Komputer Forensik : Pengertian Dan Tujuan (Lengkap)

Komputer Forensik : Pengertian Dan Tujuan (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu Komputer Forensik dan Tujuannya serta tahapan-tahapan pada Komputer Forensik itu sendiri.

Secara bahasa Kata forensik berasal dari bahasa Yunani yakni Forensis yang artinya debat atau perdebatan. Sedangkan menurut istilah forensik ialah salah satu bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membantu menegakkan proses keadilan melalui proses penerapan ilmu atau sains.

Komputer Forensik : Pengertian Dan Tujuan (Lengkap)

Mari kita bahas lengkap tentang pengertiannya terlebih dahulu

Pengertian Komputer Forensik

Komputer Forensik merupakan salah satu cabang ilmu forensik yang berhubungan dengan bukti hukum yang ditemukan dalam komputer maupun media penyimpanan secara digital. Perangkat jenis ini dikenal sebagai Digital Forensik. Banyak bidang ilmu yang dimanfaatkan dan dilibatkan pada suatu kasus kejahatan atau kriminal untuk suatu kepentingan hukum dan keadilan. Dimana ilmu pengetahuan tersebut dikenal dengan ilmu forensik.

Pengertian Komputer Forensik Menurut Para Ahli

Adapun pengertiannya yang  akan dijelaskan oleh para ahli yaitu sebagai berikut:

Judd Robin

Komputer forensik merupakan penerapan sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya dalam menentukan berbagai bukti hukum yang memungkinkan.

Noblett

Menurutnya komputer forensik sangat berperan dalam mengambil, menjaga, mengambil dan menyajikan data yang sudah diproses secara elektronik dan disimpan didalam media komputer.

Ruby Alamsyah

Mengatakan bahwa perangkat jenis nin atau disebut juga dengan digital forensik ialah suatu ilmu yang menganalisis barang bukti secara digital. Sehingga hal ini dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Yang termasuk barang bukti digital tersebut antara lain: laptop, handphone, notebook, dan alat teknologi lain yang memiliki tempat penyimpanan dan dapat dianalisa.

Kajian dalam bidang perangkat  ini masih bisa dibilang baru dan masih dikembangkan, karena maraknya tindak kejahatan dalam komputer yang membutuhkan suatu proses pembuktian agar segala kasus kejahatan komputer dapat dibuktikan secara sah di pengadilan.

Pada saat ini, perangkat jenis ini dibagi kedalam beberapa bidang. Untuk beberpa bidangnya yaitu antara lain internet forensik yang membahas forensik dalam lingkup internet dan aplikasinya, network forensik, disk forensik, firewall forensik, database forensik, MDF dan sistem forensik. Yang mana unutk keseluruhannya berada dalam konteks komputer forensik.

Tujuan Komputer Forensik

Adapun tujuannya ialah untuk mengamankan dan menganalisis bukti digital. Dan juga akan memperoleh berbagai fakta yang objektif dari sebuah kejadian atau pelanggaran keamanan dari sistem informasi. Berbagai fakta tersebut akan menjadi bukti yang akan digunakan dalam proses hukum. Contohnya, melalui Internet Forensik, kita dapat megetahui siapa saja orang yang mengirim email kepada kita, kapan dan dimana keberadaan pengirim. Dalam contoh lain kita bisa melihat siapa pengunjung website secara lengkap dengan informasi IP Address. Komputer yang dipakainya dan keberadaannya serta kegiatan apa yang dilakukan pada website kita tersebut.

Tahapan pada Komputer Forensik

Terdapat empat fase dalam komputer forensik, antara lain yaitu:

Pengumpulan Data, Pengumpulan data yang tujuannya meng­i­den­tifikasi berbagai sumber daya yang dianggap urgent dan bagaimana seluruh data dapat terhimpun dengan­ baik.

Pengujian, Pengujian mencakup suatu proses penilaian dan memilah berbagai informasi yang sesuai dari semua data yang telah dikumpulkan, juga bypassing proses atau meminimalisasi berbagai fitur­ dalam sistem operasi dan aplikasi yang bisa menghilangkan data, seperti enkripsi, kompresi, akses mekanisme kontrol, meng­alokasi file, pemeriksanan pemetaanmeta data, mengekstrak file,dan lain – lain.

Analisis, Yang dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan metode. Tugas dari analisis ini mencakup­ banyak kegia­tan sekali bidangnya. Unutk tugasnya yaitu seperti mengidentifikasi user (pengguna) yang terlibat secara tak langsung, lokasi, kejadiaan, perangkat. Tak hanya itu analisi juga mempertimbangkan bagaimana caranya agar semua komponen itu saling terhubung sampai mendapatkan kesimpulan akhir.

Komputer Forensik: Pengertian Dan Tujuan Lengkap

Dokumentasi dan Laporan, Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil­ dokumentasi dan laporan, antara lain sebagai berikut:

  • Penjelasan Alternatif (Alternative Explanations) – Seorang analis pada dasarnya harus mampu menggunakan pendekatan yang berupa metode untuk menyetujui ataupun menolak setiap penjelasan dari sebuah kasus atau perkara yang diajukan.
  • Pertimbangan Penilik (Audience Consideration) – Yaitu menyediakan data ataupun informasi kepada audience yang sangat berguna dan diperlukan. Dalam sebuah kasus yang melibatkan sejumlah aturan sangat dibutuhkan laporan yang spesifik berkaitan dengan informasi data yang dikumpulkan. Selain itu juga sangat dibutuhkan­ kopian dari setiap fakta yang diperoleh. Karena ini dapat menjadikan pertimbangan yang sangat ber­alasan.
  • Actionable Information – Merupakan sebuah proses dokumentasi dan laporan yang mencakup tentang identifikasi actionable information yang diperoleh dari sekumpulan­ jumlah data terdahulu. Dengan­ bantuan sejumlah data tersebut, maka kita dapat memperoleh dan meng­ambil informasi terbaru.

Itulah ulasan singkat tentang Komputer Forensik: Pengertian Dan Tujuan (Lengkap) yang bisa kita pahami, semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Daftar Isi