√ Pengertian Esai, Ciri, Jenis dan Cara Membuatnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Esai, Ciri, Jenis dan Cara Membuatnya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang esai. Yang meliputi pengertian esai, ciri-ciri esai, jenis-jenis atau macam esai dan cara menulis esai dengan pembahasan lengkap dan mudah dimengerti. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Esai, Ciri, Jenis dan Cara Membuatnya (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertianesai terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Esai

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya.

Pengertian Esai menurut Soetomo adalah Esai sebagai suatu karangan pendek berdasarkan cara pandang seseorang dalam menyikapi suatu masalah. Dengan pengertian lain esai adalah karya tulis dalam bentuk opini atau pendapat seseorang terhadap sebuah permasalahan yang sedang banyak dibicarakan atau menarik perhatian penulis esai. Esai serupa dengan tajuk rencana di sebuah surat kabar, namun sedikit berbeda. Apabila tajuk rencana hanya dapat ditulis oleh kepala editor, esai bisa dutulis oleh siapa saja.

Ciri-Ciri Esai

Pada umumnya suatu karya bisa digolongkan ke dalam esai yakni jika mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

Karangan Pendek

Esai adalah salah satu jenis prosa yang merupaka karya sastra dalam bentuk tulisan. Esai dibaut atau ditulis dalam jumlah kalimat yang pendek (singkat) oleh sebabnya isinya berupa kajian yang singakt padat serta jelas.

Mempunyai Gaya Bahas Khas

Esai bisa ditulis oleh semua orang yang berfikir suatu permasalahan atau mengangkat permasalahan untuk diperbincangkan, sehingga esai mempunyai gaya bahasa yang khas sesuai dengan karakter penulisnya.

Jenis-Jenis Esai

Jenis atau macam-macam esai dapat dibagi menjadi beberapa macam atau kategori. Hal ini berdasarkan keterampilan analisis juga diperlukan dalam menulis esai, keragaman permasalahan yang muncul. Berikut ini beberapa macam atau jenis esai, antara lain:

Deskriptif

Adalah jenis esai yang mendeskripsikan seseorang atau benda “subjek atau objek” yang menarik perhatian pengarang. Objek yang dideskripsikan dalam jenis esai ini bisa dalam bentuk rumah, hewan, dan lain sebagainya. Inti dalam esai jenis ini yaitu penulis mendeskripsikan suatu objek yang menarik perhatiannya.

Tajuk

Adalah jenis esai yang biasa dimuat pada surat kabar. Jenis esai ini membahas isu-isu yang tengah berkembang di masyarakat seperti “politik, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya”. Esai tajuk seringkali dimuat dalam kolom pendapat/opini yang merupakan wadah aspirasai dari masyarakat untuk mengungkapkan pandangannya terhadap isu yang sedang berkemang.

Tidak hanya kebijakan politik, esai tajuk bisa dalam bentuk fashion atau hal lain. Disesuaikan dengan jenis surat kabar seperti koran, majalah otomotif, fashion dan lain sebagainya.

Cukilan Watak

Dalam esai jenis ini memungkinkan seorang penulis menjelaskan cukilan atau cuplikan watak seseorang terkait isu kepada para pembaca. Dalam esai ini tidak menulis kisah seseorang atau biografi, hanya saja penulis mengungkapkan sepenggal watak yang ada pada tokoh yang terkait dalam cerita atau isu dalam esai tersebut.

Pribadi

Hampir mirip dengan esai cukilan watak, namun dalam esai pribadi, penulis esai bercerita tentang dirinya sendiri dalam esai tersebut. Dengan jelas penulis mengungkapkan pendapatnya tentang isu yang menarik perhatiannya.

Reflektif

Adalah esai yang ditulis untuk merenungkan suatu isu politik, kebijakan pemerintah, dan isu penting lain yang sering kali ditulis oleh seorang cendekiawan dalam menanggapi isu-isu yang ada.

Kritik

Adalah jenis esai yang berisi sebuah kritikan kepada suatu “karya seni”.

Walaupun tidak ada format khusus dalam menulis esai, tetapi tulisan esai bisa digolongkan menjadi bagian-bagian yakni:

  1. Pertama: Di bagian awal-awal “pertama” penulis menjelaskan latar belakang suatu masalah.
  2. Tengah: Di bagian ini adalah bagian yang isinya tentang informasi terkait isu dan pendapat penulis.
  3. Akhir: Adalah bagian final atau kesimpulan pandangan penulis tentang isu yang sedang dibicarakan. Sebagian penulis menyajikan hasil pengamatan atau penelitian di bagian akhir ini.

Pengertian Esai, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Cara Membuat

Cara Menulis Esai

Dalam menulis esai terdapat beberapa acuan yang harus diperhatikan atau langkah-langkah yang dapat digunakan, yaitu:

  • Menentukan tema isu yang hendak diangkat
  • Membuat garis besar ide pokok yang akan dikembangkan di paragraf
  • Mengembangkan ide pokok para paragraf dan juga pendapat penulis terhadapnya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Esai, Ciri, Jenis dan Cara Membuatnya (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi