6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap)

6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pasti akan selalu menghadapi beragam masalah, baik ekstern maupun intern. Dalam mengatasi bermacam-macam masalah tersebut, tentu dibutuhkan pengelolaan dan pelaporan yang memadai agar tidak terjadi penyelewengan maupun pemborosan dalam hal produksi.

6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Setiap perusahaan pasti memerlukan yang namanya akuntansi manajemen, yang mana hal ini merupakan jaringan penghubung untuk menyajikan segala informasi yang bermanfaat dan dapat untuk membantu pimpinan perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang sebelimnya telah ditentukan sebelumnya. Untuk pembahasan yang lebih jelasnya, mari kita simak mengenai beberapa pengertian dari akuntansi manajemen dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen yaitu suatu bidang akuntansi yang mana memiliki tujuan dalam menyajikan segala bentuk laporan sebagai satuan usaha untuk kepentingan pihak internal dalam melaksanakan berbagai proses manajemen yang mana terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan juga pengendalian.

Akuntansi manajemen yaitu salah satu akuntansi yang mana bertujuan untuk menghasilkan segala informasi keuangan kepadapa kepentingan pihak intern perusahaan maupun manajemen dalam upaya agar dapat mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

Akuntansi manajemen yaitu suatu proses dalam pengidentifikasian, mengukur serta melaporkan dalam segala informasi keuangan yang mana hal ini memungkinkan untuk adanya sebuah penilaian, keputusan yang tegas bagi manajemen perusahaan dengan memakai informasi tersebut yang mana titik pusatnya terhdap pihak-pihak yang ada didalam perusahaan tersebut.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Terdapat pula beberapa pengertian dari akuntansi manajemen menurut pendapat dari para ahli dibidangnya diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Mulyadi (2001:2)

Menurut pendpat dari Mulyadi yang man ia menjelaskan bahwa Akuntansi manajemen yaitu suatu informasi keuangan yang mana dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang dipakau terlebih lagi daru pengguna intern suatu organisasi.

2. Halim dan Supomo (2000:3)

Mereka berpendapat bahwa Akuntansi manajemen yaitu suatu kegiatan atau proses yang mana hal ini menghasilkan informasi dalam bentuk keuangan terhadap manajemen dalam pengambilan sebuah keputusan ekonomi untuk menjalankan fungsi manajemen.

3. Charles T. Homgren (1993:4)

Ia disini menjelaskan bahwa Akuntansi manajemen yaitu sudatu proses identifikasi, penyiapan, pengukuran, akumulasi, analisa serta  penafsiran dan juga komunikasi tentang informasi yang bisa membantu eksekutif untuk memenuhi tujuan perusahaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Novel Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Bahas Lengkap)

4. Hariadi (2002:3)

Menurut pendapat dari hariyadi yang mana ia menjelaskan bahwa akuntansi manajemen yaitu suatu proses identifikasi, pengukuran, serta pengumpulan, dalam mengaanalisis, pencatatan, interpretasi, dan juga sebagai pelaporan kejadian ekonomi pada badan usaha yang mana hal ini dilakukan supaya manajemen bisa menjalankan fungsi dari perencanaan pengendalian serta untuk  pengambilan keputusan.

5. CIMA / Chartered Institute of Management Accountants

Management akuntansi yaitu sebuah proses dalam mengidentifikasi, dalam mengukur, dalam mengakumulasi, dalam menganalisa, menyusun, komunikasi dan juga sebagai interprestasi terhdap informasi. Hal ini dipakai oleh pihak management dalam membuat sebuah evaluasi, rencana, hingga dapay mengendalikan dalam entitas. Agar bisa memastikan akuntabilitas serta untuk sumber daya yang ada.

6. RA Supriyono (1993:8)

Dia mengutip dari komite Management Accounting Practices (MAP) yang dibentuk oleh National Association of Accountants (NAA) bahwa akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis, persiapan, dan komunikasi informasi keuangan yang digunakan oleh manajemen untuk perencanaan, mengevaluasi, mengontrol dalam suatu organisasi atau perusahaan, serta memastikan penggunaan sumber daya yang tepat dan akuntabilitas untuk semua sumber ini. Akuntansi manajemen juga terdiri dari penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non-manajemen seperti kreditur, pemegang saham, otoritas pajak dan lembaga lainnya.

Yang dimaksud dengan akuntansi manajemen sebagai sistem pengolahan informasi keuangan adalah suatu proses pengolahan informasi untuk memenuhi segala kebutuhan manajemen dalam menjalankan fungsi perencanaan, koordinasi dan juga pengendalian suatu perusahaan atau organisasi.

Sedangkan yang dimaksud dengan akuntansi manajemen sebagai tipe informasi yaitu suatu penggambaran pada sebuah informasi yang mana hal ini dihasilkan oeleh pengolahan informasi keuangan. Sebagai mana informasi yaitu fakta, data pengamatan, persepsi maupun sesuatu yang lain serta menambah pengetahuan yang diperlukan manusia untukdalam mengurangi keraguan untuk mengambil sebuah keputusan.

Tujuan Akuntansi Manajemen

  • Menurut Rita Eni Purwanti & Indah Nugraheni bahwa tujuan dari akuntansi manajemen yaitu untuk menghasilkan sebuah informasi keuangan sebagai kepentingan manajemen (pihak intern perusahaan) dalam usaha agar dapat mencapai tujuan dari perusahaan . Informasi ini dibutuhkan oleh manajemen sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan manajemen dan juga untuk melihat atau menilai hasil-hasil yang telah didapatkan oleh suatu perusahaan.
  • Sebagai proses pengidentifikasi, mengukur serta untuk melaporkan informasi ekonomi keuangan, yang mana memungkinkan untuk adanya penilaian serta keputusan yang jelas dan tegas terhdap manajemen yang memakai informasi tersebut yang mana titik sentralnya ini sebgai pihak-pihak yang ada dalam organisasi perusahaan. Seperti : Kalkulasi dari biaya produk, serta Kalkulasi biaya dari sebuah aktivitas, Kalkulasi dari biaya suatu department.
  • Tujuan utama dari bidang akuntansi yaitu untuk menyajikan laporan-laporan yang mana sebagai satu kesatuan dalam usaha untuk kepentingan pihak internal yang mana dalam rangka melaksanakan proses manajemen yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pada pengendalian.
Baca Juga:  √ Pengertian Neraca Pembayaran, Komponen, Macam dan Fungsinya

Fungsi Akuntansi Manajemen Menurut Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

1. Manajer keuangan

Yang mana hal ini ememrlukan informasi terkait dengan aktifitas keuangan perusahaan seperti pendanaan sudatu modal kerja, beban biaya cost of fund kepada sejumlah modal kerja yang diperlukan dari suatu perusahaan, sebagai tingkat dalam pengembalian investasi, untuk tingkat dalam pengembalian modal, rasio keuangan dan lain sebagainya.

2. Manajer Produksi

Hal ini memerlukan data informasi tentang rincian biaya Cost of good sold maupun harga pokok produksi misalnya total dalam biaya produksi, biaya per unit terhadap produk, beban tenaga kerja langsung, dan juga pada biaya overhead lainnya yang mana hal ini berperan secara langsung dalam proses produksi.

3. Manajer Pemasaran

Hal ini memerlukan suatu data informasi dari keseluruhan komponen biaya terkait untuk penetapan harga jual produk, serta sebagai penentuan sistem penjualan secara kredit maupun secara tunai, beban dari komisi penjualan, marketing fee, dan juga informasi nilai discount pada produk tertentu yang mana dalam rangka untuk meningkatkan volume penjualan.

4. Pihak Top Manajemen

Hal ini memerlukan informasi yang mana terkait dengan pengambilan kebijakan strategis pada perusahaan seperti pada penyusunan sebuah anggaran, ekspansi dalam usaha, diversifikasi produk, atau dari kebijakan investasi yang lain.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Contoh Akuntansi Manajemen

Disini manajemen tak hanya membuthkan sebuah informasi jenis investasi yang mana hal ini akan dilaksanakan dan juga informasi rate of return serta playback period yang perlu untuk dilaksanakan. Jika disini manajemen telah mengetahui mengenai informasi rate of return investasi yang direncanakan sebesar 20% serta playback period selama 3 tahun sehingga hal ini akan meperoleh kepastian investasi yang akan dilakukan atau tidak. Terkadang suatu manajer juga memerlukan suatu informasi mengenai manfaat reksadana yang mana sebagai suatu alternatif pilihan investasi.

Demikian pembahasan kali ini tentang 6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap), semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂