Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Pengertian Hardware, Software Dan Brainware Terlengkap – Bagi anda pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan pembahasan kali ini.

Untuk pemula dan para siswa yang masih bingung tentang apa itu  hardware, software dan brainware, kali ini seputarpengetahuan.co.id akan membahas dan menjelaskan secara singkat dan ringkas tentang pengertian hardware, software dan brainware. Berikut penjelasannya.

Pengertian Hardware, Software Dan Brainware

Berikut adalah penjelasan mengenai hardware, sortware dan breainware dengan sangat jelas dan spesifik, simak ulasannya dibawah ini.

Hardware

Hardware

Pengertian Hardware adalah perangkat keras yang merupakan sebuah komponen dalam komputer yang bisa disentuh dan dilihat oleh kasat mata. Hardware terdiri dari perangkat input dan output, perangkat pemrosesan dan perangkat penyimpanan.

  • Perangkat input: atu perangkat masukan merupakan perangkat untuk menginput data oleh user. Contohnya Mouse, keyboard, scanner
  • Perangkat output: merupakan perangkat keras untuk menghasilkan proses output dari user. Contohnya : Printer, monitor dan speaker.
  • Perangkat pemrosesan: merupakan perangkat keras yang digunakan untuk sebuah proses menginput oleh user. Contohnya : CPU / Central Processing Unit.
  • Perangkat Penyimpanan: merupakan sebuah perangkat keras untuk menyimpan data. Contohnya : harddisk, memori, RAM.

Software

Software

Software ialah perangkat lunak yang merupakan komponen data-data dan program-program yang ada pada komputer yang disimpan secara digital dan digunakan atau dijalankan sesuai dengan yang diinginkan. Nah, software merupakan sebuah komponen komputer yang tidak bisa dilihat namun ada di dalam sebuah komputer. Contohnya :

  • Sistem Operasi (OS): yaitu software yang digunakan sebagai penghubung antara hardware dengan user. Contohnya : windows, linux, unix, BSD
  • Software Aplikasi: yaitu software yang diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan user, seperti contoh microsoft office, libre office, custom-made software, desktop publishing, design grafis, software pengolah database, perangkat lunak yang umum seperti text, picture, numbers, video dll.

Brainware

brainware

Brainware adalah pengguna yakni manusia yang merupakan user untuk mengoprasikan sebuah komputer. Contohnya programer, operator dan orang-orang yang memakai atau menggunakan komputer.

Ketiga elemen tersebut saling berkaitan satu sama lain untuk menciptakan sebuah komputer yang berfungsi dan berguna. Tanpa ketiga elemen tersebut tidak akan berjalan dan tidak tercipta sebuah komputer yang berfungsi secara sempurna.

Hardware tanpa software maka komputer hanyalah sebuah elektronik atau mesin yang tak berfungsi dan hanya berbentuk benda saja, karena software sangat mendukung untuk terciptanya komputer yang fungsional.

Ada hardware dan software tanpa adanya brainware sama saja halnya sebuah benda yang tidak berguna karena tidak ada yang menggunakan dan mengoprasikannya.

Demikian pembahasan singkat mengenai Pengertian Hardware, Software Dan Brainware Terlengkap, semoga bermanfaat dan sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi