Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya Lengkap – Pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas tentang pengertian komputerpengertian intranet dan internet. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian jaringan komputer dan manfaatnya. Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya Lengkap

Mari kita bahas pengertian jaringan komputer terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian dari Jaringan komputer sendir merupakan sebuah jaringan yang mana dipakai untuk menghubungkan antara beberapa perangkat komputer pada ruang lingkup suatu teknologi. Maksudnya ialah pada suatu jaringan komputer terdapat sekumpulan alat komputer yang mana termasuk didalamnya merupakan perangkat keras (hardware) tambahan. Dari berbagai macam komponen tersebut, jaringan komputer memiliki tugas untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer dibangun dengan tujuan utamanya yaitu untuk saling bertukar data dan informasi.

Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. tak hanya itu jenis jaringan komputer juga bisa ditinjau dari berbagai macam aspek. Simak penjelasannya berikut ini.

Jaringan komputer berdasarkan luas jangkauannya

  • PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan  PAN sendiri mencakup atas berbagai wilayah yang lebih kecil, yang mana seperti pada kantor, dan rumah. Pada umumnya, jaringan ini banyak dipakai hanya digunakan untuk keperluan internet, dan juga printer. Sehingga tidak membutuhkan resources yang besar untuk memakai jaringan PAN.

  • LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN sendiri memiliki untuk menghubungkan perangkat jaringan pada kondisi jangkauan yang lebih relatif kecil. Misalnya seperti pada penerapan jaringan LAN yang merupakan sistem jaringan pada sekolah, kantor, atau rumah.

Banyak orang yang cenderung memakai pada konektivitas tertentu, terlebih lagi pada token ring serta ethernet. Tak hanya itu, LAN juga disini menyediakan teknologi jaringan wireless yang memakai WIfi serta sering dikenal sebagai WLAN (Wireless Local Area Network).

  • CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN yang mana bisa dikatakan mempunyai kesamaan dengan MAN, akan tetapi lebih terbatas pada ruang lingkup kampus maupun akademisi. Jaringan yang satu ini, lebih banyak dipakai untuk keperluan praktek lab, email, pembaruan kelas, dan lain-lain.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN sendiri merupakan jaringan yang mana menghubungkan antara satu perangkat komputer pada perangkat yang lain dengan ruang lingkup kota dalam jaringan yang sama. Jenis jaringan yang satu ini lebih besar dibandingkan dengan jaringan LAN.

  • WAN (Wide Area Network)

WAN yang mana merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN sendiri lebih cenderung untuk memakai teknologi seperti ATM, X.25, dan juga Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

  • Internet

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang mana jaringan ini pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup untuk internet sendiri mencakup hampir ada diseluruh penjuru dunia. Siapapun disini mengakses dari berbagai sumber informasi dengan berbagai perangkat komputer, yang mana seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain perangkat seluler lainnya.

  • VPN (Virtual Private Network)

VPN yaitu salah satu solusi yang mana digunakan untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN sendiri bisa membuat jalur aman dalam kebutuhan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang mana menjual VPN tersebut secara gratis, atau ada juga yang menyediakan akses premium.

Jaringan komputer berdasarkan fungsinya

Terdapat dua jenis jaringan komputer yang mana berdasarkan atas fungsinya diantaranya yaitu, sebagai berikut:

  • Client-Server, yaitu jaringan komputer yang didalamnya harus terdapat perangkat komputer khusus. Komputer client dan komputer server merupakan dua perangkat komputer yang harus ada dalam jaringan client-server yang memiliki fungsi berbeda. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer klien hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.
  • Peer-to-Peer, yaitu jaringan komputer dimana semua perangkat komputer memiliki basis yang sama. Intinya semua komputer bisa menjadi server atau client secara bersamaan. Jadi, komputer server bisa menjadi komputer klien, dan sebaliknya komputer klien juga bisa menjadi komputer server.

Jaringan komputer berdasarkan topologi

Berikut ini adalah beberapa jaringan komputer yang mana berdasarkan atas topologinya diantaranya yaitu:

  • Topologi Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Ring
  • Topologi Mesh
  • Topologi Peer to Peer
  • Topologi Linier
  • Topologi Tree
  • Topologi Hybrid

Jaringan komputer berdasarkan media transmisi

Ada dua jenis jaringan komputer yang mana berdasarkan atas media transmisinya diantaranya yaitu:

  • Jaringan komputer berkabel (Wired Network), merupakan jaringan komputer yang mana memakai media transmisinya yang berupa kabel ketika melakukan pertukaran data antar komputer.
  • Jaringan komputer nirkabel (Wireless Network), merupakan jaringan komputer yang mana dalam penggunaannya tidak memakai kabel ketika sedabf melakukan pertukaran data atau informasi.

Manfaat Jaringan Komputer

Ada beberapa manfaat dari jaringan komputer, antara lain:

  • Jaringan komputer dapat membantu seseorang terhubung dengan orang lain dengan mudah. Pada saat yang sama, pengguna juga dapat mengirim atau menerima file dalam berbagai format, seperti teks, gambar, audio, video, dll, menggunakan jaringan komputer.
  • Jaringan komputer sendiri membuat kita bisa untuk melakukan proses pengiriman data dengan lebih cepat, simpel dan lebih efisien.
  • Dengan adanya jaringan komputer kita juga dapat mengakses berita maupun informasi yang kita butuhkan dengan sangat mudah dengan melalui internet, yang mana internet sendiri adalah salah satu jaringan komputer.
  • Kita juga dapat memakai satu alat untuk banyak orang pada sebuah instansi atau perkantoran, contoh pada sebuah kantor yang mana banyak pengguna komputer dapat memakai satu printer dengan bantuan jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya

Dampak Negatif

Tak hanya manfaat yang dihasilkan dengan adanya jaringan komputer itu sendiri, namun ada juga dampak negatif dari beberapa hal yang mana telah dijabarkan dibawah ini.

1. Biaya Network

Agar bisa memakai jaringan dengan baik, maka disini Anda juga perlu untuk mempersiapkan dalam setiap kebutuhannya, yang mana mulai dari software, hardware, dan juga investasi dalam perencanaan network design -nya.

2. Biaya Manajemen dan Maintenance

Dalam pengelolaan manajemen serta perawatan jaringan yang mana perlu anda perhatikan secara berkala oleh tim IT profesional. Sehingga hal ini dapat menurunkan kemungkinan untuk terjadinya hal yang tidak anda inginkan seperti halnya kerusakan terhdap perangkat lunak atau perangkat keras.

3. Aktivitas Sharing yang Tidak Diinginkan

Dampak negatif selanjutnya yaitu, dengan terdapat lalu lintas jaringan yang terkontrol secara tidak baik, maka hal ini dapat memperbesar risiko pada dokumen (file) yang di –sharing terinfeksi virus maupun spam pada komputer.

4. Ancaman Keamanan Jaringan (Network Security)

Dengan adanya kemudahan dalam proses komunikasi yang mana bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja secara real – time, pastinya juga meningkatkan risiko dengan munculnya masalah yang lain. Misalnya, penyebaran konten ilegal, pencurian data, bahkan sampai masalah keamanan informasi yang lainnya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya Lengkap, semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Terimakasih 🙂