Komputer Mainframe: Pengertian dan Ciri-Cirinya (Bahas Lengkap)

Komputer Mainframe: Pengertian dan Ciri-Cirinya (Bahas Lengkap) – Berikut akan dijelaskan secara lugas mengenai apa itu Komputer Mainframe dan apa saja yang menjadi ciri-ciri dari Komputer Mainframe itu sendiri. Serta dijelaskan apa yang menjadi perbedaan antara Komputer Mainframe dengan Super Komputer.

Komputer Mainframe: Pengertian dan Ciri-Cirinya (Bahas Lengkap)

Mari kita mulai dengan memahami pengertian mainframe terlebih dahulu.

Pengertian Mainframe

Dalam bahasa inggris Mainframe yaitu suatu istilah dari Teknologi Informasi yang mengacu terhadap kelas yang tertinggi dari suatu komputer yang terdiri atas beberapa komputer yang mana mampu untuk melakukan banyak tugas komputasi rumit dengan jangka waktu yang sangat singkat. Mainframe pada umumnya banyak digunakan pengguna yang terkoneksi langsung dengan menggunakan terminal.

Pengertian Superkomputer

Maksud dari superkomputer yakni suatu perangkat komputer yang meruppakan pemimpin di dunia dalam kapasitas proses, terlebih lagi dengan kecepatan dalam penghitungan dari awal perkenalannya. Superkomputer sendiri dikenalkan atau diluncurkan sekitar pada tahun 1960an, yang sudah selesai didesain oleh Seymour Cray di CDC (Control Data Corporation).

Pada saaat itu Crey menjadi seorang pemimpin di superkomputer sekitar kurang lebih 25 tahun (1965-1990). Pada saat itu pula muncul para pesaing kecil dan mulai memasuki pasar sekitar tahun 1980an. Dan kini, pasar superkomputer dipegang oleh HP dan IBM. Yang mana salah satu dari pengguna utama superkomputer merupakan militer dan agensi sains.

Ciri-ciri Komputer Mainframe

Adapun ciri-ciri dari komputer mainframe diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki processor yang lebih dari satu, sehingga dalam kecepatan prosesnya jauh lebih cepat dari pada dengan mini komputer
  • Kecepatan kerja dari mainframe sendiri mencapai hingga 1 milyar operasi perdetik
  • Serta mampu untuk mengakses dalam satu komputer ketika sedang bersamaan, yang mana dikenal dengan sebutan timesharing.
  • Interface yang dipakai pada komputer mainframe bisa dibilang masih bersifat teks.
  • Membutuhkan daya yang besar agar dapat menggunakannya.
  • Contoh dari mainframe komputer yaitu seperti: IBM System/360, IBMSystem (ESA)/390, Honeywell-Bull DPS 7.

Fungsi Komputer Mainframe

Diatas telah kami jelaskan mengenai pengertian dari komputer mainframe nah apakah sudah Anda tahu apa fungsi daru komputer mainframe? Perlu anda ketahui bahwa dalam penggunaan komputer mainframe sendiri digunakan untuk perusahaan yang memiliki skala yang cukup besar. Untuk perusahaan yang besar sendiri tentunya perlu didukung dengan adanya operasional yang baik. Dalam penggunaan berbagai aplikasi database jumlah jumlah yang besar pun harus memerlukan adanya komputer mainframe.

Baca Juga:  √ Pengertian Dial-Up Beserta Contoh Dial-Up Lengkap

Di bawah ini merupakan fungsi dari komputer mainframe yang perlu Anda ketahui diantaranya yaitu:

  • Komputer mainframe yaitu suatu komputer yang digunakan dengan menggunakan skala besar, baik itu dalam pengolahan atau pun dalam penyimpanan data.
  • Komputer mainframe juga bisa digunakan oleh pengguna dalam jumlah yang cukup besar.
  • Fungsi lain dari komputer mainframe yaitu dapat membuka banyak aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan sebagai mana fungsi dari ini juga dinamakan dengan fungsi multitasking.
  • Komputer mainframe sudah memakau sebuah teknologi yang bernama time sharing yang mana nantinya Anda dapat berbagi informasi serta memperoleh informasi yang sangat penting.
  • Digunakan sebagai pengawas lalu lintas data pada saat banyak program yang berusaha untuk mendapatkan data dalam kurun waktu yang bersamaan.

Setelah Anda mengetahui tentang apa saja manfaat dari komputer mainframe, tak hanya Anda juga perlu tahu bahwa komputer jenis ini juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • omputer mainframe sendiri mempunyai ukuran yang sangat besar. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa anda mempunyai ruangan yang cukup untuk menyimpannya.
  • Tampilan dari pengguna yang masih memakai teks. Jadi, Anda juga memang perlu belajar mengenai bahasa pemrograman sebelum Anda benar-benar untuk terjun serta mempelajari lebih lanjut mengenai komputer mainframe.
  • Memerlukan biaya yang benyak komputer mainframe mempunyai harga yang sangat mahal. Komputer jenis ini memang dibandrol dengan harga yang sangat mahal sebab kompputer ini memang memiliki kemampuannya bukan hanya untuk skala kecil sampai menengah, melainkan digunakan dengan skala yang sangat besar.
  • Daya listrik yang besar juga termasuk dalam kekurangan dari komputer mainframe. Oleh sebab itu, pastikan Anda mempunyai daya listrik yang cukup pada saat hendak meletakkan komputer ini di perusahaan Anda.

Perbandingan Mainframe dan Superkomputer

Mainframe yaitu komputer besar yang mana berguna untuk memproses sebuah data serta aplikasi dengan dalam jumlah yang besar. Biasanya mainframe sendiri digunakan oleh perusahaan maupun organisasi yang menangani suatu data seperti transaksi finansial, sensus, serta riset penelitian dan bahkan keperluan militer. Mainframe sendiri mampu untuk menangani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya

Komputer jenis ini sangat yang sangat dan ppada umumnya hanya perusahaan besar saja yang mampu untuk menggunakannya. Sedangkan untuk Superkomputer hanya bisa digunakan dalam penghitungan intensif seperti riset iklim yang merupakan pemanasan global serta pemodelan molekul, analisikrip dan juga simulasi fisik.

Beberapa Tugas Superkomputer

Dengan adanya kemampuan yang sangat canggih ini. Superkomputer diperuntukkan untuk lembaga yang fokus dalam melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai alam semesta.

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang terdapat pada superkomputer diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Para Ilmuwan di National Laboratory Los Alamos memakai superkomputer IBM Roadrunner yaitu digunakan sebagai penelitian mengenai alam semesta ini.
  • Superkomputer juga mampu dipakai guna menganalisis gempa bumi yang sedang terjadi di seluruh dunia. Tak hanya itu, komputer jenis ini juga mampu untuk mengeksplorasi sumber daya alam misalnya pada batubara, minyak bumi, gas alam dan sumber daya alam lainnya.
  • Superkomputer sendiri mampu untuk melihat mengenai fenomena cuaca misalnya seperti meramal cuaca, serta mempelajari tingkat dan sifat dari sebuah badai, angin, hujan dan fenomena lainya.
  • Yang paling mengerikan dari komputer jenis ini yaitu superkomputer mampu untuk menembakkan nuklir dengan satu sentuhan tangan saja, apabila hal ini terjadi, sudah dapat dipastikan akan terjadi perang dunia.

Contoh Superkomputer Yang Paling Populer Di Dunia

Berikut ini adalah beberapa contoh dari superkomputer yang ada didunia diantranya yaitu:

  • IBM Sequoia yang berada pada negara Amerika Serikat.
  • Fujitsu K Computer yang ada di negara Jepang.
  • IBM Mira yang ada di negara Amerika Serikat.
  • IBM Supermuc yang ada di negara Jerman.
  • NUDT Tianhe 1A yang ada di negara China.

Komputer Mainframe: Pengertian Dan Ciri-Ciri

Contoh Komputer Mainframe

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari komputer mainframe diantaranya yaitu:

  • IBM System 360
  • IBM System 390
  • Cray -1 yang berasal dari Cray Research
  • Honeywell – Bull DPS 7, dan lain lain

Itulah penjelasan kita kali ini mengenai Komputer Mainframe: Pengertian dan Ciri-Cirinya (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.