√ Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap)

Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang folder. Pembahasan kali ini meliputi pengertian folder, fungsi dan cara membuat folder. Untuk itulah simaklah penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Folder Di Amerika Serikat dinamakan File Folder, sedangkan di Inggris dan Australia disebut Folder. Jadi folder ini untuk memisahkan file berbentuk kertas sesuai dengan jenis filenya. Menggunakan folder dapat mengurangi resiko kerusakan file karena biasanya folder tersebut dari material yang lebih keras daripada kertas. Bahan pembuat folder berbeda-beda, bisa terbuat dari kertas yang agak keras atau dapat juga dibuat dari plastik.

Sedangkan pada komputer, folder tidak jauh berbeda seperti yang telah dijelaskan diatas. Tetapi perbedaannya adalah jika folder di komputer berbentuk digital atau tidak berwujud nyata sedangkan folder untuk menyimpan file kertas berbentuk fisik dan dapat dilihat dan dipegang.

Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap)

Penggunaan folder di komputer sangat penting fungsinya. Yang nantinya akan dijelaskan lebih mendalam tentang fungsi folder.

Pengertian Folder

Folder adalah suatu program digital pada komputer atau personal komputer (PC) yang berguna untuk menyimpan berbagai macam file (baik data dalam bentuk teks, foto, video dll) didalamnya. Dengan adanya folder kita lebih mudah dalam memisahkan file yang sejenis atau ber ekstensi sama. Misalnya file musik, dokumen, foto, video dipisahkan sendiri-sendiri menggunakan folder. Jadi ketika kita membutuhkan file tersebut kita tidak perlu susah mencarinya, cukup cari saja folder yang sudah di buat sebelumnya.

Folder secara permanen sudah terinstal didalam sistem operasi di komputer atau laptop. Biasanya untuk menandakan suatu folder ada icon yang menggambarkan simbol berbentuk tas atau koper yang berwarna kuning. Nama lain dari folder adalah direktori. Biasanya bahasa directory digunakan di komputer yang berbasis DOS dan linux.

Fungsi Folder

Folder berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file. Didalam folder dapat menyimpan jenis file lain, seperti aplikasi, foto, arsip, video dan jenis file lainnya. Dan didalam folder dapat pula ditambahkan folder dan subfolder.

Fungsi folder juga untuk mengatur file. Misalanya adalah ketika kita memiliki beberapa foto digital, kita bisa menyimpan foto tersebut dalam folder “Gambar atau Picture”, jika kita memiliki file seperti mp3, midi kita bisa membuat folder “Audio atau Music” untuk menyimpannya, dan jika kita mempunyai file dalam bentuk ketikan, data excel, surat-surat kita bisa membuatkan folder “Documents” untuk menyimpannya. Atau bisa juga ketika sering mendownload dari internet akan secara otomatis disimpan dalam folder “Downloads”.

Didalam Windows, software yang terinstal secara default disimpan pada folder “Program Files”, sedangkan apabila menggunakan linux software disimpan di folder “Applications”.

Folder dapat berisi hingga beberapa gigabyte data. Kita bisa melihat berapa kapasitas data yang tersimpan dalam satu folder dengan cara klik kanan pada folder lalu pilih “properties” ketika menggunakan sistem operasi windows, jika menggunakan sistem operasi linux dapat dengan cara klik kanan pilih “Get Info”.

Cara Membuat Folder

Cara membuat folder pada operasi sistem windows adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke dalam Windows Explorer atau tekan tombol Windows + E pada keyboard secara bersama
  • Pilih drive yang diinginkan untuk membuat folder, misalnya drive C
  • Arahkan mouse ke tempat kosong, klik kanan, pilih New, lalu pilih Folder
  • Akan ada folder baru di drive c dengan nama “New Folder”, kita bisa memberi nama folder baru tersebut dengan mudah dengan cara, klik kanan pada polder, pilih Rename dan isi dengan nama yang di inginkan
  • Folder telah selesai dibuat

Pengertian Folder, Fungsi Folder Dan Cara Membuat Lengkap

Cara lain membuat folder selain di drive adalah langsung dari dekstop laptop atau komputer:

  • Buka komputer, lalu hidupkan
  • Setelah komputer siap, maka klik kanan pada dekstop
  • Lalu pilih New Folder
  • Maka akan terbuat folder baru di dekstop
  • Untuk membuat folder di sistem operasi linux kurang lebih sama caranya yaitu dengan cara pilih New Folder juga.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Folder, Fungsi Folder dan Cara Membuatnya (Lengkap), semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi