√ Gas Alam : Pengertian, Komposisi, Jenis, Manfaat dan Sifatnya

Gas Alam : Pengertian, Komposisi, Jenis, Manfaat dan Sifatnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Gas Alam. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian gas alam, komposisi, jenis, manfaat dan sifatnya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Gas Alam : Pengertian, Komposisi, Jenis, Manfaat dan Sifatnya

Gas Alam ini sangat penting didalam keberlangsung hidup karena gas alam merupakan salah satu sumber energi. Selain itu, gas alam tersebut juga dapat berkumpul pada tambang batu bara serta juga ladang gas bumi.

Pengertian Gas Alam

Gas alam adalah bahan bakar fosil berbentuk gas. Gas alam juga merupakan campuran hidrokarbon yang mempunyai daya kembang besar, daya tekan tinggi, berat jenis spesifik yang rendah dan dengan secara alamiah terdapat dalam bentuk gas.

Pada dasarnya, gas alam terkumpul di bawah tanah dengan berbagai macam komposisi yang terdapat didalam kandungan minyak bumi (associated gas). Semua kandungan minyak bumi yang berhubungan dengan gas alam, di mana gas tersebut larut dalam minyak mentah serta juga seringkali membentuk “cungkup gas” (gas cap) di atas kandungan minyak bumi itu.

Komposisi Gas Alam

Komposisi utama gas alam yaitu berupa metana (80%), sisanya adalah etana (7%), propana (6%), dan butana (4%), isobotana, dan pentana. Selain dari komposis-komposisi tersebut, gas alam ini dapat juga mengandung helium, nitrogen, karbon dioksida, serta juga karbon-karbon lainnya.

Gas alam tersebut tidak berbau, namun untuk mengetahui adanya kebocoran itu ditambahkan zat yang berbau tidak sedap. sehingga apabila terjadi kebocoran itu dapat langsung terdeteksi. Untuk memudahkan pengangkutan (transportasi), gas alam tersebut dicairkan. Sehingga disebut dengan sebutan gas alam cair atau juga LNG (Liquified Natural Gas).

Baca Juga:  √ Pengertian Udara, Manfaat, Jenis dan Cara Menjaganya (Lengkap)

Jenis Gas Alam

Berikut ini akan dijelaskan mengenai Jenis Gas Alam yang dikutip dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, berikut penjelasanya:

Gas pipa

Gas pipa adalah gas bumi yang langsung dialirkan dari dari lapangan gas setelah proses pemurnian untuk digunakan sebagai bahan bakar ataupun bahan baku industri.

LNG (liquefied natural gas)

LNG (liquefied natural gas) yaitu gas metana dengan komposisi 90% metana (CH4) yang dicairkan pada tekanan atmosferik serta pada suhu -163 derajat celcius. Sebelum proses pencairan, gas tersebut harus menjalani proses pemurnian terlebih dahulu untuk dapat menghilangkan kandungan senyawa yang tidak diharapkan seperi CO2, H2S, Hg, H2O dan hidrokarbon berat.

Dari Proses itu akan mengurangi volume gas itu menjadi lebih kecil 600 kali. Penyusutan tersebut akan membuat LNG mudah ditransportasikan dan dalam jumlah yang lebih banyak. LNG tersebut ditransportasikan dengan melalui kapal-kapal ke terminal-terminal LNG. Kemudian disimpan di tangki dengan tekanan atmosferik. Setelah itu LNG dikonversi kembali menjadi gas serta disalurkan dengan melalui sistem transmisi.

LPG (liquefied petroleum gas)

LPG (liquefied petroleum gas) atau juga gas bumi yang dicairkan dengan komponen utama propana (C3H8) serta butana (C4H10). Menurut jenisnya, LPG ini dapat dikelompokkan yaitu antara lain:

  • LPG propana
  • LPG butana
  • LPG campuran (mix), merupakan campuran dari kedua jenis LPG diatas.

LPG itu dapat dari penyulingan minyak mentah atau juga dari kondensasi gas bumi dalam kilang pengolahan gas bumi.

CNG (compressed natural gas)

CNG (compressed natural gas) adalah gas bumi yang dipampatkan pada tekanan tinggi. Sehingga volumenya itu menjadi sekitar 1/250 dari volume gas bumi pada keadaan standar. Tujuan atas pemampatan gas bumi ialah supaya dapat diperoleh lebih banyak gas yang dapat ditransportasikan per satuan volume vessel.

Tekanan pemampatan CNG ini bisa mencapai 250 bar pada suhu atmosferik. Komposisi gas bumi yang akan dikirim ke konsumen dengan melalui CNG harus sudah memenuhi spesifikasi gas komersial seperti batasan maksimum kandungan air, CO2 dan hidrokarbon berat.

Selain dari itu, penyimpanan gas pada tekanan yang sangat tinggi mensyaratkan batasan yang ketat terhadap kandungan air serta juga hidrokarbon berat untuk mencegah terjadinya kondensasi dan juga pembentukan hidrat.

Baca Juga:  √ Pengertian Kalor, Jenis, Rumus, Kapasitas dan Perpindahannya

Manfaat Gas Alam

Adapun Manfaat dari Gas Alam ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Gas Alam sebagai Bahan Bakar untuk Kendaraan
  • Gas Alam sebagai Sumber Pembangkit Listrik
  • Gas Alam untuk Kesehatan Lingkungan
  • Gas Alam untuk Kontribusi Ekonomi Dunia
  • Gas Alam Menciptakan Jutaan Lapangan Kerja
  • Gas Alam untuk Industri
  • Gas Alam Meningkatkan Potensi Ekonomi Negara
  • Gas Alam sebagai Bahan Pemanas dan Pendingin
  • Gas Alam sebagai Sumber Energi Rumah Tangga
  • Gas Alam Penghasil Sumber Tenaga Uap
  • Gas Alam untuk Rekayasa Cuaca
  •  Gas Alam untuk Pengolahan Hasil Hutan
  • Gas Alam Meningkatkan Pendapatan
  • Gas Alam sebagai Energi Pengganti
  • Gas Alam juga Mendukung Kemajuan Proses Ilmu Pengetahuan serta Teknologi

Sifat Gas Alam

Gas alam menjadi sumber energi yang mudah terbakar, gas alam terdiri dari senyawa hidrogen serta juga karbon. Hal ini membuat gas alam menjadi salah satu energi yang mempunyai sifat bersih serta aman untuk pemakaian sehari-hari. Gas alam tersebut dapat ditemukan dengan sifat berwarna atau juga tidak berwarna.

Struktur hidrokarbon dalam gas alam pada saat baru keluar dari tanah terdiri dari metana, etana, butana, propane, karbon dioksida, minyak, nitrogen, sulfur, serta berbagai jenis kotoran lain. Proses pengolahan gas alam tersebut selanjutnya berfungsi untuk dapat memisahkan berbagai jenis kotoran. Sehingga gas alam yang dikonsumsi sama manusia sudah bersih.

Gas Alam Pengertian Komposisi Jenis Manfaat dan Sifatnya

Proses pengolahan gas

Proses pengolahan gas alam tersebut dilakukan oleh pabrik khusus yang menangani masalah energi. Gas alam yang keluar didalam bentuk energi yang sudah dappat digunakan oleh masyarakat dengan secara langsung mempunyai sifat yang sudah bersih sehingga akan sangat aman.

Demikian penjelasan tentang Gas Alam : Pengertian, Komposisi, Jenis, Manfaat dan Sifatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.