√ Pengertian Ekuitas, Jenis dan Contohnya Dalam Akuntansi

Pengertian Ekuitas, Jenis dan Contohnya Dalam Akuntansi – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Ekuitas. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian ekuitas, jenis dan contohnya dalam akuntansi dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel pengertian ekuitas berikut ini.

Pengertian Ekuitas, Jenis dan Contohnya Dalam Akuntansi

Dalam hal ini pengertian ekuitas adalah besarnya hak resudial atau kepentingan pemilik entitas terhadap aset entitas itu setelah dikurangi seluruh kewajiban neraca.

Ekuitas sendiri dapat didefinisikan sebagai kekayaan atau modal dalam entitas yaitu selisih jumlah aktiva (aset) dikurangi dengan pasiva (kewajiban). Ekuintas pada perisipnya merupakan kekayaan bersih yang berasal dari investasi pemilik dan dari hasil kegiatan atau aktivitas usaha perusahaannya.

Menurut PSAK (2002) pasal 49, bahwa ekuitas adalah hak residual atas aktiva suatu perusahaan setelah dikurangi seluruh kewajiban. Dalam artian ekuitas yaitu suatu perkiraan yang mencerminkan porsi hak dan kepentingan pemilik perusahaan terhadap harta perusahaan tersebut.

Jenis Ekuitas

Berikut ada 6 jenis ekuitas yang mana ditunjau daru entitas yang berbentuk perseroan, antara lain yaitu:

  1. Akun Penambah Ekuitas

Jenis pertama ialah Akun penambahan ekuitas yang mana dibagi menjadi 2 macam yaitu Modal Disetor dan Laba Ditahan. Dari kedua akun tersebut nantinya akan dijelaskan pada laporan perubahan ekuitas yang merupakan unusur penambah ekuitas.

  1. Modal Disetor

Pengertian dari modal disetor yaitu besarnya uang yang disetorkan oleh pemegang saham, yang mana dapat dibagi menjadi 2 antara lain sebagai berikut:

  • Modal Saham, merupakan jumlah nominal saham yang beredar
  • Disagio/ Agio Saham ialah selisih antara setoran pemegang saham dengan jumlah nominal saham. Agio yakni selisih di atas nominal, sedangkan Disagio merupakn selisih di bawah nominal.
  1. Pendapatan

Revenues atau biasa disebut Pendapat yaitu laba entitas yang memberikan penambahan nilai perusahaan pada periode pencatatan. Dalam hal tersebut pendapatan adalah laba ditahan yang dipakai untuk melakukan ekspansi entitas sehingga bisa memperbesar aset entitas tersebut.

Pengertian Ekuitas Jenis dan Contohnya Dalam Akuntansi

  1. Akun Pengurang Ekuitas

Akun pengurang ekuitas ialah kebalikan dari akun penambah ekuitas. Ada 2 akun pengurang ekuitas, yaitu pengambilan pribadi dan biaya. Dalam hal ini Ke 2 akun pengurang itu akan dinyatakan sebagai pengurang ekuitas dengan saldo nominal di bagian debit pada laporan.

  1. Pengambilan Pribadi

Pengambilan pribadi yaitu pengambilan modal yang dilakukan oleh pemilik. Bila perusahaan sudah berbentuk perseroan, maka pengambilan prive (pribadi) ini hanya bisa digunakan bila disetujui oleh dewan komisaris.

  1. Pengeluaran atau Beban

Pengeluaran atau Beban yaitu semua biaya yang dikeluarkan oleh entitas untuk kegiatan/ aktivitas operasionalnya dalam menghasilkan jasa atau barang. Pada laporan pendapatan dan ekuitas beban tidak tercantumkan dengan secara langsung, tapi dalam bentuk laba atau rugi.

Contoh Ekuitas dalam Akuntansi

Terdapat berbagai macam contoh ekuitas dalam akuntansi, yang terdapat pada suatu entitas berbentuk PT (Perseroan Terbatas), antara lain yaitu:

  • Modal Perseroan Terbatas yang terdiri atas saham
  • Saham yang terdiri dari; Saham Preferen, Saham Biasa, dan Akun Tambahan Modal Disetor
  • Modal yang berasal dari sumbangan (donated capital) bisa dilaporkan yaitu sebagai bagian dari tambahan modal disetor
  • Premium (agio) atau discount (disagio) dari penjualan saham, baik saham biasa atau saham preferen
  • Selisih penilaian kembali aktiva tetap, untuk suatu perusahaan yang melakukan revaluasi aktiva tetap dengan berdasarkan peraturan pemerintah
  • Retained Earnings (laba ditahan/ sisa laba tahun sebelumnya) atau juga Deficit/ Accumulated Losses (sisa rugi tahun sebelumnya)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Ekuitas, Jenis dan Contohnya Dalam Akuntansi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi