√ Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Paragraf Eksposisi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh paragraf eksposisi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang mempunyai tujuan untuk menyajikan informasi tentang sesuatu sehingga dapat memperluas pengetahuan pembaca.

Paragraf eksposisi ini sifatnya ilmiah atau non fiksi. Sumber paragraf eksposisi sangat baik dibaca karena bisa meluaskan wawasan pembaca. Paragraf eksposisi dibuat berdasar hasil pengamatan atau penelitian yang jelas, menjadikan paragraf ini bersifat ilmiah atau non fiksi dan kebenarannya tidak diragukan lagi sebab didukung oleh data yang valid.

Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki ciri-ciri atau karakteristik antara lain sebagai berikut:

  • Menyajikan suatu informasi kepada pembaca
  • Informasi yang ada didalam paragraf eksposisi yang dijelaskan dengan lugas dan memakai bahasa yang baku
  • Paragraf tidak menyudutkan atau memihak suatu kelompok. Dengan kata lain, paragraf ini memiliki sifat.

Jenis-Jenis dan Contoh Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki beberapa jenis paragraf, berikut ini penjelasan dan contohnya.

Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf eksposisi definisi merupakan paragraf eksposisi yang memberikan informasi dalam bentuk definisi atau pengertian dari suatu hal. Dibawah ini adalah jenis paragraf eksposisi definisi:

Hewan karnivora merupakan jenis hewan pemakan daging. Hewan karnivora mempunyai ciri-ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang kuat sekali. Gigi dan rahang tersebut dipakai untuk mengoyak-ngoyak daging mangsanya. Contoh hewan karnivora antara lain harimau, singa, buaya, beruang dan lain sebagainya.

Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf eksposisi ini memberikan suatu informasi dalam bentuk proses dari suatu hal. Dibawah ini adalah contoh dari paragraf eksposisi proses.

Air di dunia ini mempunyai jumlah yang tetap. Mereka mengalami suatu proses yang dinamakan dengan siklus hidrologi. Siklus ini dimulai dengan air pada permukaan yang dipanaskan oleh matahari akan menguap dan menjadi awan di langit. Awan-awan itu diterbangkan oleh angi ke seluruh arah dan selanjutnya menjadih jenuh. Pada saat awan-awan tersebut jenuh, maka awan termasuk menjadi hujan menjadikan air kembali lagi ke permukaan bumi.

Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf eksposisi klasifikasi merupakan jenis paragraf eksposisi yang memberikan informasi sebuah benda atau hal tertentu.

Contoh paragraf ini seringkali ditemukan pada buku-buku pelajaran sekolah, yang mengklasifikasn materi sesuai dengan pembahasannya. Hal ini bisa dibuktikan dengan memudahkan dalam proses belajar mengajar dari pihak guru atau juga murid

Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi ilustrasi merupakan paragraf eksposisi yang memberikan informasi dengan mengilustrasikan suatu hal. Dibawah ini adalah contoh paragraf ilustrasi.

Menjalani rumah tangga ibarat sedang menahkodai suatu kapal di tengah lautan. Kapal di tengah lautan kadang kala menghadapi ombak yang menerjang. Begitu juga dengan menjalani rumah tangga yang akan menghadapi beberapa cobaaan di dalamnya. Apabila kita tidak sigap, maka rumah tangga akan hancur seperti kapal yang karam terbawa ombak.

Paragraf Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan

Paragraf eksposisi ini memberikan informasi dengan cara membandingkan atau mempertentangkan suatu hal. Dibawah ini adalah contoh paragraf eksposisi perbandingan dan pertentangan.

Gandumg adalah alternatif terbaik pengganti nasi. Didalam gandung berisikan vitamin dan mineral yang tinggi. Selain itu, kadar gula yang ada didalam gandum lebih sedikit dengan kandungan gula yang ada di nasi. Oleh sebab itu, gandum sangat baik untuk menjadi makanan pokok pengganti nasi untuk para penderita diabetes.

Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh

Paragraf Eksposisi Laporan

Paragraf eksposisi ini memberikan berita dalam bentuk laporan dari suatu perjalanan atau penelitian dan lain-lain. Dibawah ini adalah contoh dari paragraf eksposisi laporan.

Pantai parang tritis ini sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini terbukti pada saat kami berkunjung ke sana beberapa hari yang lalu. Pada saat kami turun dari bus, kami sudah disajikan dengan suatu karya yang sangat menakjubkan yakni pemandangan lautan lepas yang sangat indah. Selanjutnya kami juga dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang cukup mendukung. Oleh karena itu, pantai ini menjadi pilihan terbaik untuk berlibur.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap). Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi