√ Pengertian URL, Tipe URL Dan Fungsi URL Lengkap

Pengertian URL, Tipe URL Dan Fungsi URL Lengkap – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai URL. Apa itu URL? Untuk itulah disini kami akan menjelaskannya agar para pembaca mengetahui apa itu URL.

Namun bagi pengguna internet dan yang aktif berselancar di internet atau juga dunia maya tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah URL. Namun terkadang masih belum mengetahui arti dari URL dan juga kegunaan dari URL. Dan langsung saja kita akan mulai pembahasannya yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengertian URL, Tipe URL Dan Fungsi URL Lengkap

Marikita bahas pengertian URL terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian URL

URL merupakan sebuah singkatan dari Unifrom Resource Locator, yakni ialah sebuah rangkaian dari sebuah karakter menurut format standar tertentu, digunakan untuk menunjukan sebuah alamat dari suatu sumber misalkan dokumen, file dan juga gambar yang terdapat pada internet.

Dan ada pula pengertian yang lain URL yaitu sebuah karakter menurut sebuah standar tertentu yang digunakan untuk menunjukan sebuah alamat dari sumber, seperti file atau juga gambar yang ada pada internet. URL yang merupakan salah satu dari inovasi dasar dari perkembangan sejarah internet.

Tipe URL

Kali ini kita akan menjelaskan mengenai tipe dari URL, yang akan dijelaskan berikut ini.

1. URL Absolut (URL Absolute)

Yakni ialah alamat lengkap yang menyertakan sebuah nama dari domain, yang langsung menunjukan lokasi dari sebuah dokumen atau juga direktori yang ada pada internet. Dan direktori yang terdapat di dalam domain dan juga dokumen yang juga terdapat di dalam direktori.

2. URL Relatif (URL Relative)

Yakni URL yang menentukan sebuah alamat yang berdasarkan URL yang memang aktif ketika saat itu.

Fungsi URL

Sudah dijelaskan pengertian dan juga tipe dari URL, dan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari URL yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Untuk dapat mengidentifikasi sebuah dokumen yang terdapat pada web.
  2. Digunakan untuk memberikan nama dokumen yang juga terdapat pada web.
  3. Untuk memberikan sebuah alamat pada setiap web yang berisikan dokumen.
  4. Mempermudah di dalam mengakses sebuah dokumen atau juga file melalui sebuah web.
  5. Mempermudah di dalam mengingat alamat dokumen yang ada di dalam sebuah web.

Pengertian URL, Tipe URL Dan Fungsi URL Lengkap

Sekian penjelasan yang bisa untuk kami berikan mengenai Pengertian URL, Tipe URL Dan Fungsi URL Lengkap, dengan pembahasan artikel kali ini semoga dapat membantu yang sedang mencari sebuah informasi mengenai artikel yang kita bahas kali ini, semoga bermanfaat:)

Daftar Isi