√ Filogenetik : Pengertian, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya

Filogenetik : Pengertian, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Filogenetik. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Pengertian Filogenetik, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih lengkapnya simak Artikel brikut ini.

Filogenetik : Pengertian, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya

Filogeni adalah sejarah evolusi kelompok organisme yang saling terkait. Hal tersebut diwakili dengan pohon filogenetik yang menunjukkan bagaimana spesies tersebut terhubung antara satu sama lain dengan melalui nenek moyang yang sama.

Pengertian Filogenetik

Filogenetik adalah salah satu cabang dari biologi yang berhubungan, mempelajari serta juga menentukan hubungan evolusioner, atau juga pola keturunan, kelompok organisme. Sebuah Klade yaitu sekelompok organisme yang melingkupi leluhur dan semua keturunannya.

Klasifikasi Filogentik

Linnaeus mengklasifikasikan beberapa organisme dengan berdasarkan ciri-ciri fisik yang jelas. Pada dasarnya, organisme tersebut dikelompokkan bersama-sama apabila mereka tampak sama. Setelah Darwin itu menerbitkan teori evolusi pada 1800-an, para ilmuwan mencari cara mengklasifikasikan organisme yang menunjukkan filogeni. Filogeni adalah sejarah evolusi dari kelompok organisme yang terhubung.

Salah satu cara untuk mengklasifikasikan organisme yang menunjukkan filogeni yaitu dengan menggunakan yang disebut dengan sebutan klade. Klade adalah sekelompok organisme yang melingkupi leluhur serta juga semua keturunannya. Klade ini didasarkan pada kladistika, merupakan metode membandingkan ciri-ciri spesies terkait dalam menentukan hubungan leluhur serta juga keturunannya.

Pohon filogenetik tersebut menunjukkan tentang bagaimana tiga spesies hipotetis itu terkait satu sama lain dengan melalui nenek moyang yang sama. Kladogram tersebut merupakan klade mamalia serta juga reptil. Klade Reptil ini termasuk burung. Hal tersebut menunjukkan bahwa burung berevolusi dari reptil. Linnaeus mengklasifikasikan mamalia, reptil, serta juga burung-burung di kelas yang terpisah. Ini menutup hubungan evolusi mereka.

Kladogram

Kladogram ini ialah mengklasifikasikan mamalia, reptil, serta juga burung-burung pada Klade didasarkan pada hubungan evolusioner mereka.

Jenis Filogenetik

Terdapat 3 (tiga) jenis kelompok filogenetik, yaitu:

  1. Kelompok monofiletik yaitu mengandung leluhur dan semua keturunannya
  2. Kelompok parafiletik yaitu berisi leluhur tetapi hanya beberapa keturunannya
  3. Kelompok polifiletik yaitu berisi segala macam organisme tanpa nenek moyang yang sama baru-baru ini.

Sebuah kelompok parafletik merupakan jenis seperti sebuah kelompok yang terdiri dari orang tua serta juga saudara kandung Anda naamun tidak seperti Anda. Orang tua Anda ialah nenek moyang dari kelompok, serta juga keturunan yang Anda dan juga saudara Anda.

Apabila Anda atau salah satu dari saudara-saudaramu yang tersisa dari suaatu kelompok, akan parafiletik disebabkan karena termasuk nenek moyang dan hanya beberapa keturunan. Dalam filogenetik, bagaimanapun, parafiletik istilah (atau monofiletik atau polifiletik) biasanya digunakan Pada saat menggambarkan sekelompok spesies serta juga nenek moyang evolusi mereka dan bukan hanya sebuah unit keluarga kecil.

Ketiga jenis kelompok filogenetik tersebut dapat lebih dipahami dengan menggunakan diagram yang dikenal dengan pohon filogenetik. Sebuah pohon filogenetik, atau hanya filogeni, merupaakan sebuah diagram percabangan yang menunjukkan hubungan evolusi nenek moyang serta juga  keturunannya.

Nenek moyang terakhir dari semua keturunan di pohon ini diwakili oleh akar. Organisme keturunan tersebut diberi label di ujung filogeni. Sebuah node itu menunjukkan peristiwa divergensi serta juga terbagi menjadi dua cabang. Sebuah node itu juga merupakan nenek moyang bagi keturunan cabang dari itu.

Filogenetik Pengertian Jenis Klasifikasi dan Contohnya

Contoh Filogentik

Filogeni ini akan menggambarkan masing-masing dari tiga jenis kelompok filogenetik. Keturunan D serta juga E (ungu) merupakan kelompok monofiletik. Keturunan B dan juga C, bersama-sama dalam jeruk, mewakili kelompok polifiletik. Kelompok kuning yang melingkupi keturunan B, C, D, dan E ialah kelompok parafiletik.

Ingat kelompok parafiletik merupakan salah satu yang memiliki nenek moyang yang sama namun tetapi tidak termasuk semua keturunan. Dalam contoh ini, nenek moyang terbaru untuk kelompok parafiletik ialah akar pohon. Anda bisa menentukan ini dengan memulai pada keturunan (B, C, D, E) serta menelusuri cabang mereka kembali (ke arah akar) sampai mereka bertemu.

Akar tersebut memiliki lima keturunan (A, B, C, D, juga E), namun hanya empat dari mereka (B, C, D, E) yang termasuk kedalama kelompok kuning. jadi kelompok kuning tersebut memppunyai nenek moyang (akar filogeni) tapi hanya untuk beberapa keturunannya. Hal ini membuat parafiletik.

Demikian penjelasan tentang Filogenetik : Pengertian, Jenis, Klasifikasi dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi