Teori Evolusi & Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli

Teori Evolusi & Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli – Sebelum dikupas tuntas tentang materi Evolusi, sebelumnya kita harus mengetahui dan memahami konsep dasar Evolusi. Adapun pengertian Evolusi adalah proses perubahan secara bertahap dalam jangka waktu yang lama.

Teori Evolusi & Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli

Evolusi, jika menghasilkan spesies baru yang bisa bertahan pada periode kehidupan selanjutnya disebut evolusi progresif. Sedangkan jika menghasilkan spesies yang tidak mampu bertahan lama disebut dengan evolusi regresif.

Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli

Beberapa tokoh yang memberikan pandangan tentang teori evolusi antara lain:

J.B. Lamarck

evolusi karena proses adaptasi dan hasil proses ini akan diwariskan. Sebagai contoh dari daun kaktus yang tereduksi seperti duri-duri merupakan suatu bentuk penyesuaian terhadap lingkungan hidup di daerah gurun.

Darwin

Evolusi terjadi akibat peristiwa seleksi alam. Makhluk hidup yang dapat beradaptasi dengan lingkungan akan bertahan hidup —> struggle for life.

Weismann

Perubahan sel somatik akibat pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan (evolusi merupakan proses seleksi alam terhadap faktor genetika).

Beberapa petunjuk yang dapat digunakan untuk mengetahui adanya proses evolusi antara lain: adanya variasi, fosil, homologi dan analogi, embriologi, fisiologi dan anatomi perbandingan, sisa tubuh yang tersisa, dan petunjuk biokimia.

Teori Evolusi & Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli

Mekanisme proses evolusi tidak terlepas dari adanya variasi genetik dan seleksi alam. Variasi ini muncul karena mutasi dan rekombinasi gen dalam satu garis keturunan. Frekuensi gen dalam populasi akan tetap jika tidak ada mutasi dan sebaliknya.

Jika terjadi mutasi, maka frekuensi gen akan berubah dan akan menyebabkan perubahan frekuensi alel. Mutasi secara alami memang akan kecil kemungkinannya karena tubuh mengupayakan perbaikan DNA. Menurut hukum Hardy Weinberg bila tidak ada mutasi maka frekuensi gen tetap stabil atau kurang lebih sama.

Baca Juga:  √ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Demikian sekilas pembahasan tentang Teori Evolusi & Pandangan Evolusi Menurut Para Ahli, semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat. Terimakasih.