Pengertian Brainware, Fungsi, Komponen, Jenis dan Contohnya

Pengertian Brainware, Fungsi, Komponen, Jenis dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Brainware. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian brainware, jenis, fungsi, komponen dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Brainware, Fungsi, Komponen, Jenis dan Contohnya

Brainware sering disebut sebagai perangkat intelektual yang akan memakai atau menjelajahi kemampuan hardware/perangkat keras serta software /perangkat lunak.

Pengertian Brainware

Brainware adalah orang yang sering menggunakan atau juga mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Sedangkan contoh brainware yaitu programer, netter, serta para pengguna komputer atau lain sebagainya.

Fungsi Brainware

Sebagai pengguna komputer tersebut biasa disebut dengan user. Adapun mereka juga dibagi menjadi beberapa macam dan fungsinya yaitu diantaranya :

Programer

Programer adalah orang yang memiliki kemampuan di dalam bahasa pemorograman. Dalam hal ini programer berperan sebagai membuat program yang akan diperlukan pada sistem komputerisasi.

Administrator

Administrator adalah orang yang bertugas dalam mengelola sebuah sistem operasi serta program yang akan digunakan pada komputer atau juga  jaringan komputer.

Operator

Operator adalah orang yang akan menjalankan suatu sistem operasi atau juga program di dalam perangkat komputer. Sebagai contoh seperti merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, atau lain sebagainya.

Di dalam sistem komputer, brainware akan menjadi hal yang sangat penting atau tidak bisa dipisahkan dari hardware serta software. Hal ini karena Hardware di dalam komputer tersebut tidak akan dapat dijalankan sempurna tanpa adanya software. Sedangkan tanpa adanya brainware tersebut maka software dan juga hadware tidak bisa berjalan.

Komponen Brainware

Melihat dari pengertian brainware ini menyatakan bahwa brainware ialah pengguna komputer. Maka dari itu, brainware tersebut harus akan mengenal dengan baik hardware atau juga software komputer.

Dikarenakan hardware atau software adalah elemen yang kompleks di dalam komputer. Brainware ini tidak akan bisa memahami seluruh elemen tersebut dengan secara mendetail. Brainware sendiri terbagi menjadi beberapa komponen yang akan bertugas dalam mengelola atau juga mengoperasikan masing-masing elemen komputer.

Baca Juga:  √ Pengertian Switch, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya (Lengkap)

Di bawah ini adalah pembagian komponen brainware yang perlu kalian diketahui, antara lain sebagai berikut:

Operator

Operator Komputer yaitu bertanggung jawab dalam mengolah data dengan melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator tersebut harus mengikuti instruksi yang akan ditetapkan di dalam runbook yang sudah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya suatu pembatasan agar Operator tersebut tidak akan dapat memodifikasi program sebelum atau juga selama program itu berjalan.

Teknisi

Teknisi yaitu seorang yang akan bertanggung jawab di dalam maintenance mengenai segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus bisa memiliki pengetahuan yang luas tentang troubleshooting atau lain sebagainya. Bagi Teknisi akan memiliki beberapa spesialisasi tergantung dari bidang yang akan di dalami.

Network Engineer

Network Engineer adalah orang yang akan merancang teknik-teknik baru di dalam bidang neworking. Dalam hal ini akan bertanggungjawab di dalam mengembangkan metode-metode baru dalam akan menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.

Hardware Engineer

Hardware Engineer adalah orang yang akan bertanggungjawab untuk yang mengembangkan metode atau juga teknik-teknik baru di dalam pembuatan sebuah hardware. Sehingga akan muncul sebuah produk baru dengan adanya teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.

Software Engineer

Software Engineer adalah orang yang akan bertanggungjawab di dalam mengembangkan metode serta teknik-teknik baru di dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, ataupun juga sistem operasi).

Jenis-jenis dan Fungsi Brainware (User)

Ada beberapa Jenis Brainware pada umumnya yang akan dibagi dalam bagian dengan bisa menunjang adanya internal check yang memadai, yakni sebagai berikut  :

Operator Komputer

Dalam hal ini operator komputer Bertanggung jawab dalam mengolah data dengan melalui sistem yang bisa berhubungan dengan komputer. Operator tersebut harus mengikuti langkah instruksi yang sudah ditetapkan di dalam runbook yang sudah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya sebuah pembatasan supaya Operator tersebut tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program tersebut sedang berjalan.

Teknisi

Teksinisi yaitu seorang yang bertanggung jawab di dalam maintenance mengenai segala hal. Baik semua jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi tersebut harus mempunyai skill pengetahuan luas tentang troubleshooting serta lain sebagainya.

Trainer

Trainer yaitu seorang Brainware yang memiliki pengetahuan ilmu lebih banyak di banding yang lainnya. Brainware ini juga bertanggung jawab untuk bisa mendidik atau mengajar di bidangnya.

Baca Juga:  √ Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasannya

Konsultan

Konsultan adalah Brainware yang akan bertanggung jawab layaknya seorang pemandu yang handal di dalam bidangnya.

Project Manager

Project Manager adalah Brainware yang akan bertanggung jawab ialah sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu.

Programmer

Programmer yaitu bertugas membuat aplikasi komputer sehingga bisa akan memudahkan kinerja manusia dengan melalui program yang sudah dibuatnya.

Graphic Designer

Graphic Designer yaitu seorang Brainware yang berpengetahuan skill di dunia Design Grafis atau mahir di dalam hal membuat suatu objek animasi.

Pengertian Brainware Fungsi Komponen Jenis dan Contohnya

Contoh Brainware

Berikut ini adalah beberapa contoh dari brainware, yaitu:

Netter

Netter adalah seseorang, individu, organisasi yang akan menggunakan, menjelajah internet untuk dapat mencari suatu informasi. contohnya browsing mencari situs-situs yang tedapat di Internet sehingga disebut dengan surfing. serta dengan kata lain bisa disebut dengan sebutan penjelajah kata kunci/ keyword.

Misalnya Anda akan menjelajah menggunakan Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. seperti baju maka akan menampilkan situs-situs mengenai baju dan itulah yang juga disebut surfing atau juga menjelajah.

EDP Departement

Pengolah Data Elektronik ini akan mengacu pada penggunaan metode otomatis untuk dapat mengolah data komersial. Biasanya juga, ini akan menggunakan relatif sederhana, aktifitas ini akan berulang untuk memproses volume besar informasi serupa. Sebuah EDP Manager mencari setelah Departement EDP. EDP berarti Pengolahan Data Elektronik.

Umumnya pada dasarnya di dalam seluruh perusahaan terdapat departement yang terlihat setelah seluruh pekerjaan komputer. Terdapat Beberapa perusahaan yang menyebutnya ialah sebagai Departement IT serta beberapa perusahaan lain menyebut dengan departement ini sebagai EDP Departement.

Network System

Sebuah jenis sistem operasi yang akan ditujukan dalam menangani pada jaringan. Pada Umumnya, sistem operasi tersebut terdiri atas banyak layanan atau juga service yang ditujukan untuk melayani pengguna. Seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak, DNS Service, HTTP Service, atau juga lain sebagainya. Istilah ini sempat populer di akhir dekade 1976-an hingga awal dekade 1987-an.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Brainware, Fungsi, Komponen, Jenis dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.