Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa : Pengertian dan Tahapannya

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa : Pengertian dan Tahapannya – Seperti apa siklus akuntansi perusahaan jasa itu ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tahapan siklus dan dan pengertiannya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa : Pengertian dan Tahapannya


Siklus akuntansi perusahaan jasa adalah sebuah proses membuat laporan keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu. Pada umumnya siklus akuntansi berawal dari transaksi hingga pada pembuatan laporan keuangan perusahaan yang kemudian dilanjutkan dengan adanya saldo yang dtutup dengan closing entry (jurnal penutup) atau sampai pada jurnal pembalik.

Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa – Siklus Akuntansi adalah sebuah proses yang menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan guna penyelesaian akuntansi secara manual. Contoh siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang maupun jasa pada prinsipnya sama saja, yang membedakan hanya pada jenis transaksinya.

Analisa Transaksi

Transaksi yang terjadi pada perusahaan tentu akan dicatat dalam dokumen sumber atau bukti transaksi. Contoh dokumen sumber yang sering kita temui diantaranya adalah kwitansi, faktur penjualan, faktur pembelian, penerimaan kas, kartu jam kerja dan yang lainnya.

Pembuatan Jurnal

Kegiatan penjurnalan adalah penulisan jenis akun beserta jumlahnya dari bukti-bukti transaksi. Dari pengumpulan bukti transaksi tersebut lalu dicatat dalam jurnal harian atau bisa di sebut dengan jurnal umum.

Baca Juga:  √ Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya

Posting Buku Besar

Kegiatan posting buku besar adalah memindahkan informasi akun beserta saldonya kedalam kolom khusus akun yang sejenis.

Neraca Saldo / Neraca Percobaan

Kegiatan akuntansi yang selanjutnya adalah pembuatan neraca saldo. Neraca saldo / neraca percobaan tujuannya adalah untuk menilai proses penginputan data dari jurnal umum ke buku besar (posting) sudah benar adanya dengan cara membuat neraca saldo. Apabila jumlah debet dan kredit seimbang, itu artinya tidak ada kesalaha dalam penginputan data.

Jurnal Penyesuaian

Tahap selanjutnya adalah penyusunan jurnal penyesuaian. jurnal penyesuaian di buat saat terjadinya transaksi yang berpengaruh pada akun-akun perusahaan, misalnya penyusutan peralatan, uang sewa yang belum dilunasi dan sebagainya, dan biasanya akan memunculkan akun-akun yang baru.

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa : Pengertian dan Tahapannya

Neraca Lajur

Pembutan neraca lajur mengacu pada tahap sebelumnya yaitu neraca saldo dan jurnal penyesuaian. neraca lajur akan berisi informasi tentang neraca saldo dan jurnal penyesuaian yang akan menghasilkan informasi yang diperlukan dalam membuat laporan keuangan nantinya. Informasi tersebut diantaranya adalah laporan laba rugi dan neraca.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah tahap siklus akuntansi perusahaan jasa yang diantaranya adalah laporan laba rugi, neraca dan laporan perubahan modal.

Jurnal Penutup

pada akhirnya akun-akun perkiraan pada laporan perubahan modal dan laporan laba rugi yang ada pada perusahaan jasa yang akan ditutup. Akun-akun tersebut diantanya adalah akun pendapatan, biaya/beban, rugi laba dan prive. Selengkapnya tentang jurnal penutup. Setiap akun perkiraan yang ditutup akan bersaldo Rp.0,00 sehingga yang tersisa hanya akun perkiraan yang mempengaruhi neraca saja yang memiliki saldo.

Jurnal Pembalik

tahapan jurnal pembalik merupakan tahap pembalikkan beberapa akun yang telah ditutup untuk mengembalikan saldonya. Akun perkiraan yang dibalik biasanya adalah pembayaran yang dibayar dimuka yang belum jatuh tempo. Selengkapnya tentang jurnal pembalik.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi & Jenisnya (Lengkap)

Neraca Akhir / Awal (Setelah Penutupan)

Disebut dengan neraca akhir / awal karena sebagai neraca akhir yang dihasilkan pada akhir periode, disebut neraca awal karena akan digunakan sebagai neraca awal pada siklus akuntansi periode berikutnya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Siklus Akuntansi Perusahaan Jasasemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.