√ Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teknologi informasi yang dikemukakan oleh para ahli dan juga tujuan, fungsi, manfaat, komponen dan juga contoh teknologi informasi yang dijelaskan lengkap. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya

Mari kita bahas tuntas teknologi informasi pada pembahasan dibawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Teknologi informasi yaitu suatu teknologi yang mempunyai fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan berbagai cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau berkualitas.

Dari pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian teknologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

  1. Haag dan Keen (1996)

    Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

  2. Martin (1999)

    Pengertian teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

  3. Williams dan Sawyer (2003)

    Pengertian teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

  4. Oxford English Dictionary (OED)

    Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.

  5. ITTA (Information Technology Association of America)

    Pengertian teknologi informasi menurut ITTA adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

  6. Lucas (2000)

    Pengertian teknologi informasi menurut Lucas adalah segala bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.

  7. Mc. Keown (2001)

    Pengertian teknologi informasi menurut Mc. Keown adalah mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan, mengubah, dan juga menggunakan informasi tersebut dalam semua bentuknya.

  8. Kenneth C. Loudon (2004)

    Pengertian teknologi informasi menurut Kenneth C. Loudon adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk bisa mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam masalah ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah di proses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.

  9. Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins (2005)

    Pengertian teknologi informasi menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins adalah kombinasi dari teknologi komputer yang tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan juga menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melakukan distribusi informasi.

  10. Wikipedia

    Pengertian teknologi informasi menurut Wikipedia adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

  11. Kamus Oxford (1995)

    Pengertian teknologi informasi menurut Kamus Oxford adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan dari teknologi informasi adalah menyelesaikan masalah, menumbuhkan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi didalam melaksanakan suatu pekerjaan. Maka dengan adanya teknologi informasi membuah manusia lebih mudah dan efisien dalam bekerja.

Fungsi Teknologi Informasi

Adapun fungsi dari teknologi informasi adalah sebagai berikut:

  • Menangkap (Capture)
    Yaitu melakukan atau melaksanakan capture terhadap data dan informasi
  • Menyimpan (Storage)
    Menyimpan data atau informasi dalam bentuk media untuk kepentingan lain. Seperti disket, hardisk, compact disk dan lainnya.
  • Mengolah (Processing)
    Fungsi mengolah pada teknologi informasi adalah memproses data yang diterima untuk menjadikan suatu informasi. Pengolahan data atau pemrosesan bisa berbentuk mengubah data ke bentuk lainnya. Menganalisis kondisi, menghitung, menggabungkan dan semua dalam bentuk data dan informasi
  • Transmisi (Transmission)
    Transmisi yaitu mengirim data dan juga informasi dari satu lokasi menuju lokasi lain dengan jaringan komputer.
  • Mencari Kembali (Retrifal)
    Adalah melaksanakan penelusuran untuk memperoleh kembali atau menyalin data dan informasi yang sudah disimpan.
  • Menghasilkan (Generating)
    Adalah mengorganisasi data dan informasi ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari sangat penting. Manfaat ini bisa digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik dikarenakan ada teknologi informasi yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut manfaat teknologi informasi di kehidupan sehari-hari antara lain:

  • Untuk Pendidikan
    Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan terutama komputer, membuat siswa lebih efektif dalam belajar. Komputer adalah sarana yang memudahkan dalam menumbuhkan kreatifitas siswa.
  • Untuk Industri dan Manufaktur
    Teknologi informasi dapat membantu membuat rancangan design sebuah produk yang akan di keluarkan pada industri serta bisa mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang baik.
  • Untuk Bisnis dan Perbankan
    Dengan teknologi informasi bisa membantu dalam transaksi, menyimpan berkas dengan lebih aman dan sistem perbankan yang lebih maju.
  • Untuk Militer
    Dengan teknologi informasi yang maju, bisa dimanfaatkan untuk navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar angkasa dengan kemudi atau tanpa kemudi.
  • Untuk Teknik dan Pengetahuan
    Teknologi informasi bisa digunakan dalam mempelajari struktur tanah, angin dan juga cuaca. Dan bisa membantu dalam menghitung.
  • Untuk Kedokteran
    Bisa dimanfaatkan dalam mendiagnosa suatu penyakit dan mengambil gambar semua organ tubuh dengan komputer.
  • Untuk Pemerintahan
    Teknologi informasi dapat diaplikasikan dalam mengolah suatu data dan informasi yang di tujukan kepada masyarakat. Bisa meningkatkan hubungan diantara pemerintah dan masyarkatnya.
  • Untuk Hiburan dan Permainan
    Teknologi komputer bisa digunakan untuk membuat animasi, periklanan, desain grafis dan juga audiovisual supaya menjadi lebih baik dan menarik.
  • Untuk Bidang Kriminal
    Teknologi bisa membuat mudah aparat dalam menyelesaikan permasalahan, bisa dengan mudah terdeteksinya pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas dan sidik jari.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen, Contoh

Komponen Teknologi Informasi

Komponen dari teknologi informasi adalah:

  • Hardware
  • Software
  • Brainware (kecerdasan yang ada pada manusia/user)
  • Data, Informasi, dan Pengetahuan

Contoh Teknologi Informasi

Adapun contoh dari teknologi informasi adalah Komputer, Laptop, Smartphone, Televisi, dan lainnya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi