√ Pengertian Telnet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Telnet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai telnet. Tentu bagi sebagian kalangan masyarakat belum mengetahui telnet. Dan bertanya apa itu telnet? Karena sebagian dari masyarakat masih belum mengenal teknologi dengan baik sehingga masih sangat asing ketika mendengar telnet.

Namun meski begitu sebagian masyarakat juga sudah mengetahui tentang telnet, bagi yang belum memahami telnet bisa menyimak artikel yang akan dibahas kali ini. Sebaiknya menyimak hingga pembahasan artikel ini selesai supaya bisa memahami dengan baik dari penjelasan yang akan diberikan berikut ini.

Pengertian Telnet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Mari kita bahas pengertian telnet terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Telnet

Telnet merupakan singkatan dari Telecommunications Network Protocol, yang merupakan sebuah remote login yang terjadi pada sebuah jaringan internet yang disebabkan oleh adanya service dari protocol telnet. Dengan adanya sebuah telnet bisa memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses komputer lain menggunakan remote dengan menggunakan sebuah jaringan internet.

Sedangkan pengertian yang lain dari telnet ialah merupakan sebuah protocol yang memungkinkan pengguna untuk dapat login dan bekerja pada sistem jarak jauh, seperti ketika terdapat program ataupun file yang tersimpan di komputer jarak jauh yang berada pada komputer penggunanya itu sendiri. Dan pada singkatnya telnet adalah perangkat lunak (software) yang juga digunakan untuk bisa melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.

Telnet digunakan untuk dapat melakukan login pada komputer yang lainnya yang ada pada jaringan internet dan bisa juga melakukan akses pada pelayanan umum, dan termasuk juga pada berbagai macam database. Dan dengan kata lain bisa untuk terkoneksi ke komputer yang lain didalam satu gedung, satu ruangan dan juga pada komputer yang ada di seluruh penjuru dunia.

Dan setelah terhubung atau juga terkoneksi, input yang diberikan kepada keyboard bisa secara langsung untuk mengeontrol ke remote komputer tadi. Bisa untuk mengakses pelayanan apapun yang sudah disediakan oleh remote machine dan hasilnya kemudian akan ditampilkan pada terminal lokal.

Fungsi Telnet

Fungsi dari telnet sendiri ialah untuk bisa mengakses komputer dari jarak jauh. Karena telnet bisa memungkinkan komputer pengguna untuk menjadi terminal dari komputer yang lainnya yang ada dijaringan internet. Da telet juga memungkinkan bagi penggunanya untuk dapat melakukan login dimana sebagai pemakai komputer jarak jauh dan juga menjalankan program komputer layanan yang juga terdapat di komputer tersebut.

Kelebihan Telnet

Kelebihan telnet ialah jika menggunakan telnet server ialah user interface yang juga cukup ramah, maksudnya ialah pengguna bisa memebrikan sebuah perintah dari jarak jauh (remote) jadi seolah-olah pengguna mengeksekusi sebuah perintah kepada command line kepada komputer.

Pengertian Telnet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Kekurangan Telnet

Kekurangan telnet ialah pengguna NTLM authentication tanpa adanya sebuah enkripsi yang kemudian bisa memudahkan pencuri password yang dilakukan sniffers, dann jika adalah administrator sistemdisarankan agar menggunakan SSH pada linux dari pada menggunakan telnet server untuk mengkonfigurasi sistem kita.

Sekian penjelasan yang bisa kami berikan tentang Pengertian Telnet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya, itu lah penjelasan yang kami berikan untuk dapat membantu para pembaca yang belum memahami tentang telnet. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi