√ Pengertian Tulang Baji, Bentuk, Letak, Ciri dan Fungsinya

Pengertian Tulang Baji, Bentuk, Letak, Ciri dan Fungsinya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Tulang Baji. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian tulang baji, bentuk, Letak, Ciri, Jumlah dan Fungsi dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih lengkapnya simak Artikel berikut ini.

Pengertian Tulang Baji, Bentuk, Letak, Ciri dan Fungsinya

Kepala merupakan bagian terpenting bagi manusia yang berperan dalam proses pengendalian seluruh aktifitas tubuh. Dimana kepala memiliki sistem yang mengatur keseluruhan syaraf dan respon tubuh, yaitu bagian otak. Otak yang tidak memiliki tulang dilindungi oleh tulang kepala yang mengelilinginya dan terbagi menjadi bermacam bagian dengan fungsinya masing-masing serta memiliki hubungan antara satu dengan yang lain.

Dalam anatomi manusia, kepala adalah bagian yang terdiri dari otak, mata, telinga, hidung, dan mulut yang kesemuanya memiliki tugas penting dan vital dalam berbagai fungsi sensor. Fungsi tersebut seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, dan pengecapan dalam rangka keberlangsungan hidup manusia sehari hari.

Semuanya memiliki tulang tulang khusus yang menguatkan dan melindungi. Pada bagian tulang tengkorak sendiri terdapat bagian dasar tengkorak yang dalam bahasa latin disebut dengan Os Sfenoidalis dan secara umum dikenal dengan istilah tulang baji.

Tulang Baji

Tulang Baji yaitu tulang yang terdapat pada tengah dasar tengkorak manusia dan memiliki bentuk anatomi seperti kupu-kupu, dengan tiga pasang sayap. Yang mana letak tulang baji diantara tulang pelipis dan tulang dahi manusia. Sebagai tulang anggota tulang tengkorak yang diketahui memiliki posisi tepat diantara tulang pelipis dan tulang dahi. Maka ukuran tulang baji sendiri cukup kecil dibandingkan dengan tulang tulang lain di sekitarnya.

Bentuk dan Letak Tulang baji

Bentuk dan Letak Tulang baji

Ciri-Ciri Tulang Baji

Ciri ciri dari tulang baji yaitu memiliki bentuk yang pipih atau gepeng, ukurannya keci, tidak lebar atau tidak besar. Jumlah tulang baji di dalam tubuh manusia tepatnya di area tulang tengkorak hanyalah 1 buah serta letaknya secara anatomi agar cekung ke dalam karena berada diantara dua tulang.

Fungsi Tulang Baji

Fungsi dari pada tulang baji tentunya diciptakan dengan guna dan manfaat khusus. Sebagaimana anggota tubuh manusia yang lain masing masing memiliki fungsi vital yang saling berhubungan. Berikut ini adalah fungsi dari tulang baji secara lengkap.

Penguat Struktur Tulang di Sekitarnya

Tulang baji adalah salah satu anggota tulang penyusun tengkorak manusia yang mampu memiliki kekuatan dan manfaat yang mandiri. Posisinya yang berada di tengah tengah dan berbentuk cekung membuat tulang baji dibutuhkan sebagai penguat dari struktur tulang di sekitarnya sebab ia mampu berperan sebagai penyangga yang mempertahankan tulang lain tetap seimbang pada posisinya.

Fungsi yang Berkaitan dengan Otak

Seperti telah ketahui, otak merupakan bagian penting dalam kepala manusia yang perlu dilindungi dari berbagai sudut. Sebab itu otak dikelilingi dengan tulang tengkorak yang kuat dan mampu mempertahankan keseimbangan otak tetap pada tempatnya. Dari sisi samping, otak mendapat perlindungan dari adanya tulang baji ini.

Bentuknya yang cekung ke dalam menjadikannya dekat dengan otak dan melindungi otak dari trauma atau benturan yang dapat terjadi karena gerak tubuh dari bawah, seperti ketika didorong atau terlempar, keberadaan otak baji penting untuk melindungi otak dari gangguan demikian sehingga setiap titik sudut otak akan tetap aman.

Tulang Baji Adalah Bagian Spenoid

Tulang baji merupakan bagian spenoid atau menjadi pusat dasar dari kotak otak. Otak manusia tentu memiliki bagian masing masing yang semuanya mengatur sistem syaraf dalam tubuh manusia, tulang baji menjadi tempat melekat sekaligus penyangga dan pelindung dari pusat dasar kotak otak.

Yakni bagian yang berfungsi sebagai pusat syaraf dan pengaturan pembuluh darah di seluruh tubuh. Sebab itu keberadaan tulang baji yang kecil ini benar benar tak bisa diremehkan, walaupun berbentuk kecil dan memiliki tempat yang tersembunyi, namun fungsinya erat dengan keberlangsungan hidup manusia.

Demikian Artikel tentang Pengertian Tulang Baji, Bentuk, Letak, Ciri dan Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi