Tulang Pergelangan Tangan : Anatomi, Fungsi dan Gangguannya

Tulang Pergelangan Tangan : Anatomi, Fungsi dan Gangguannya – Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Tulang Pergelangan Tangan dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Tulang Pergelangan Tangan : Anatomi, Fungsi dan Gangguannya

Tubuh mempunyai 206 tulang. Tulang memiliki beberapa fungsi, seperti dukungan, perlindungan, pemindahan, penyimpanan mineral, dan pembentukan sel darah. Susunan tulang yang membentuk sendi dan perlekatan otot pada tulang-tulang tersebut menentukan pergerakan. Tulang diklasifikasikan berdasarkan bentuknya menjadi empat kelompok: tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, dan tulang tidak teratur.

Struktur anatomi tangan terdiri atas beberapa tulang-tulang yang terdiri atas 27 buah tulang terbagi atas tiga kelompok yakni karpal, metakarpal, dan phalang. Karpal merupakan tulang yang membentuk pergelangan tangan yang membantu pergerakan supinasi dan pronasi pergelangan tangan dimana untuk karpal terdiri atas 8 bua

Tulang pergelangan tangan adalah tulang yang berada pada daerah pergelangan tangan dan siku serta memiliki otot-otot untuk menggerakan tangan.

Tulang ini termasuk kedalam jenis tulang pendek atau carpal. Seperti dengan namanya, tulang ini berbentuk bulat dan pendek. Sebagai contoh, sama halnya dengan tulang pergelangan tangan, tulang pendek juga terdapat pada tulang pergelangan kaki dan ruas-ruas tulang belakang.

Pergelangan tangan tersusun dari delapan tulang pendek yang termasuk sebagai jenis tulang keras. Tulang pergelangan tangan terbentuk dari sel tulang yang memiliki saluran havers berisi pembuluh darah.

Struktur tulang pergelangan tangan yang kuat dan kokoh mengandung senyawa berupa zat kapur dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat yang didapatkan melalui aliran darah.


Anatomi Tulang Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan merupakan bagian tulang yang menghubungkan telapak tangan ke lengan. Pergelangan tangan terdiri dari serangkaian sendi, saraf, dan tulang termasuk jari-jari dan tulang ulna (tulang panjang di bagian medial lengan bawah), delapan tulang karpal (tulang pergelangan tangan), dan ujung proksimal dari lima tulang metacarpal (tulang di bagian tengah pada kerangka tangan).

Baca Juga:  √ 24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Anatomi pergelangan tangan berikut ini:

  • Tulang Karpal

Tulang karpal (carpals) adalah tulang pergelangan tangan yang terdiri dari 8 (delapan) tulang kecil. Fungsi tulang karpal adalah untuk menghubungkan telapak tangan ke dua tulang panjang pada lengan yaitu tulang jari-jari dan tulang ulna.

Berikut ini 8 (delapan) tulang karpal:

    • Skafoid: Terletak di bawah ibu jari dengan bentuk seperti perahu panjang.
    • Lunate: Terletak di samping tulang skafoid dengan bentuk seperti bulan sabit kecil.
    • Trapezium: Terletak di antara atas tulang skafoid dan bawah tulang ibu jari dengan bentuk seperti trapesium.
    • Trapezoid: Terletak di samping tulang trapezium dengan bentuk seperti irisan.
    • Capitate: Terletak di tengah pergelangan tangan dengan bentuk seperti oval.
    • Hamate: Terletak di sisi jari kelingking.
    • Triquetrum: Terletak di bawah tulang hamate dengan bentuk seperti piramida kecil.
    • Pisiform: Terletak di bagian atas tulang trapezium dengan bentuk tulang bulat kecil.

Singkatnya, tulang karpal terletak di punggung telapak tangan dan pergelangan tangan dengan bentuk kecil, persegi, oval, dan segitiga kecil. Susunan tulang karpal ini membuat pergelangan tangan Anda jadi fleksibel, kuat, dan mampu membantu pergerakan tangan dengan sendi dan dua tulang besar di lengan.

  • Sendi Pergelangan Tangan

Terdapat 3 (tiga) sendi utama di pergelangan tangan, yaitu:

    • Sendi Radiocarpal: Menghubungkan antara jari-jari dan tulang lengan bagian bawah, tepatnya terletak di sisi ibu jari dari pergelangan tangan.
    • Sendi Ulnocarpal: Menghubungkan ulna dan tulang pergelangan tangan lunate dan triquetrum, tepatnya terletak di sisi jari kelingking.
    • Sendi Radioulnar Distal: Menghubungkan antara ujung bawah jari-jari dan ulna, terletak di sekitar pergelangan tangan.

Fungsi sendi pergelangan tangan membantu menghubungkan antara tulang di telapak tangan dan lengan. Tanpa sendi ini, Anda tidak akan mampu melakukan gerakan di pergelangan tangan seperti untuk menggenggam, menyentuh, memutar tangan, dan sebagainya.


Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan juga disebut sebagai tulang karpal. Terdapat tiga fungsi tulang pergelangan tangan sebagai berikut:

  • Sebagai Alat Gerak Tangan

Tulang pergelangan tangan berfungsi sebagai alat gerak bagian tangan dengan bantuan otot-otot. Tulang yang menyusun pergelangan tangan terdapat sendi kaku yang menyebabkan pergerakannya terbatas.

Sedangkan terdapat sendi pelana yang menghubungkan antara pergelangan tangan dengan telapak tangan.

Pergerakan pergelangan tangan membentuk gerak kearah vertikal yaitu fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerakan pergelangan tangan ke bawah dan ekstensi adalah gerakan ke belakang pergelangan tangan.

  • Tempat Menempelnya Otot Tangan

Otot adalah bagian yang penting untuk membantu gerak tangan. Otot yang menempel pada tangan menjadi sensor-sensor gerak sehingga memudahkan kita mengerakan tangan.

Baca Juga:  Tulang Betis : Pengertian, Fungsi dan Karakteristiknya

Terdapat dua jenis otot pada pergelangan tangan yaitu otot ekstensor dan otot fleksor. Dua jenis otot ini menyebabkan terjadinya berbagai gerak yang dibantu oleh sendi kaku dan sendi pelana pada bagian tulang pergelangan tangan.

  • Penghubung Tulang Jari dan Tulang Pangkal Lengan

Fungsi pergelangan tangan digunakan sebagai penghubung jari pada ujung bawah dengan tulang pangkal lengan. Susunan pergelangan tangan yang terdiri dari tulang pendek dan berbentuk bulat membentuk carpal sehingga mampu menghubungkan tulang jari dengan tulang pangkal lengan.


Gangguan Fungsi Pergelangan Tangan

  • Terkilir

Terkilir pada pergelangan tangan merupakan gangguan pada sendi yang mungkin terjadi saat Anda meregangkan atau membawa benda yang terlalu berat. Gangguan ini juga terjadi akibat kerusakan ligamen di sekitarnya. Umumnya, ini terjadi pada sendi ulnocarpal yang terletak di antara tulang lengan dan tulang pergelangan tangan.

  • Patah Tulang

Patah tulang pada pergelangan tangan ialah gangguan tulang paling umum,biasanya terjadi akibat jatuh, kecelakaan, atau lainnya. Salah satu jenis patah tulang pada pergelangan tangan yang paling umum adalah fraktur radius distal dan fraktur skafoid.

Tulang Pergelangan Tangan : Anatomi, Fungsi dan Gangguannya

  • Cedera Berulang

Kondisi ini biasanya terjadi pada aktivitas repetitif di mana Anda tidak melakukan peregangan yang baik, seperti kegiatan olahraga, mengetik, menulis, dan sebagainya. Gejala paling umum adalah pembengkakan, mati rasa, dan nyeri di pergelangan tangan.

  • Nyeri Rematik

Pernahkah Anda mengalami nyeri rematik atau artritis di tulang pergelangan tangan? Kondisi ini diakibatkan oleh cedera, sendi tidak fleksibel, atau ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh. Gejala umum dari artritis adalah nyeri dan sendi kaku sehingga mengganggu aktivitas Anda.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tulang Pergelangan Tangan : Anatomi, Fungsi dan Gangguannya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.