Pengertian Processor dan Fungsinya Pada Komputer (Lengkap)

Pengertian Processor dan Fungsinya Pada Komputer (Lengkap) – Saya yakin pada semua pengguna setia komputer sudah memahami dan mengetahui apa itu processor. Processor merupakan bagian terpenting dalam sebuah rangkaian komputer karena tanpa adanya processor, sebuah komputer tidak akan berjalan atau beroprasi bahkan tidak memiliki kegunaan sama sekali.

Processor merupakan otak komputer, sehingga sangat penting dan harus teliti dalam memilih komputer, salah satunya dengan mengetahui processor yang digunakan dalam komputer tersebut. Kali ini kita akan sedikit mengulas tentang pengertian dan fungsi-fungsi processor itu sendiri untuk membantu teman-teman yang belum memahaminya.

Pengertian Processor dan Fungsinya Pada Komputer (Lengkap)

Mari kita mulai membahasnya dengan pengertian processor terlebih dahulu.

Pengertian Processor

Secara umum, definisi dari processor yaitu sebuah IC yang mana ini mengontrol dari keseluruhan dari jalannya sebuah sistem komputer yang mana dipakai sebagai pusatnya atau disebut juga dengan otak komputer serta yang menjalankan fungsinya untuk melakukan perhitungan serta menjalankan tugas.

Ada juga beberapa pendapat dari para ahli yang menjelaskan mengenai apaitu processor berdasarkan hasil risetnya.

  • Juharis & Abdul Hamid
    Menurur pendapat mereka berdua bahwa Processor yaitu selaku pusat eksekusi dari setiap perintah, baik sebuah instruksi maupun data dalam sistem komputer.
  • Lia Kuswayatno
    Beliau menjelaskan bahwa Processor yaitu sebuah chip yang menjadi pengolah utama serta digunakan sebagai pusat pengendali dari berbagai perangkat komputer.
  • Rahmat Putra
    Disini Rahmat Putra menjelaskan bahwa Processor yaitu sebuah komponen terpenting yang terdapat pda komputer dalam mengendalikan segala komponen yang berdasa di dalam komputer, untuk mengolah data serta untuk mengeksekusi semua sistem operasi yang sudah diinstalkan pada komputer.

Prosesor ini terletak pda socket yang sudahtelah disediakan pada bagian motherboard. Processor juga ada yang menyebutnya dengan Microprosessor. Processor yaitu sebuah IC yang merupakan suatu komponen dasar yang terdiri atas resistor, transistor dan lain sebagainya, yang man hal ini merupakan sebuah komponen yang dipakai sebagai otak dari berbagai perangkat elektronik.

Fungsi Processor

Pada umumnya processor sendiri hanya memiliki fungsi untuk memproses semua informasi data yang diterima dari input, yang selanjutnya akan menghasilkan output. Prosesor tidak dapat bekerja sendiri, namun prosesor butuh dukungan dari perangkat lain, seperti hardisk dan RAM.

Baca Juga:  Komputer Mainframe: Pengertian dan Ciri-Cirinya (Bahas Lengkap)

Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan cepat atau lambat yang mana hal ini tergantung pada kecepatan prosesor tersebut. Satuan kecepatan yang terdapat pada prosesor yaitu Mhz (Mega Heartz) / Ghz (Giga Heartz), yang mana semakin besar kecepatan pada prosesor, maka akan semakin cepat pula kinerja dari komputer ketika sedang melakukan proses.

Bagian-bagian Processor

Terdapat pula bagian-bagian terpenting yang terdapat pada processor diantaranya yaitu sebagai berikut:

Aritcmatics Logical Unit (ALU)

Melakukan semua bentuk perhitungan aritmatika atau matematika yang sesuai dengan intruksi dari programnya. Bagian ALU ini yang mana pada dasarnya ini melakukan semua bentuk logika.

Control Unit (CU)

Yaitu Pengatur lalu lintas data seperti input dan data output. Semua peralatan pada sistem komputer ini diatur dan dikendalikan oleh CU.

Memory Unit (MU)

Yaitu sebgabai alat penyimpanan kecil akan tetapi mempunyai kecepatan akses yang cukup tinggi.

Cara Kerja Processor

Yang mana prosesor ini menjalankan sekumpulan intruksi mesin dengan memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan,yang  berdasarkan instruksi tersebut , processor sendiri melakukan 3 hal dasar, berikut pernjelasannya:

  • Memakai ALU “Arithmetic Logic Unit” yang mana ALU ini bekerja untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambahan, perkalian bahkan dengan pembagian. Pada mikro processor modern memiliki kandungan floating point unit yang mana bisa melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka cukup besar.
  • Kemudian memindahkan data tersebut dari satu lokasi memori ke lokasi lainnya.
  • Mengambil keputusan dan juga melompat ke instruksi lain yang sesuai dengan keputusan tersebut.

Secara sederhana cara kerja dari processor yaitu menerima umpan maupun perintah masuk “input” baik itu dari mouse, keybord muapun pada alat penginput data lainnya yang terhubung, selanjutnya menerjemahkan maupun memproses data-data perintah ini lalu mengeluarkan maupun meneruskan outputnya pdaa hardware ataupun software terkait.

Pengertian Dan Fungsi Processor Pada Komputer

Jenis-Jenis Processor

  • Intel Processor

Intel processor yaitu termasuk dalam salah satu produk sangat terkenal bagi pengguna teknologi komputer. Apabila dilihat dari segi produk, intel merupakan saingan terberat dari produk AMD . Intel merupakan sebuah perusahaan multinasional yang merupakan  Intel Corporation, yang mana perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dengan pusat pengembangan dna produksinya yang letaknya berada di Amerika Serikat. Tak hanya itu, perusahaan intel juga dikenal sebagai produsen yang memiliki rancangan terhadap mikroprocessor.

  • AMD (Anvanced Micro Processor)

Anvanced Micro Processor seringkali disebut dengan AMD. Tinggat penggunaan dari processor AMD sebenarnya masih berada dibawah Intel akan tetapi produksi dari AMD ini terus melakukan pengembangan produk menjadi lebih baik. AMD sendiri sebuah perusahaan multinasional terbesar kedua yang mana setelah intel corporation yang berbasis dalam pengembangan produk processor pada komputer.

  • ARM Processor
Baca Juga:  √ 8 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Tipe, Fungsi & Manfaatnya

ARM Processor yaitu sebuah perusahaan yang mana didalamnya ini ada arsitektur processor mencapai 32 bit. Pusat pengembangan serta basis produksi ARM Processor ini masih berada dibawah lisensi dari ARM Limited. Processor ini dipakai untuk processor pada ponsel, sehingga tidak heran apabila hardware yang saru ini banyak tertera pada berbagai macam smartphone.

  • Cyrix Processor

Cyrix yaitu sebuah perusahaan yang mana melakukan pengembangan pada bidang mikroprocessor komputer. Awal dari pendirian perusahaan dan produksi produk yang dilakukan yaitu pada tahun 1988. Pusat pengembangan serta produksi processor ini letaknya berada di Texas. Perlu anda ketahui bahwa Cyrix ini yaitu termasuk dlam salah satu pemasok processor dengan performa cukup tinggi.

  • Transmeta Processor

Transmeta yaitu sebuah perusahaan yang mana melakukan pengembangan di bidang semi konduktor mikroprocessor. Pusat pengembangan dan produksi dari trasnmeta ini letaknya di California.

  • Via

Via yaitu sebuah perusahaan yang mana melakukan pengembangan pada chipset. Berbeda dengankebanyakan produsen processor lainnya yang dikembangan dieropa, produk ini adlah termasuk dalam salah satu bagian dari Formisa Plastics Group yang mana pusat pengembangan dan juga produksinya berada di Taiwan.

  • Apple Processor

Apple Processor awalnya adalah perusahaan yang dikenal dengan nama Apple Computer, Inc akan tetapi  belakangan ini perusahaan processsor berada dibawah lisensi apple yang disebut sebagai Apple Inc. Pergantian nama tersebut dilakukan setelah peluncuran produk baru dari iphone.

Perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai macam processor yang berfokus dibidang perancangan, resource, dan juga penjualan produk elektrik perangkat lunak komputer.

Jadi, prosesor pada sebuah komputer merupakan sebuah perangkat yang sangatlah penting, sebab komponen kecil ini sangat menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer yang anda miliki.

Nah, cukup jelaskan mengenai arti dan fungsi processor? Next time kita bahas lagi lebih luas mengenai perangkat-perangkat komputer lainnya. Semoga pembahasan tentang Pengertian Processor dan Fungsinya Pada Komputer (Lengkap), dapat memberikan manfaat. Sekian terimakasih:)