Paragraf Ekspositoris : Pengertian, Ciri, Bagian, Pola Dan Contohnya

Paragraf Ekspositoris : Pengertian, Ciri, Bagian, Pola Dan Contohnya – Apakah itu Paragraf Ekspositoris dan contohnya ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya rumus lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Paragraf Ekspositoris : Pengertian, Ciri, Bagian, Pola Dan Contohnya


Paragraf ekspositoris merupakan jenis karangan yang memaparkan,menjelaskan,menerangkan menjelaskan suatu topik yang berupa informasi dengan urut, jelas dan detail dan bertujuan untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada para pembacanya.

Biasanya paragraf ekspositoris dibuat dalam bentuk paragraf yang menjelaskan salah satu unsur yang melekat pada suatu objek dengan tujuan untuk menambah wawasan bagi para pembaca. Hal itu hampir mirip dengan cara penyampaian karangan eksposisi dan teks prosedur dalam bahasa indonesia.


Ciri Ciri Paragraf Ekspositoris

Berikut ciri-ciri yang terdapat pada paragraf ekspositris antara lain :

  • Menerangkan dan menjelaskan pokok persoalan cendrung bersifat informasi
  • Terdapat sejumlah data dan fakta yang mendukung penjelasan objek tersebut.
  • Mengandung unsur persuasi atau ajakan, meskipun kadarnya lebih sedikit dibanding contoh kalimat dan paragraf persuasi

Bagian Paragraf Ekspositori

Teks ekspositori memiliki struktur, pengantar, pengembangan, dan kesimpulan.

  • Pendahuluan

Ini adalah penjelasan tentang subjek teks, untuk membangkitkan minat pembaca.

  • Pengembangan

Lebih banyak data dan ide terbentuk yang akan membentuk paragraf. Ini adalah bagian terpenting dari teks.

  • Kesimpulan

Ringkaslah aspek-aspek mendasar dari subjek, dengan sintesis singkat.

Contoh :

“Semut adalah invertebrata kecil yang ditemukan di seluruh dunia, dengan pengecualian wilayah kutub.

Ada lebih dari 12.000 spesies yang diidentifikasi di seluruh dunia. Seperti tawon dan lebah, mereka eusosial dan termasuk dalam ordo hymenoptera.

Mereka dianggap spesies invasif, karena mereka telah ditetapkan di daerah yang bukan habitat mereka “.


Pola Paragraf Ekspositoris

Dalam sebuah, paragraf ekspositoris bisa ditulis dengan sejumlah pola. dibawah ini terdapat beberapa pola penulisan paragraf ekspositoris yang diambil dari berbagai sumber perhatikan penjelasaan dan contoh dibawah ini :

  • Pola Sebab-Akibat

Merupakan Pola di mana sebab berperan sebagai gagasan utama, dan akibat berperan sebagai pengembangannya. seperti halnya paragraf sebab akibat, pola ini juga bisa dibalik, dimana akibat menjadi gagasan utama dan sebab menjadi pengembangannya.

Contoh :

Secara geografis, letak negara Indonesia sangatlah strategis, di mana negara ber ibukotakan Jakarta ini terletak di antara dua samudera dan dua benua, serta mempunyai jumlah pulau yang begitu banyak. Hal itu menyebabkan negara ini dapat dimasuki oleh semua orang, termasuk para pengedar narkoba. Akibatnya, para pengedar narkoba dapat masuk ke Indonesia dari arah manapun dan peredaran narkoba pun jadi susah dibendung.

Maka tak heran jika jumlah pecandu narkoba kian banyak jumlahnya, mulai dari orang dewasa, hingga anak-anak dan ibu rumah tangga. Penyalahgunaan narkotika dapat menyebabkan dampak negatif bagi penggunanya. Adapun akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba adalah gangguan mental.

Orang yang menggunakan narkoba akan mengalami kondisi mental yang membuatnya seperti orang aneh atau orang gila. Hal itu pun menjadi pemicu perilaku aneh para pengguna yang mengakibatkan kerugian bagi dari pengguna atau pecandu sendiri maupun orang lain.

  • Pola Ilustrasi

Merupakan sebuah Pola yang menceritakan suatu hal yang hendak dibahas. Biasanya, ilsutrasi yang digunakan adalah ilustrasi yang ada di sekitar atau yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh :

Tidak semua bidang yang ada di dunia dapat dikuasai oleh seorang anak, seperti halnya lemari yang tidak mampu menampung semua benda yang ada. Orang tua atau guru sebaiknya mengarahkan anak untuk menguasai bidang yang dia sukai. Misalnya, jika sang anak menyukai bidang tulis menulis, maka arahkanlah anak tersebut supaya ke bidang tersebut. Siapa tahu suatu hari nanti sang anak bisa menjadi penulis, sastrawan atau wartawan.

Paragraf Ekspositoris : Pengertian, Ciri, Bagian, Pola Dan Contohnya

  • Pola Proses

Merupakan sebuah Pola dengan pola teks prosedur, di mana pola ini berisi proses terjadinya suatu hal atau pembentukan suatu hal.

Contoh :

Pohon anggur selain airnya dapat diminum, daunnya pun dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Caranya, ambillah daun anggur secukupnya. Lalu tumbuk sampai halus. Masaklah hasil tumbukan itu dengan air secukupnya. Tunggu sampai mendidih. Setelah ramuan mendingin, ramuan siap digunakan. Oleskan ramuan pada wajah, tunggu beberapa saat, lalu bersihkan.

Seekor kupu-kupu tak akan langsung menjadi kupu-kupu begitu saja. Perlu sejumlah proses yang tida singkat agara seekor kupu-kupu bersayap indah hadir di dunia. Pertama, seekor kupu-kupu akan menjadi seekor ulat terlebih dahulu setelah dia menetas dari telurnya. Selang beberapa waktu, ulat tersebut akan membentuk kepompong dan akan bersemayam dalam waktu lama di dalamnya. Setelah tiba waktunya, seekor kupu-kupu pun akan muncul dari kepompongnya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Paragraf Ekspositoris , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi