencernaan seperti kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker hati, atau kanker pankreas dapat menyebabkan sakit tulang belikat.

Selain itu, metastasis (penyebaran kanker dari situs awal ke tempat lain di dalam tubuh) kanker ke tulang belikat juga dapat mengakibatkan sakit tulang belikat, di mana penyebabnya adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kerongkongan, dan kanker usus besar.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tulang Belikat , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.