Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli

Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli – Pada zaman sekarang kita sudah mengenal teknologi, karena memang semua sekarang menggunakan teknologi. Salah satu kecanggihan teknologi adalah internet, dengan internet kita bisa mengakses dunia, bisa mendapatkan segala macam informasi dan juga bisa sebagai media penghubung dengan orang lain walaupun terpisah jarak yang sangat jauh. Berbicara mengenai internet, tentu kita juga sering mendengar kata domain, hosting dan juga website. Apa itu domain, hosting dan juga website? Akan kami ulas di pembahasan berikut ini.

Pengertian Domain

Domain ialah sebuah nama yang unik yang ditujukan untuk mengidentifikasi nama sebuah server komputer seperti email server atau web server pada jaringan internet ataupun komputer. Nama domain juga berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah user (pengguna) internet saat mengakses sebuah server, selain itu dapat juga dipakai sebagai pengingat nama server yang akan dikunjungi tanpa harus melewati sejumlah deretan angka yang cukup rumit yang disebut alamat IP. Tak hanya itu Nama domain juga sering dikenal sebagai suatu kesatuan dari sebuah situs contohnya wikipedia.org. Nama domain juga sering orang menyebutnya dengan istilah link, alamat website atau URL.

Pengertian Hosting

Hosting atau sering orang menyebutnya webhosting merupakan tempat penyimpanan sejumlah data online yang didalamnya terdapat berbagai macam format seperti gambar, text maupun video yang nantinya semua informasi tersebut bisa di akses atau dikunjungi oleh banyak orang. Secara ringkas bisa dibilang sejumlah database sebuah domain disimpan didalam hosting. Bisa di ibaratkan seperti data file dan harddisk pada sebuah komputer, dimana data file nya itu adalah domain dan harddisknya adalah hosting. Contoh salah satu hosting ialah pasarhosting.com.

Secara singkat perbedaan domain dengan hosting dijelaskan seperti ini. Domain merupakan sebuah alamat yang kerap digunakan untuk menuju suatu tempat data, file atau informasi. Sedangkan hosting adalah ruang dalam suatu server komputer yang dipakai untuk penempatan data, file atau informasi tersebut.

Level Domain

Domain mempunyai beberapa level, berikut penjelasannya:

TLD atau Top Level Domain

TLD atau Top Level Domain Merupakan urutan kata yang terletak dibelakang nama domain, seperti: .com (dotcommercial) .net (dotnetwork) .org (dotorganization) .edu (doteducation) .gov (dotgoverment) .mil (dotmilitary) .info (dotinfo). Top Level Domain atau TLD pun terdiri dari dua macam, yaitu: Country Code Top Level Domain atau cc TLD dan Global Top Level Domain atau gTLD. ccTLD merupakan TLD yang dipakai untuk masing-masing negara sesuai negara yang memakainya, contohnya Indonesia dengan kodenya yaitu ID, ccTLD yg dipakainya antara lain .co.id, .net.id, .or.id . Atau Singapura, dengan kodenya SG ccLTD yang dipakainya adalah .com.sg, .net.sg dsb.

Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli

SLD atau Second Level Domain

SLD atau Second Level Domain merupakan nama domain yang kita pilih dan kita daftarkan sebagai alamat kita. Contohnya seputarpengetahuan.co.id, sepengetahuan adalah SLD nya dan TLD nya adalah .co.id nya.

Third Level Domain

Third Level Domain ialah nama yang terletak sebelum nama domain atau SLD yang anda pilih. Misalnya nama domain yang kita pilih tadi yaitu seputarpengetahuan.co.id, maka kita dapat menambahkan Third Domain Level nya menjadi mail.seputarpengetahuan.co.id atau estrex.seputarpengetahuan.co.id.

Demikianlah penjelasan singkat kita mengenai Pengertian Domain Dan Hosting Menurut Para Ahli yang bisa kita pahami dengan baik. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua, terimakasih.

Daftar Isi