√ Pengertian NIC, Repeater, HUB Dan Acces Point Beserta Fungsinya

Pengertian NIC, Repeater, HUB, Dan Acces Point Beserta Fungsinya – Untuk dapat berseluncur dengan bebas di jaringan internet kita harus memastikan jaringan yang menghubungkan komputer atau alat elektronik yang dapat terhubung dengan internet berfungsi dengan baik.

Dengan fungsi yang baik dapat membuat kita bermain internet dengan lancar dan dapat dengan mudah terhubung ke komputer lain di seluruh dunia dengan jaringan internet. Setelah di pahami bagaimana cara kerjanya maka akan dapat di mengerti bagaimana cara mengkoneksikan jaringan internet di komputer.

Pengertian NIC, Repeater, HUB, Dan Acces Point Beserta Fungsinya

Untuk dapat mengenal lebih jauh tentang perangkat komputer yang dapat menghubungkannya dengan jaringan internet akan di jelaskan pengertian NIC, Repeater, HUB, dan juga Access Point dengan fungsinya sebagai berikut:

Pengertian NIC

NIC atau Network Interface Card adalah sautu kartu yang memiliki fungsi sebagai suatu jembatan antar komputer untuk masuk ke dalam jaringan komputer. System kerja NIC adalah dengan mengubah aliran paket data parallel di dalam bus komputer yang di berntuk menjadi data serial sehingga akan dapat di transmisikan ke atas media jaringan.

Fungsi NIC

NIC atau Network Interface Card memiliki fungsinya yaitu:

  1. Menjadi media yang dapat mengirimkan suatu data ke komputer lain dengan menggunakan jaringan.
  2. Dapat menerima data yang kan di kirimkan dari komputer lain dengan melewati kabel dan dapat menterjemahkannya ke dalam suatu bit yang dapat di mengerti oleh komputer.

Pengertian Repeater

Repeater merupakan suatu alat jaringan komputer yang bertugas untuk dapat memperluas jangkauan sinya WIFI yang belum tercover dengan sinyal yang asalnya dari server untuk dapat menangkap sinyal WIFI. Suatu perangkat Repeater haruslah memiliki dua alat yaitu untuk dapat menerima sinyal server atau client dan juga untuk dapat menyebarkan sinyal WIFI atau accespoint lagi, atau juga untuk dapat di gunakan sebagai penguat sinyal.

Fungsi Repeater

Repeater memiliki fungsinya tersendiri yaitu:

  1. Untuk dapat memperjauh jangkauan dari sinyal server atau pemancar.
  2. Untuk dapat mengcover daerah-daerah yang memiliki sinyal lemah dari server atau pemancar.
  3. Untuk dapat mempermudah akses sinyal WIFI yang asalnya dari server.

Pengertian HUB

HUB merupakan suatu perangkat jaringan dengan berkerja di OSI Layer 1, Physical Layer. Hub tidak hanya berkerja sebagai penyambung atau berupa concentrator saja tapi dapat menguatkan sinyal yang ada di kabel UTP atau Unshielded Twisted-Pair. Hub tidak dapat mengenal MAC Addressing atau berupa Physical Addressing sehingga tidak dapat memilah data yang haruslah di transmisikan dan membuat collision tidak dapat di hindari si pengguna Hub tersebut.

Fungsi Hub

Hub memiliki fungisnya yang diantaranya:

  1. Dapat menambah jarak network, dapat pula menjadi repeater.
  2. Dapat menawarkan feature-featur yang bersifat fault tolerance atau isolasi kerusakan.
  3. Dapat memfasilitasi penambahan penghilang atau dapat pula menambahkan workstation.
  4. Dapat menyediakan atau memberi fasilitas dengan mensupport interface yang berbeda.
  5. Dapat memberikan management yang dapat terkonsentrasi atau koleksi informasi, diagnostic.

Pengertian NIC, Repeater, HUB, Dan Acces Point Beserta Fungsinya Lengkap

Pengertian Access Point

Acces Point merupakan perangkat yang dapat di gunakan untuk membuat koneksi wireless di jaringan komputer.

Fungsi Access Point

Access point berfungsi sebagai suatu perangkat jaringan untuk dapat membuat jaringan komputer tanpa kabel.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian NIC, Repeater, HUB, Dan Acces Point Beserta Fungsinya yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan menggunakan alat bantu tambahan, dapat membuat komputer kita terhubunga ke dalam jaringan internet. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi