Sumsum Tulang Belakang : Pengertian, Struktur, Fungsi & Letaknya

Sumsum Tulang Belakang : Pengertian, Struktur, Fungsi & Letaknya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Sumsum Tulang Belakang. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sumsum tulang belakang, pengertian, fungsi, bagian, struktur dan tata letaknya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak artikel tentang sumsum tulang belakang dibawah ini.

Sumsum Tulang Belakang : Pengertian, Struktur, Fungsi & Letaknya

Secara ilmiah sumsum tulang belakang dinamakan Medula Spinalis. Dimana sumsum tulang belakang adalah bagian dari sistem syaraf dan berperan sebagai pengontrol gerak diantaranya hidung, mata dan lain sebagainya.

Pengertian Sumsum Tulang Belakang

Pengertian Sumsum tulang belakang atau secara ilmiah yakni Medula Spinalis merupakan suatu saraf tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak serta melengkungi serta dilindungi oleh tulang belakang. Pada sumsum tulang belakang bertempat di dalam rongga tulang belakang yang memanjang dimulai dari ruas tulang leher sampai ruas tulang pinggang kedua.

Terdapat selaput yang membungkus medula spinalis yaitu selaput meninges. Yang mana dapat medula spinalis dilihat secara melintang  tampak luar  bagian berwarna putih (substansi alba) dan pada bagian dalam yang berbentuk seperti kupu-kupu berwarna kelabu (subtansi grissea). Bagian yang berwarna putih tersebut mengandung neurit (akson) yang diselimuti myelin. Dimana berfungsi menghantarkan impuls menuju otak juga dari otak mengarah ke efektor.

Untuk bagian yang berwarna kelabu mengandung serabut saraf yang tidak myelin.pada bagian ini dibedakan menjadi 2 bagian yaitu akar ventral (akar anteriror) dan akar dorsal (akar posterior). Dalam akar ventral ini mengandung neuron motorik sedangkan pada akar dorsar mengandung  neuron sensorik.

Sumsum tulang belakang berfungsi sebagai transmisi pemasukan rangsangan anatara periferi serta otak. Fungsi lainnya yaitu untuk mengontrol gerakan refleks seperti gerakan refleks pada hidung, mata dan lainnya.

Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Berikut ini beberapa gungsi sumsum tulang belakang, diantaranya yaitu:

  • Sebagai pusat untuk gerak refleks dan memberi kemungkinan jalan terpendek gerak refleks
  • Dapat penghantar impuls dari reseptor (indera) ke otak.
  • Sebagai penghubung otak dengan seluruh tubuh
  • Dapat penghantar impuls dari otak ke reseptor (indra).

Struktur Bagian Sumsum Tulang Belakang

Medula spinalis yang mana terdiri dari kumpulan syaraf berbentuk silinder dimulai dari otak bagian bawah yang memanjang  menyusuri kanal tulang belakang. Pada sumsum tulang belakang terbagi menjadi beberapa segmen yang memiliki sepasang akar saraf di kiri dan dikanan.  Akar saraf belakang atau dorsal bisa juga disebut dengan saraf aferen bertugas sebagai sensorik sedangkan akar saraf depan atau ventral bisa juga disebut saraf eferen bertugas sebagai motorik.

Dalam sumsum tulang belakan terdiri dari beberapa segmen yang dikelompokkan menjadi beberapa tempat atau area, antara lain yaitu:

  • Servikal (leher), terdiri dari 8 akar saraf
  • Torak (dada), terdiri dari 12 akar saraf
  • Lumbar (perut), terdiri dari 5 akar saraf
  • Sakrum (pelvis), terdiri dari 5 akar saraf
  • Koksigeus (tulang ekor), terdiri dari 1 akar saraf

Dalam setiap level area terdapat serabut saraf yang akan menyebar dibagian tubuh dan organ tertentu sesuai dengan evelnya. Seperti contoh saraf torak yang berfungsi mempersarafi dibagian kulit, dada, otot pernafasan dan organ didalamnya. Hal ini juga berfungsi sampai seterusnya sampai pada kaki.

Pengertian Sumsum Tulang Belakang Struktur Fungsi & Letaknya

Bagian Sumsum Tulang Belakang

Bagian sumsum tulang belakang bila dilakukan pemotongan melintang akan terlihat terdapat struktur sumsum tulang belakan yang dibagi menjadi 2 bagian. Bagian tersebut terdiri dari bagian putih (yang mengitari bagian abu-abu) serta bagian abu-abu (yang berbentuk kupu-kupu).

  • Bagian putih (substansia alba)

Substansia alba atau bagian putih terdiri dari serabut saraf disebut akson, serabut ini memanjang naik danturun disepanjang medula spinalis. Dalam tiap kelompok akson akan membawa informasi tertentu yang perlu dikomomunikasikan. Cara kerjanya akson yaitu pada setiap saluran akson yang naik akan berkominikasi dengan otak, sementara akan turun dengan membawa sinyal dari otak keberbagai kelenjar dan otok diseluruh tubuh.

  • Bagian abu-abu (substansia grisea)

Pada bagian substansisa grisea atau bagian abu-abu pada sumsum tulang belakang  terbagi menjadi beberapa fungsi khusus. Bilamana substansia grisea terbagi menjadi 2 bagian, pada tiap bagian terdapat bagian yaitu tanduk ventral, tanduk dorsal dan tanduk lateral.

Tanduk dorsal dan ventral itu terhubung dengan otot rangka, sedangkan untuk tanduk lateral itu terhubung dengan otot jantung dan otot polos. Pada tanduk dorsal itu terdapat badan sel saraf penghubung (asosiasi konektor) yang akan menerima impuls dari sel saraf sensori serta akan menghantarkannya ke saraf motor.

Pada bagian putih itu terdapat serabut saraf asosiasi. Kumpulan serabut saraf tersebut membentuk saraf (urat saraf). Urat saraf yang membawa impuls ke otak adalah sebuah saluran asenden dan juga yang membawa impuls yang berupa perintah dari otak itu merupakan saluran desenden.

Demikian penjelasan tentang Sumsum Tulang Belakang : Pengertian, Struktur, Fungsi & Letaknya, semoga dapat bermafaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi