√ Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik & Faktornya

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik & Faktornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem pengendalian manajemen. Yang meliputi pengertian sistem pengendalian manajemen, karakteristik sistem pengendalian manajemen dan faktor yang mempengaruhi sistem pengendalian manajemen dengan pembahasan lengkap dan mudah dimengerti. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik & Faktornya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem pengendalian manajemen merupakan suatu alat dari alat lainya sebagai implementasi strategi yang fungsinya sebagai motivasi anggota-angota organisasi untuk meraih tujuan organisasi. Sebuah sistem membutuhkan adanya pengendalian, fungsinya supaya sistem tersebut bisa berjalan dengan sesuai tujuan. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan sebuah sistem, salah satunya yaitu dengan sistem pengendalian manajemen yang penerapannya didalam manajemen.

Sistem pengendalian manajemen memiliki acuan pada desain, instalasi dan operasi dari rencana manajemen dan juga sistem kontrol. Dalam istilah sistem pengendalian manajemen, ada tekanan di dua subdivisi yang tidak sama, tetapi saling terhubunga dan terkadang tidak dapat dibedakan.

Karakteristik Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem pengendalian manajemen dibuat dalam sebuah organisasi, untuk itu harus memenuhi beberapa karakteristik berikut ini:

  • Sistem pengendalian manajemen diharuskan untuk selaras dengan strategi dan tujuan organisasi
  • Sistem kontrol manajemen harus dibuat dengan sesuai struktur organisasi dan bertanggung jawah dalam pengambilan keputusan manajer individual
  • Sistem pengendalian manajemen harus efektif yang memotivasi seorang manajer dan karyawan untuk berusaha ke arah pencapaian tujuan organisasi dengan cara berbagai penghargaan berhubungan dengan pencapaian tujuan tersebut.

Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pengendalian Manajemen

Dalam sistem pengendalian manajemen ada faktotr yang mempengaruhi dalam pelaksanaannya. Dibawah ini adalah beberapa faktor yang menjadi pengaruh rancangan sistem pengendalian manajemen antara lain:

Ukuran Dan Penyebaran Enterprise
Ukuran dan penyebaran perusahaan besar bisa dipastikan akan berbeda daripada dengan perusahaan kecil. Hal tersebut akan menentukan isi dan sifat dari sistem kontrol pada setiap organisasi.

Struktur Organisasi, Delegasi dan Desentralisasi
Anggaran dasar dan konvensi yang melakukan pengaturan struktur dan sejauh mana desentralisasi dan delegasi pada setiap perusahaan. Contohnya, filosofi manajemen dari State Bank of India pasti berbeda dengan Negara Trading Corporation.

Dan juga dalam sebuah perusahaan, tingkat desentralisasi dan delegasi perubahan dari satu titik waktu yang lain dalam memenuhi tantangan lingkungan yang terus berubah dan peluang tersebut akan hadir. Seluruh sistem kontorl ini menjadi pengaruh manajemen dipraktekkan dalam organisasi.

Sifat Dan Pembagian Operasi
Sifat dan pembagian operasi merek harus berpengaruh terhadap sistem pengendalian manajemen. Seperti dalam industri minyak, misalnya pada sub-unit tidak dibuat atas dasar prouduk. Pada banyak perusahan perdagangan besar, divisi bisa dibuat atas dasar produk.

Jenis Pusat Tanggung Jawab
Sistem kontrol yang tidak sama dibutuhkan untuk berbagai pusat tanggung jawab atau sus-sistem dalam suatu organisasi. Apakah kinerja pusat tanggung jawab harus dilakukan pengukuran dalam segi biaya atau keuntungan atau laba terhadap investasi bergantung dari jenis pusat tanggung jawab.

Contohnya Bank bisa melaksanakan tindakan kinerja yang berbeda untuk mengukur kinerja dari cabang yang berbeda. Ada perbedaan transaksional antara cabang, beberapa deposito berat atau muka berat, sebagaian dengan atau tanpa fasilitas fase deposit atau transaksi valuta asing.

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik, Faktor Yang Mempengaruhi

Oleh karena itu, tidaklah mungkin untuk mempunyai keuntungan sebagai satu-satunya kriterian dalam evaluasi kinerja seluruh cabang. Oleh sebab itu sistem kontrol dengan kriteria yang berbeda dari kinerja harus dipergunakan untuk sub-unit yang berbeda.

Orang dan Persepsi Mereka
Persepsi orang pada organisasi mengenai dampak yang mungi dari sistem kontrol kerja di hidup mereka, kepuasan kerja, keamanan kerja, promosi dan kesejahteraan umum bisa berbeda pada semua organisai. Pertimbangan ini secara signifikan akan menjadi pengaruh sifat dan sisi dari sistem pengendalian manajemen yang dibutuhkan dalam organisasi dan harus menjadi pertimbangan ketika merancang sistem kontrol manajemen.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik & Faktornya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi