√ Pengertian Analisis Sistem, Fungsi & Tanggung Jawabnya Lengkap

Pengertian Analisis Sistem, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap – Pada kesempatan kali ini kita akan mulai pembahasan mengenai analisis sistem. Tentu bagi sebagian kalangan masyarakat masih awam dengan istilah analisis sistem. Dan tentu saja bertanya-tanya apa itu analisis sistem?

Namun bagi sebagian orang istilah analisis sudah sering mereka dengar bahkan mungkin mengetahui apa itu analisis sistem. Tapi jika yang ingin mengetahui apa itu analisis sistem, mari simak ddengan baik artikel kali ini hingga selesai agar dapat memahami dengan jelas penjelasan yang akan diberikan berikut ini.

Pengertian Analisis Sistem, Fungsi & Tanggung Jawabnya Lengkap

Mari kita bahas pengertian analisis sistem terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Analisis Sistem

Analisis sistem ialah sebuah penguraian suatu sistem informasi yang telah utuh kedalam suatu bagian-bagian dari komponennya yang bertujuan untuk dapat mengidentifikasi dan juga mengevaluasi dari berbagai macam permasalahan ataupun sebuah hambatan yang terjadi pada sistem sehingga bisa untuk dilakukan perbaikan atau juga pengembangan.

Sedangkan orang ataupun kelompook yang melakukan sebuah perancangan dan juga perbaikan pada sebuah sistem disebut juga dengan sistem analisis. Sistem analisis merupakan individu atau juga kelompok di dalam melakukan sebuah pengembangan sistem, sistem analisis juga mepelajari sebuah permasalahan ataupun kebutuhan yang ada pada sebuah sistem. Sistem analisis merupakan orang yang juga bertanggung jawab pada proses analisa ataupun perancangan pada sebuah sistem informasi.

Fungsi Sistem Analis

Dari penjelasan yang sudah diberikan mengenai pengertian analisis sistem, kali ini kita akan membahas tentang fungsi dari sistem analis. Untuk itu mari langsung saja kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

  1. bisa mengidentifikasikan berbagai macam masalah dari user (pemakai).
  2. Dapat menentukan secra jelas tentang sasaran yang harus dicapai agar bisa memenuhi kebuthan dari pemakai.
  3. Bisa memilih metode alternatif didalam memecahkan masalah yang ada pada sistem.
  4. Bisa merencanakan ataupun menerapkan sebuah rancangan sistem sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemakai.

Pengertian Analisis Sistem, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap

Tanggung Jawab Sistem Analis

Untuk penjelasan selanjutnya ialah tanggung jawab dari sistem analis, karena sebuah tanggung jawab merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang begitu juga dengan seorang sistem analis. Oleh karena itu langsung saja kita mulai pembahasan yang akan menjelaskan seputar tanggung jawab dari seorang sistem analis yang akan di jelaskan dibawah ini.

  1. Pengambilan sebuah data yang efektif dari sumbernya.
  2. Sebuah aliran data pada sistem.
  3. Pemrosesan dan juga penyimpanan data.
  4. Aliran dari sebuah informasi yang berguna kembali pada proses atau juga penggunanya.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Analisis Sistem, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap, analisis sistem adalah sebuah penguraian sistem informasi yang utuh pada bagian-bagian komponennya. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi