16 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap

16 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap – Di zaman modern sekarang ini komputer sangat berperan penting bagi seluruh kalangan. Perkantoran adalah salah satu tempat wajib yang memiliki komputer. Di sekolah juga sudah hampir semuanya mempunyai komputer sebab komputer sendiri menjadi salah satu mata pelajaran untuk saat ini. Tak hanya itu bahkan di rumah juga sudah banyak yang mempuntai komputer. Sebab memang hampir dari semua kinerja kita ini memakai komputer. Baik digunakan untuk mengetik, mendesain, memprogram dan lain sebagainya. Meskipun banyak yang sudah mengenal apa itu komputer serta menggunakannya, akan tetapai masih banyak juga yang belum mengetahui definisi atau pengertian dari alat canggih ini. Mari simak pembahasannya berikut ini.

Arti luas dari Komputer yaitu seperangkat alat elektronik yang mana terhubung satu dengan lainnya dan saling bekerjasama serta terkoordinasi dibawah kontrol suati program dengan kemampuan yang bisa menerima data selanjutnya diolah sehingga bisa menghasilkan sebuah informasi.

Dalam sistem komputer ada tiga elemen utama yang mana mempunyai peranan penting untuk sebuah proses pengolahan data pada komputer supaya bisa menghasilkan sebuah informasi yang baik dan juga valid sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Ketiga elemen utama ini diantaranya yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware).

16 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap

Namun ada juga beberapa ahli yang mendefinisikan mengenai apa itu komputer dengan lebih spesifik. Berikut ulasannya:

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Berikut ini meruapakan ulasan tentang apa itu komputer yang dijelaskan oleh para ahli:

1. Robert H. Blissmer

Disini robert berpendapat bahwa Komputer yaitu sebuah alat elektronik yang mana bisa melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memprosesnya, menyimpan perintah serta untuk menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. V.C. Hamacher et al

Ia menjelsakan pendapatnya bahwa Komputer yaitu sebuah mesin penghitung elektronik yang dapat dilakukan dengan cepat dan bisa menerima informasi input digital selanjutnya memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan pada memorinya serta untuk menghasilkan output  yang mana berupa informasi.

Baca Juga:  √ Pengertian Transistor Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

3. Elias M. Awad

Ia menjelaskan bahwa Komputer yaitu sebuah alat hitung yang mana untuk memproses data yang disajikan dalam bentuk data digital serta data analog.

4. Donald H. Sanderes

ia mengemukakan bahwa Komputer yaitu sebuah sistem elektronik dalam memanipulasi data dengan tepat dan juga cepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya bisa secara otomatis menerima serta untuk menyimpan data input, memprosesnya, dan juga untuk menghasilkan output di bawah pengawasan pada suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang mana tersimpan di didalam sebuah penyimpannya (stored program).

5. Larry Long & Nancy Long

Mereka berpendapat Komputer yaitu sebuah alat hitung elektronik yang mana hal ini mampu untuk menginterpresentasikan serta untuk melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.

6. Williams, Sawyer

Pengertian Komputer menurut pendapat beliau yaitu mesin multiguna yang mana bisa diprogram, dan menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) serta untuk memproses maupun memanipulasinya ke dalam informasi yang bisa kita pakai.

7. William M. Fuori

Wiliam juga disini menjelaskan bahwa Komputer ialah suatu alat untuk pemroses data yang mana bisa melakukan perhitungan besar secara cepat, serta termasuk perhitungan aritmatika dan juga operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

8. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dikutip dari KBBI, yang menjelaskan bahwa komputer merupakan sebuag alat elektronik otomatis yang mana bisa menghitung maupun mengolah data secara cermat menurut dengan yang diinstruksikan, serta memberikan hasil pengolahan, dan juga bisa untuk menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), yang mana umumnya terdiri daru unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, dan juga unit pengontrolan.

9. American Standart Institute

American Standart Institue menjelaskan bahwa, komputer yaitu suatu pemroses data (data processor) yang bisa untuk melakukan perhitungan yang lebih besar dan juga cepat, termasuk dalam perhitungan aritmatika yang besar maupun operasi logika tanpa ada campur tangan dari manusia dalam mengoperasikannya selama pemrosesan.

10. Oxford English Dictionary (OED2)

Menurut pendapat dari Oxford English Dictionary, komputer yaitu suatu perangkat yang mana dipakai untuk menghitung maupun untuk mengendalikan operasi-operasi yang mana dinyatakan dalam bentuk numerik atau logika.

11. Dinus

Menurut pendapat dari Dinus, bahwa Komputer adalahaialah serangkaian maupun dari sekelompok mesin elektronik yang terdiri atas ribuan bahkan dari jutaan komponen yang bisa saling bekerja sama, dan juga membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini selanjutnya bisa dipakai untuk melaksanakan sebuah rangkaian pekerjaan secara otomatis, yang berdasarkan urutan instruksi maupun program yang diberikan kepadanya.

Baca Juga:  √ Pengertian File, Menurut Para Ahli, Jenis Beserta Fungsinya

12. Jhon J. Longkutoy

Disini Jhon J. Longkutoy menjelsakan bahwa komputer yaitu suatu alat maupun mesin pemecah persoalan, serta sebuah mesin dan juga alat pengolah data yang mana bisa menghasilkan suatu informasi dengan yang diinginkan bagi penggunanya.

13. C. Hamacher, Z. G. Vranesic, dan Z. G. Zaky

Mereka bertiga menjelasakan bahwa komputer yaitu sebuah mesin untuk penghitung elektronik yang bisa unutk menerima informasi input digital, yang diproses sesuai dengan program yang telah tersimpan pada memori, serta selanjutnya menghasilkan output pada bentuk informasi.

14. Wiiliam Sawyer

Disini William Sawyer menyatakan pendapatnya, komputer yaitu sebuah mesin multiguna yang bisa dilakukan untuk pemrograman serta diprogram, yang mana mesin-mesin ini bisa menerima data yang berupa fakta dan gambar kasar, dan selanjutnya memproses serta memanipulasinya dengan menjadi sebuah informasi yang dapat dipakai oleh penggunanya.

15. Wimatra dkk (2008)

Menurut pendapat dari Wimatra dkk, bahwa komputer yakni sebuah sistem perangkat elektronik yang mana bertujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang mana selanjutnya bisa menghasilkan suatu informasi yang berguna.

7 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap

16. Arif Susanto (2009)

Menurut pendapat dari Arif Susanto yang menyatakan bahwa, komputer yaitu sekelompok alat elektronik yang terdiri dari alat input, alat yang mengolah input (proccess), serta untuk alat output dengan memberikan informasi dan juga bekerja secara otomatis.

Berdasarkan beberapa penjelasan yang telah dijabarkan diatas mengenai komputer oleh para ahli, maka disini kita bisa menyimpikan bahwa komputer adalah :

  • Komputer yang manan pada dasarnya ialah sebuah mesin elektronik yang dirancang yang mempunyai fungsi utama untuk melakukan proses dalam perhitungan.
  • Komputer juga disni memberikan sajian atau output ynag berupa informasi baik berbentuk analog atau dalam bentuk digital.
  • Komputer disini memelukan tiga elemen utama agar bisa berkerja dengan baik dalam memproses, mengola, memanipulasi, sampai mengubah data menjadi sutau informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna. Ketiga elemen utama ini merupakan  perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta pengguna (brainware).

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 16 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap, semoga dapat menambah pengetahuan kita dan membuat kita lebih memahami apa itu komputer. Maaf bila ada kekurangan, terimakasih 🙂