√ Pengertian Laporan Keuangan dan Macam-macamnya (Lengkap)

Pengertian Laporan Keuangan dan Macam-macamnya (Lengkap) – Kali ini kita akan membahas mengenai laporan keuangan. Sering kali kita berbicara agar mengatur laporan keuangan di dalam kehidupan kita agar dapat mengatur dengan baik keuangan yang kita miliki.

Namun tidak hanya dikehidupan sehari-hari melainkan laporan keuangan juga di gunakan dalam perusahaan agar dapat mengatur keuangan perusahaan supaya tidak mengalami kerugian. Seperti itulah yang lebih kita ketahui.

Pengertian Laporan Keuangan dan Macam-macamnya (Lengkap)

Untuk dapat lebih jelas mengenai artikel kali ini, mari kita lanjutkan pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukan kondisi dari keuangan perusahaan pada saat ini maupun dalam suatu periode tertentu. Sedangkan maksud dari laporan keuangan ialah untuk dapat menunjukan kondisi keuangan dari perusahaan saat ini ialah merupakan suatu kondisi keuangan perusahaan terkini.

Kondisi perusahaan terkini ialah suatu keadaan keuangan perusahaan pada tanggal tertentu (untuk neraca) dan juga periode tertentu (untuk laporan laba rugi).

Laporan keuangan biasa dibuat per periode, contohnya 3 bulan sekali ataupun 6 bulan sekali sebagai keperluan interen perusahaan. Untuk laporan keuangan yang lebih luas biasanya dilakukan setahun sekali.

Dengan adanya sebuah laporan keuangan kita dapat mengetahui dari kondisi keuangan perusahaan terkini setelah menganalisis laporan keuangan tersebut. Sedangkan inti dari laporan keuangan ialah menggambarkan pos-pos keuangan perusahaan yang didapatkan dari suatu periode.

Didalam praktiknya kita dapat mengenal berbagai macam laporan keuangan contohnya.

Macam-Macam Laporan Keuangan

Di dalam laporan keuangan terdapat bermacam-macam laporan keuangan, untuk dapat mengetahui dengan jelas apa saja macam-macam dari laporan keuangan. Mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan di bawah ini.

Neraca

Neraca adalah laporan keuangan yang dapat menunjukkan jumlah aktiva (harta), kewajiban (utang), dan juga modal perusahaan (ekuitas) dari sebuah perusahaan pada periode tertentu.

Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi adalah laporan keuangan yang bisa menunjukkan kondisi usaha suatu perusahaan di dalam suatu periode tertentu.

Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal ialah laporan keuangan yang bisa menggambarkan jumlah modal yang dimiliki suatu perusahaan pada saat ini.

Pengertian Laporan Keuangan Dan Macam-Macamnya Lengkap

Laporan Catatan Atas Laporan Keuangan

Laporan Catatan Atas Laporan Keuangan ialah laporan keuangan yang dibuat berkaitan dengan laporan keuangan yang diberikan.

Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas adalah laporan keuangan yang dapat menunjukkan arus kas masuk dan juga arus kas keluar perusahaan. Arus kas masuk adalah berupa pendapatan maupun pinjaman dari pihak lainnya. Sedangkan arus kas keluar adalah biaya-biaya yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Laporan Keuangan dan Macam-macamnya (Lengkap), laporan keuangan merupakan suatu hal yang bisa menunjukan suatu kondisi dari suatu perusahaan. Serta mempunyai macam-macam laporan keuangan didalam suatu laporan keuangan. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi