√ Pengertian Power Supply, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Konektornya

Pengertian Power Supply Komputer, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Power Supply Komputer. Yang meliputi pengertian, fungsi, cara kerja dan jenis-jenis power supply yang akan dijelaskan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Power Supply, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Konektornya

Mari kita ulas dengan lengkap tentang hardware yang satu ini.

Pengertian Power Supply Komputer (PSU)

Power Supply adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang  berfungsi mengsuplay daya atau tegangan listrik langsun ke komponen yang ada didalam casing komputer. Power supply menyuplai ke Motherboard, Hardisk, Heatsing, DVD Drive dan perangkat lain didalam casing komputer.

Power supply saat ini sudah banyak yang memproduksinya. Berbagai merk dengan kualitas yang berbeda juga merupakan suatu pilihan kepada konsumen agar lebih memilih power supply yang berkualitas dan tentunya bergaransi. Beberapa power supply sengaja dibuat untuk komputer yang berspesifikasi tinggi, agar penggunanya aman dari tegangan yang rendah, seperti pada komputer sepesifikasi game. Maka power supply nya sudah menggunakan power supply dengan jumlah output Watt yang lebih dari 450Watt, minimal yang dipakai adalah 600W.

Fungsi Power Supply

Fungsi dari power supply adalah mengubah arus AC menjadi DC. Jadi mengalirkan arus dari listrik ke hardware komputer dengan operasi arus DC berupa input arus bolak-balik.

Cara Kerja Power Supply

Cara kerja power suplly adalah ketika kalian menekan tombol power pada komputer, maka power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem memulai atau start. Apabila tes telah berhasil, power supply mengirim sinyal khususpada mainboard/motherboard, yang disebut power good.

Jenis-Jenis Power Supply

Jenis power supply pada komputer sekarang terbagi menjadi dua jenis. Yaitu power supply AT dan power supply ATX. Berikut penjelasan lengkapnya

  1. Power Supply AT

    Power supply AT adalah jenis power supply yang dapat dibilang sudah lama sekali. Dimasa jayanya, power supply jenis ini sering dipakai oleh komputer ber Pentium II dan Pentium III. Walaupun sekarang sudah jarang ditemui, namun power supply AT sesungguhnya mempunyai kelebihan.

    Power Supply jenis ini mempunyai kabel power yang tersambung ke motherboard yang terbagi menjadi dua, yaitu konektor P8 dan P9. Resiko salah psang dengan menggunakan power supply AT ini sangat sedikit, mengingat untuk memasangnya membutuhkan ketelitian yang tinggi. Kesalahan yang biasa terjadi adalah terbalik mengingat terdapat dua konektor penghubung. Untuk pemasangan yang benar kalian harus memperhatikan kabel power warna hitam pada masing-masing konektor. Pasangkan dengan tepat pada tengah-tengah sambungan untuk menghindari konsleting. Untuk mematikan power supply AT, kalian harus menetak tombol power secara langsung karena jenis ini terhubung secara langsung dengan chasing komputer.

  2. Power Supply ATX

    Power supply jenis ini mempunyai tampilan yang simpel dariapada power supply sebelumnya. Untuk jenis power supply ini kabel konektor dan motherboard sudah menjadi satu dengan jumlah total 20 PIN. Oleh sebab itu, power supply ini juga disebut dengan Power Supply ATX 20 PIN.

    Untuk memasangnya sangat mudah dilakukan. Hal yang perlu dilakukan ketika memasangnya adalah pastikan memasangnya dengan benar karena jika salah dapat menyebabkan kerusakan pada port ataupun konektor.

    Kelebihan dengan power supply ATX daripada AT adalah pada tombol powernya. Jika memakai power supply ATX 20 PIN sudah dilengkapi dengan auto shutdown yang fungsinya mematikan power supply ketika komputer dimatikan. Sehingga kita tidak perlu menekan tombol power seperti pada power supply AT. Dari jenis-jenis power supply yang telah disebutkan diatas, maka power suplly ATX saat ini lebih banyak dipakai dan digunakan disetiap komputer.

Pengertian Power Supply Komputer, Fungsi, Cara Kerja, Jenis

Jenis-Jenis Konektor Power Supply

DAlam power supply ada konektor yang fungsinya adalah menghubungkan tegangan dari power supply ke  motherboard dan perangkat lain. Berikut adalah jenis-jenis konektor dalam power supply

  • Konektor 20/24 PIN ATX Motherboard
  • Konektor 4 pin peripheral power (untuk perangkat seperti DVD Room, hardisk, kipas)
  • Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server)
  • Konektor 6 pin PCIe (untuk kartu VGA/kartu grafis PCIe)
  • Konektor Floppy (untuk floppy disk drive)
  • Konektor SATA (untuk hardisk/optical drive yang berjenis SATA)

Demikian telah dijelaskan tentang Pengertian Power Supply, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Konektornya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi