Spesies Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Contohnya

Spesies Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Contohnya – Apakah yang di maksud dengan spesies? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Spesies Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Contohnya


Spesies berarti jenis atau penampakan jika dalam bahasa latin, Pada bidang ilmu bidang Biologi, spesies adalah salah satu dasar klasifikasi pada suatu kelompok organisme yang memiliki kesamaan secara fisik dan dapat menghasilkan keturunan.

Di masa lalu, spesies diklasifikasikan menurut bentuknya. Ahli botani, naturalis, dan penjelajah Swedia, Carolus Linnaeus (1707-1778) mengusulkan sistem klasifikasi yang dikenal sebagai sistem binomial, karena memberi nama masing-masing spesies sepasang nama.

Nama genus, yang terkait dengan spesies lain, dan nama spesies, yang unik. Misalnya, serigala (Canis lupus) dan coyote (Canis latrans), berbagi nama generik Canis karena mereka kerabat dekat, tetapi masing-masing memiliki nama spesifik spesifiknya sendiri.

Spesies merupakan salah satu dasar klasifikasi didalam pengetahuan biologi serta biasanya mengacu pada kelompok-kelompok suatu organisme yang mempunyai kesamaan dengan secara fisik, yang dapat saling bertukar genetik juga menghasilkan keturunan. Spesies tersebut juga sekaligus menjadi suatu tingkatan taksonomi yang paling rendah, dan namanya biasanya terdiri dari dua kata.

Baca Juga:  Ikatan Ionik : Pengertian, Ciri, Sifat Dan Contoh Senyawanya

Spesies ini juga sekaligus menjadi tingkatan taksonomi yang paling rendah, dan biasanya namanya terdiri atas dua kata. Kita ambil contoh pada genus Rosa, ada spesies yang dinamakan dengan Rosa multiflora, Rosa alba, Rosa dumalis dan lain-lain. Sementara untuk tingkatan taksonomi sendiri dimulai dari yang paling rendah adalah Kingdom, Phyllum, Class, Ordo, Familia, Genus dan Species.


Pengertian Spesies Menurut Para Ahli


  • Menurut M Indrawan dkk (2007)

Menurut M Indrawan dkk, spesies merupakan kumpulan dari individu yang memiliki karakteristik yang berbeda dari kelompok lainnya. Karakterisitik tersebut bisa dilihat dari fisiologi, morfologi atau biokimia

  • Menurut Ernst Mayr (1942)

Menurut Ernst Mayr, spesies merupakan sekelompok individu yang tidak bisa berkembang biak dengan individu yang spesiesnya berbeda. Spesies ini hanya bisa berkembang biak dengan sesama jenis spesies itu sendiri.

  • Menurut Yanto dkk (2016)

Spesies adalah suatu proses terbentuknya spesies endemik yang unik, bersifat lokal, dan hanya ada di daerah tertentu saja yang terjadi karena spesies tersebut terisolasi secara geografis.

  • Menurut Waluyo (2005)

Menurut Waluyo, spesies merupakan suatu kelompok organisme yang hidup bersama di alam bebas, dapat mengadakan perkawinan secara bebas, dan dapat menghasilkan anak yang fertil dan bervitalitas sama dengan induknya.

Latar belakang berbedanya konsep spesies adalah perbedaan pemahaman tentang proses munculnya suatu spesies baru dan spesies merupakan hasil dari proses evolusi yang tersu berjalan.


Jenis Jenis Spesies

Berdasarkan referensi pada tahun 2014 lalu, jenis spesies terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

  • Spesies tumbuhan, lebih dari 325.000
  • Spesies mikroorganisme, 160.000
  • Spesies hewan, 1.600.000

Jumlah yang tercatat itu pun diperkirakan akan terus bertambah dan berubah ubah seiring berjalannya waktu, karena penelitian yang dilakukan pada makhluk hidup tersebut masih terus dilakukan.

Baca Juga:  √ Pengertian Penyakit Hipertiroidisme (Pembahasan Terlengkap)

Sehingga berdasarkan dengan angka angka yang terdapat di atas telah dijeskan jika ada banyak sekali macam mau pun jenis spesies yang ada di bumi ini sehingga pada saat kita menghafalkannya, tentu saja akan membutuhkan waktu yang sangat lama.


Contoh Spesies

Ada beberapa contoh spesies yang dapat dijelaskan dari tingkat terendah dalam taksonomi.

  • Felidae (Kucing-Kucingan)

Hewan yang berada di dalam satu keluarga yang sama, yakni disebut dengan keluarga kucing-kucingan. Contohnya : Kucing, cheetah, singa serta juga harimau.

  • Palmae (Palem-paleman)

Spesies termasuk dalam keluarga palem-paleman. Contohnya : Salak, nipah, kurma, aren, kelapa sawit dan juga kelapa.

  • Solanaceae (Terong-terongan)

Spesies termasuk dalam keluarga terong-terongan (Solanaceae). Contohnya : Semangka, melon, lenca, terong, tomat serta juga cabai.

Spesies Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Contohnya

  • Zingiberaceae (Jahe-jahean)

Spesies termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Contohnya : Temung, temu putri, lempuyang, lempuyang gajah, kunyit, kencur, jahe, gandasuli, temu putih, temulawak, temu kunci, temu hitam, temu giring, parahulu, pacing, lengkuas, bengle dan juga bengle hantu.

  • Papilionaceae (Kacang-kacangan)

Spesies termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Contohnya : Kacang hijau, kacang kapri, kacang buncis serta juga kacang tanah.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Spesies Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Contohnya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.