√ Tulang Rusuk : Pengertian, Jumlah, Struktur dan Fungsinya

Tulang Rusuk : Pengertian, Jumlah, Struktur dan Fungsinya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Tulang Rusuk. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian tulang rusuk, pembagian dan fungsinya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak Artikel berikut ini.

Tulang Rusuk : Pengertian, Jumlah, Struktur dan Fungsinya

Dalam struktur tubuh tentu memiliki fungsi, struktur dan tugas masing-masing. begitu pula pada tulang rusuk yang berfungsi sebagai pelindung organ dalam yang vital seperti hati, jantung, paru-paru dan lain sebagainya. berikut ini adalah penjelasan tentang tulang rusuk.

Loading...

Pengertian Tulang rusuk

Dalam anatomi, Tulang rusuk atau iga (costae) adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk. Fungsi dari tulang rusuk melindungi dada (thorax), paru-paru, jantung, hati dan organ dalam lainnya di rongga dada.

Pada mamalia, letak tulang rusuk terdapat hanya di bagian dada. Akan tetapi letak tulang rusuk pada reptil kadang-kadang terdapat dari bagian leher hingga sacrum. Tulang rusuk juga terdapat pada beberapa jenis ikan, yang dapat mempunyai sampai 4 rusuk pada tiap-tiap tulang punggung.

Struktur Tulang Rusuk

gambar tulang rusuk

Setiap manusia pasti memiliki tulang rusuk, baik pada pria maupun pada wanita. Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang yang masing kiri dan kanan berjumlah 24 tulang rusuk. Dengan adanya tulang rusuk maka bagian penting lainnya seperti jantung, hati, dan paru-paru menjadi aman. Tulang rusuk bertindak seperti sangkar yang letaknya pada bagian dada.

Baca Juga:  √ Pengertian Sel Darah Merah, Ciri, Fungsi, Struktur, Proses dan Dampaknya
Loading...

Sangat mudah untuk mengetahui bagian untuk tulang ini, dengan cara meraba disepanjang sisi dan depan dada dan beberapa inci dibawah jantung anda. Jika kita bernafas dalam maka akan dengan sangat mudah kita merasakan tulang rusuk didepan tubuh kita.

Tujuh pasang tulang rusuk pertama menempel di depan dada, tulang yang kuat terletak ditengah dada dan set sisa dari tulang rusuk tidak menempel ke sternum langsung. 3 pasang berikutnya berada ditulang rawan pada tulang rusuk, dua set terakhir dari tulang rusuk disebut rusuk mengambang karena mereka tidak terhubung ke sternum tulang rusuk. Namun kita tidak perlu khawatir karena iga tetap melekat pada tubuh.

Tulang rusuk dibedakan menjadi 3 (tiga) bagian, antara lain:

Tulang Rusuk Palsu

Pada tulang rusuk ini terdiri dari 3 pasang, tulang rusuk palsu memiliki ukuran yang sangat pendek daripada tulang rusuk sejati. Tulang ini berhubungan langsung dengan ruas tulang bagian belakang. Sedangkan ketiga ujung tulang depan disatukan oleh tulang rawan yang kemudian melekat pada satu titik ditulang dada.

Tulang Rusuk Sejati

Tulang rusuk sejati mempunyai jumlah 7 (tujuh) pasang. Tulang rusuk sejati yaitu berada di bagian belakang yang berhubungan langsung dengan ruas tulang belakang. Sedangkan ujung depannya berhubungan dengan bagian tulang dada dengan perantara yang dibantu tulang rawan.

Tulang Melayang

Tulang melayang mempunyai jumlah 2 (dua) pasang. Tulang rusuk melayang sama dengan tulang sejati yaitu berada di bagian paling belakang yang berhubungan dengan bagian ruas – ruas tulang belakang. Namun ujung depannya bebas atau tidak terhubung dengan bagian tulang lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Insomnia, Gejala, Penyebab, Ciri, Jenis & Mengatasinya

Tulang Rusuk Pengertian Jumlah Struktur dan Fungsinya

Fungsi Tulang Rusuk

Adapun fungsi utama dari tulang rusuk itu sendiri, antara lain sebagai berikut:

Loading...

Sebagai Pelindung Jantung, Hati dan Paru – paru

Fungsi tulang rusuk yang utama adalah untuk menjaga organ-organ penting yang ada pada tubuh kita terutama organ yang berada dibagian dada seperti jantung, bagian paru paru dan hati. Seperti yang kita tahu bahwa organ-organ tersebut sangatlah penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya tulang rusuk yang membentuk sarang sehingga melindungi ke 3 organ tubuh tersebut.

Membantu Pernafasan

Fungsi yang selanjutnya yaitu Tulang rusuk membantu pernafasan kita ketika otot-otot interkostal mengangkat dan menurunkan tulang rusuk, memfasilitasi dan menghembuskan nafas.

Selain itu juga tulang rusuk memiliki kerangka sebagai kerja otot dada, punggung, dan perut juga korset bahu atas dapat menempel, diafragma melekat pada batas bawah tulang rusuk. Dengan tidak adanya tulang rusuk kita tidak bisa bernafas dengan lancar dan juga tanpa tulang rusuk tidak ada pelindung bagi organ penting yang ada pada tubuh kita.

Demikian penjelasan tentang Tulang Rusuk : Pengertian, Jumlah, Struktur dan Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk Anda. Trima kasih.

5.0
10
Loading...