√ Pengertian Sendi, Fungsi, Bagian, Stuktur dan Jenisnya

Pengertian Sendi, Fungsi, Bagian, Stuktur dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Sendi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sendi, fungsi, bagian, struktur dan jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang pengertian sendi berikut ini.

Pengertian Sendi, Fungsi, Bagian, Stuktur dan Jenisnya

Dalam kerangka manusia terdapat sekitar 206 tulang yang mana terhubung sebab adanya sekitar 230 sendi. Artikulasi disebut dengan hubungan atar tulang atau dalam pengertian lain yaitu tempat 2 tulang atau lebih yang saling berhubungan antar 1 dengan lainnya dimana antara tulang tersebut dapat terjadi pergerakan atau tidak.

Dalam sendi memberikan segmentasi pada rangka manusia yang memberikan kemungkinan variasi pada pergerakan antara segmen dan kemungkinan variasi pertumbuhan. Pada sebagian besar sendi kita yaitu sendi synovial. Sendi juga diikat dengan adanya ligamen yang sangat berguna agar mencega perpindahan sendi tulang. Pada sendi itu menghasilkan cairan synovial yang akan menjadi peluas dalam pergerakan sendi. Adapun ilmu yang mempelarai hal tersebut yaitu artrologi.

Fungsi Sendi

Berikut ini adalah beberapa fungsi sendi, antara lain yaitu:

  • Menanggung berat badan.
  • Memungkinkan rangka tubuh itu bergerak bebas serta leluasa sesuai batas.
  • Menghubungkan antara dua tulang sehingga membentuk rangka.

Bagian dan Struktur Sendi

Dalam sendi memiliki tiap bagian rangka yang saling berkesinambungan, sehingga bisa disebut bagian penting dalam proses sistem gerap manusia. Perbedaannya terdapat pada pengapuran/ pengroposan tulang rawan pada sendi tau biasa disebut dengan Osteoarthritis. Hal tersebutlah yang menyebabkan rasa sakit pada sendi.

Baca Juga:  √ Pengertian Protein dan Fungsinya Bagi Tubuh (Pembahasan Lengkap)

Pengapuran banyak terjadi pada orang yang obesitas dari pada orang yang bertubuh kurus atau ideal. Hal ini juga dapat terjadi pada orang yang terlalu sering jongkok, berdiri atau duduk serta terlalu banyak olahraga. Gangunan sendi ini tidak dapat dihindari sebab bagian dari proses penuaan tubuh dan sering terjadi pada tulang belakang tangan, kaki dan lutut.

Adapun bagian tubuh manusia yang memiliki komponen dengan fungsinya antara lain yaitu:

  • Ligamen

Ligamen merupakan suatu jaringan berbentuk pita yang tersusun dariserabut-serabut liat yang menghubungkan antar tulang supaya dapat menyatu dengan sendi dan mencegah dari terjadinya dislokasi sendi dan tulang pada saat bergerak.

  • Kapsula Sendi

Kapsula sendi merupakan lapisan berserabut yang melapisi sendi memiliki fungsi yakni sebagai penghubung antar dua tulang pada sendi.

  • Tulang Rawan

Tulang rawan adalah jaringan tulang yang menutupi kedua ujung tulang yang fungsinya itu untuk menjaga tulang dari benturan atau gesekan disaat bergerak.

  • Selaput Sinovial

Selaput sinovial merupakan bagian yang menjaga cairan synovial itu tetap berada pada tempatnya.

  • Cairan Sinovial

Cariran sinovial yang mana memiliki fungsi sebagai peredam kejut (shock absorber) dan pelumas yang memungkinkan sendi bisa untuk bergerak secara bebas tetap dalam arah yang tepat.

Pengertian Sendi Fungsi Bagian Stuktur dan Jenisnya

Jenis Sendi

Pada umumnya sedi dibagi menjadi 3 bagian antara lain yaitu:

  1. Sendi Fibrosa

Sendi Fibrosa (sendi mati) atau Synarthrosis merupakan persendian yang mana pada permukaan tulang yang bersendi dihubungkan oleh selapis jaringan fibrosa, sehingga terdapat kemungkinan geraknya itu sangat sedikit. Semisal pada sendir ini yaitu sutura yang menghubungkan tengkorak serta art Tibio fibularis inferior.

  1. Sendi Kartilaginosa

Sendi Kartilaginosa (sendi dengan pergerakan terbatas) atau Amphiarthrosis merupakan sendi yang tidak mempunyai rongga sendi dan diperkokoh dengan adanya jaringan kartilago.dalam pergekan sendi ini cukup terbatas, hal ini sebab tulang-tulangnya dihubungkan oleh tulang rawan hialin.

  1. Sendi Sinovial

Sendi synovial(sendi dengan pergerakan bebas) atau Diarthrosis adalah persendian yang memiliki kemungkinan untuk bisa banyak bergerak. Hal ini sebab pada persendian ini terdapat suatu diskontinuitet diantara tulang-tulang yang bersendi (merupakan rongga sendi).

Baca Juga:  √ Pengertian Limbah, Karakteristik, Jenis & Penanganannya (Lengkap)

Ciri-ciri sendi ini diantaranya :

  • Permukaan sendi ini dilumasi oleh cairan kental yakni cairan synovial.
  • Memiliki cavum articularis yang merupakan suatu rongga yang terdapat diantara tiap-tiap ujung tulang.
  • Ujung tulang bersendinya itu dibedakan atas caput artilacularis serta juga cavitas glenoidales.
  • Mempunyai alat-alat khusus yang membantu seperti bantalan lemak, discus/meniscus articularis, ligamen, bursa mukosa dan selubung synovial.
  • Disebelah luar membrane synovial ini dilindungi oleh adanya kapsula sendi (articularis).
  • Rongga sendi ini dibatasi oleh membrane synovial yang berjalan dari permukaan sendi yang 1 ke yang lainnya.

Terdapat enam jenis dari pembagian diartrosis, diantaranya :

  1. Sendi berporos (trokoidea)
  2. Sendi datar atau geser (gliding, atrhrodial)
  3. Sendi pelana (sellaris)
  4. Sendi peluru (globaidea)
  5. Sendi kondiloid
  6. Sendi engsel (gynglysum)

Proses Pergerakan Sendi

Proses pergerakan sendi dihasilkan karena adanya kerja otot rangka yang melekat di tulang yang membentuk artikulais dengan memberikan tenaga sehingga memberikan sensitvitas struktur anggota gerak terhadap posisi dan pergerakan. Tulang berperan sebagai pengungkit dan sendi penumpu.

Kita telah mengetahui bahwa otot melekat ditulang dan dapat berkontraksi. Kemudian menarik tulang yang dibantu dengan adanya sendi, sehingga dapat bergerak seperti kemauan kita. Saraf berkesinambungan dalam tubuh yang berperan besar dalam pergerakan ini.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Sendi, Fungsi, Bagian, Stuktur dan Jenisnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.