√ 18 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap

18 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang laporan keuangan. Yang mana penjelasan ini adalah tentang pengertian laporan keuangan dikemukakan oleh para ahli. Untuk lebih rincinya silakan pahami penjelasan lengkapnya dibawah ini.

18 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap

Mari kita bahas pengertian laporan keuangan menurut para ahli berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian laporan keuangan menurut ahlinya.

1. Munawir (1991:2)

Pengertian laporan keuangan menurut Munawir pada dasarnya laporan keuangan adalah proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan data keuangan.

2. Sundjaja dan Barlian (2001:47)

Pengertian laporan keuangan menurut Sundjaja dan Barlian adalah suatu laporan yang menggambarkan hasil dari proses akuntansi yang digunakan sebagai alat komunikasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan data keuangan atau aktivitas perusahaan.

3. M. Sadeli (2002:2)

Pengertian laporan keuangan menurut M. Sadeli adalah hasil dari proses akuntansi dan merupakan informasi histories. Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk membentuk pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat bagi pemakai informasi tersebut.

4. SAK (Standar Akuntansi Keuangan)

Pengertian laporan keuangan menurut SAK adalah bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misalnya: sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

5. Sofyan S. Harahap dalam buku “Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan) (2006:105)

Pengertian laporan keuangan menurut Sofyan S. Harahap adalah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu.

6. Bridwan (2004:17) dalam buku “Intermediate Accounting”

Pengertian laporan keuangan menurut Bridwan adalah ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.

7. Machfoedz dan Mahmudi (2008:1.18)

Pengertian laporan keuangan menurut Machfoedz dan Mahmudi adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Proses akuntansi dimulai dari bukti transaksi, kemudian dicatat dalam harian yang disebut jurnal, kemudian secara periodik dari jurnal dikelompokkan ke dalam buku besar sesuai dengan transaksinya, dan tahap terakhir dan proses akuntansi adalah penyusunan laporan keuangan.

8. Hanafi dan Halim (2007:49)

Pengertian laporan keuangan perusahaan menurut Hanafi dan Halim adalah salah satu sumber informasi yang penting disamping informasi industri, kondisi perekonomian, pangsa pasar perusahaan, kualitas manajemen dan lainnya.

9. Harnanto (2002:31)

Pengertian laporan keuangan menurut Harnanto adalah hasil akhir dari proses akuntansi, yang terdiri dari dua laporan utama yaitu neraca dan laporan perhitungan laba rugi dan berupa laporan yang sifatnya sebagai pelengkap seperti laporan laba yang ditahan serta laporan sumber dan penggunaan dana atau laporan perubahan posisi keuangan.

10. Gumanti (2011:103)

Pengertian laporan keuangan menurut Gumanti adalah ringkasan dari harta, kewajiban dan kinerja operasi selama suatu periode akuntansi tertentu.

11. Sutrisno (2012:9)

Pengertian laporan keuangan menurut Sutrisno adalah hasil akhir dari proses akuntansi yang meliputi dua laporan utama yakni neraca dan laporan laba-rugi. Lapuran keuangan disusun dengan maksud untuk menyediakan informasi keuangan suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan sebagai bahan pertimbangan di dalam mengambil keputusan.

12. Wahyudiono (2014:10)

Pengertian laporan keuangan menurut Wahyudiono adalah laporan pertanggungjawaban manajer atau pimpinan perusahaan atas pengelolaan perusahaan yang dipercayakan kepadanya kepada pihak-pihak luar perusahaan.

13. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) (2012:5)

Pengertian laporan keuangan menurut Ikatan Akuntansi Indonesia adalah struktur yang menyajikan posisi keuangan dan kinerja keuangan dalah sebuah entitas. Tujuan umum dari laporan keuangan ini untuk kepentingan umum adalah penyajian informasi mengenai posisi keuangan (financial position), kinerja keuangan (financial performance), dan arus kas (cash flow) dari entitas yang sangat berguna untuk membuat keputusan ekonomis bagi ara penggunanya.

14. Gitman (2012:44)

Pengertian laporan keuangan menurut Gitman adalah Annual report that publicly owned corporations must provide to stockholders; it summarizes and documents the firms financial activities during the past year.

15. Kasmir (2014:7)

Pengertian laporan keuangan menurut Kasmir adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini atau dalam suatu periode tertentu.

16. Munawir (2002:56)

Pengertian laporan keuangan menurut Munawir adalah alat yang sangat penting untuk memperoleh infomasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil operasi yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

17. Bambang Riyanto (2012:327)

Pengertian laporan finansiil menurut Bambang Riyanto memberikan ikhtiar mengenai keadaan finanziil suatu perusahaan, dimana Neraca (Balance Sheets) mencerminkan nilai aktiva, utang dan modal sendiri pada suatu saat tertentu, dan laporan rugi dan laba (income statement) mencerminkan hasil-hasil yang dicapai selama periode tertentu, biasanya meliputi periode satu tahun.

18. Wikipedia

Pengertian laporan keuangan menurut Wikipedia adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada periode akuntansi yang dapat digunakan utuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari pelaporan keuangan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 18 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi