√ Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasannya

Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Gopher. Yang mana menjelaskan Pengertian gopher, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak uraian berikut ini.

Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasannya

Di era globalisasi, fungsi dari layanan internet tentu saja memudahkan anda untuk mengakses internet. Mulai dari informasi tentang kehidupan pribadi, hobi, pengembangan pribadi, bisnis, ekonomi, forum-forum, dan lainnya. Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai salah satu layanan internet yang ada, yaitu Gopher.

Gopher sendiri merupakan aplikasi perangkat lunak yang di dalamnya berisikan menu-menu mengenai sistem pencarian informasi. Sebenarnya ada beberapa macam layanan internet yang saat ini dapat anda gunakan. Mulai dari email (electronic mail), Mailing List, Telnet, File Transfer Protocol, Newsgroup, Internet Relay Chat, World Wide Web (WWW), Gopher, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, saat ini sudah jarang sekali orang yang menggunakan aplikasi gopher, bahkan mungkin hampir tidak ada. Meskipun kini mulai ditinggalkan penggunannya, namun gopher juga dapat diandalkan untuk mencari segala informasi yang anda butuhkan dalam situs-situs manapun. Namun tidak ada salahnya jika mengetahui gopher, berikut penjelasanya.

Pengertian Gopher

Ghoper adalah aplikasi perangkat lunak yang mana tersusun dari menu-menu sistem pencarian informasi. Situs yang menggunakan layanan atau protokol gopher sebenarnya berupa menu yang mewakili informasi dan data yang ada.

Pada sistem gopher,  menu disini adalah daftar isi untuk mengolah serta menunjukan informasi-informasi tertentu. Layanan gopher ini menggunakan FTP sebagai cara dalam pertukaran file serta Telnet (Tele Networking) pada koneksi-koneksi server tertentu.

Baca Juga:  √ Pengertian Proxy, Fungsi, Cara Kerja dan Manfaatnya Lengkap

Meskipun saat ini layanan gopher sudah jarang sekali digunakan. Namun masih ada beberapa orang yang masih menjadi server aktif.

Pada protokol gopher ini menawarkan beragam macam fitur terbaik namun tidak didukung dengan Native Web. Akan tetapi gopher menggunakan hirarki yang lebih kuat di dalam informasi yang ada di dalamnya.

Gopher memiliki sistem dengan basis menu yang paling dasar dengan menyediakan konektivitas. Basis menu tersebut akan saling menghubungkan antara file-file yang ada di dalam komputer-komputer di internet. File-file tersebut akan tampak seperti direktori berseri yang ada di sekitar menu Gopher, padahal file-file tersebut sebenarnya berada di komputer lainnya.

Tak hanya itu saja, gopher juga menyediakan akses menuju dokumen teks, untuk suara digital dan grafik. Akses tersebut hanya bisa dimaksukkan ke dalam kumpulan dokumen yang di download terlebih dahulu di komputer lokal.

Setelah itu barulah anda dapat melihatnya sama seperti program lainnya. Gopher juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses fasilitas lainnya di internet, misalnya saja Telnet yang dapat memudahkan dalam komunikasi jarak jauh.

Fungsi Gopher

Dengan aplikasi gopher, pengguna tidak perlu untuk mengetahui alamat khusus di komputer yang digunakan. Aplikasi gopher sendiri merupakan sistem yang dapat memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses segala situs-situs yang ada.

Tak hanya itu saja, gopher juga adalah sistem yang memiliki otomatisasi sehingga pengguna dapat mengakses beragam informasi yang ada dengan menggunakan hirarki.

Cara Kerja Gopher

Cara kerja dari protokol gopher adalah mencari dokumen ataupun data yang berdasar pada teks atau text base. Namun sebelum itu, komputer harus dihubungkan terlebih dahulu dengan koneksi internet yang ada di gopher server dan kemudian menyimpan informasi dan data tersebut.

Jenis protokol gopher lama yang terlalu rumit ini lah yang terkadang menyebabkan pengguna mulai meninggalkan layanan ini. Pengembangan protokol gopher dilakukan beberapa mahasiswa di Universitas Minnesota, Amerika Serikat.

Baca Juga:  √ Pengertian Mailing List Beserta Fungsinya Lengkap

Arti dari protokol gopher sendiri merupakan protokol publikasi informasi dengan basis karakter, yang mana untuk bisa mengakses teks pengguna harus menggunakan hirarki menu. Tampilan dalam sistem gopher hampir sama dengan Telnet.

Contoh protokol gopher dapat anda temukan pada sejumlah perangkat, semisal modem dan router. Perbedaan dari gopher dengan web yaitu pada penggunaan port nya. Pada web biasanya menggunakan port 80 serta dapat menampilkan gambar. Sedangkan pada gopher, menggunakan port 70 serta hanya dapat menampilkan teks saja.

Gopher - Pengertian Fungsi Cara Kerja dan Penjelasannya

 

Kelebihan dan Kekurangan Gopher

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari gopher, yaitu:

Kelebihan dari Gopher

  • Pengguna tidak perlu untuk mengetahui alamat khusus di dalam komputer yang digunakan.
  • Dapat mudah mengakses informasi dengan hirarki
  • Sistem menu yang ada di dalam gopher sangat simple namun interaktif
  • Bekerja sama dengan pihak gopher Indonesia, akan membuat traffic menjadi meningkat dalam situs yang dipergunakan untuk bisnis online. Dan tentu saja ini akan memberikan dampak positif bagi kelancaran bisnis usaha.
  • Target iklan yang terpasang akan jauh lebih terarah
  • Dapat memperluas pemasaran bagi setiap perusaahan atau pelaku bisnis.

Kekurangan Gopher

  • Fasilitas di dalam gopher hanya mampu untuk mengakses informasi yang berbentuk teks saja. Sehingga tidak dapat menampilkan dalam bentuk multimedia.
  • Tampilannya tidak begitu menarik, tidak seperti yang ada pada www.
  • Hanya orang orang tertentu yang cukup mahir saja yang dapat mengaksesnya.

Demikianlah penjelasan singkat Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.