√ Pengertian Cagar Alam, Karakteristik dan Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Cagar Alam, Karakteristik dan Tujuannya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai cagar alam. Tentu sudah sering kali kita mendengar kata cagar alam, namun apakah kita sudah mengetahui arti yang sebenarnya dari cagar alam?

Untuk itu kita akan membahasnya agar para pembaca bisa memahami dengan baik apa sebenarnya pengertian dari cagar alam beserta dengan karakteristik dan juga tujuannya. Sedikit bocoran bahwa cagar alam ialah kawasan suaka alam, nah untuk dapat mengetahui lebih lengkap maka para pembaca harus menyimak dan juga membaca artikel ini hingga selesai. Oleh karena itu mari langsung saja kita mulai pembahasan yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian Cagar Alam, Karakteristik dan Tujuannya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Cagar Alam

Cagar alam merupakan sebuah kawasan suaka alam yang mempunyai kekhasan pada tumbuhan dan juga ekosistem tertentu yang harus dilindungi ataupun dilestarikan serta perkembangannya yang berlangsung secara alami dan sesuai dengan kondisi aslinya. Flora dan juga fauna yang terdapat didalamnya bisa digunakan bagi keperluan dimasa sekarang dan juga yang akan datang.

Cagar alam juga mempunyai nilai yang sangat penting bagi pengembangan penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan dan juga kepentingan yang lainnya. Ada beberapa contoh cagar alam yang ada di indonesia yakni seperti cagar alam kelam sintang, cagar alam arjuno lalijiwo, cagar alam pulau kaget, cagar alam kebun raya cibodas, cagar alam kepulauan karakatau, dan masih banyak juga yang lainnya.

Karakteristik Cagar Alam

Selain dari penjelasan yang telah diberikan diatas, masih ada lagi penjelasan yang akan kami berikan tentang karakteristik dari cagas alam. Oleh karena itu mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan artikel ini agar dapat memahami keseluruhan penjelasan yang diberikan. Untuk itu langsung saja kita lanjutkan pembahasannya berikut ini.

  1. Memiliki keanekaragaman jenis tumbuh-tumbuhan dan juga ekosistem.
  2. Mewakili formasi dari biota tertentu dan jugu unit penyusunnya.
  3. Memiliki kondisi alam yang alami dan juga belum terganggu dengan campur tangan manusia.
  4. Memiliki komunitas tumbuh-tumbuhan dan juga ekosistem yang langka atau juga keberdadaannya yang hampir punah.
  5. Memiliki ciri khas potensi yang menjadi contoh bagi ekosistem yang keberadaannya membutuhkan sebuah upaya pelestarian dan juga perlindungan.
  6. Memiliki luas yang cukup di dalam bentuk tertentu, yang mana nantinya dapat mendukung pengelolaan dan juga menjamin kelangsungan ekologis secara alami.

Pengertian Cagar Alam, Karakteristik Cagar Alam Dan Tujuannya

Tujuan Cagar Alam

Sudah diberikan duan penjelasan yaitu pengertian dari cagar alam dan juga karakteristik cagar alam, namun jangan kawatir karena masih ada lagi yang akan kita bahas didalam artikel kali ini. Dan yang selanjutnya akan kita bahas ialah tujuan dari cagar alam, karena ingin memberikan sebuah informasi dan pengetahuan yang lengkap kepada para pembacanyamaka kan diberikan penjelasan secara lengkap. Dan untuk itu langsung saja kita melanjutkan pembahasannya yang akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Untuk melindungi ekosistem yang terdapat di wilayah cagar alam supaya dapat tetap lestari dan tidak punah.
  2. Untuk melestarikan flora dan fauna.
  3. Untuk ,elindungi flora dan juga fauna dari kepunahan.
  4. Bisa dijadikan sebagai tempat wisata.
  5. Bisa  menjaga kesuburan tanah.
  6. Dapat menambah devisa negara.
  7. Dapat mengatur tataan air.
  8. Bisa menjadi tempat penelitian.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Cagar Alam, Karakteristik dan Tujuannya (Lengkap), yang di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Cagar alam merupakan kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan dimana didalamnya terdapat floran dan juga fauna yang langka yang harus dilindungi. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi