27 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

25 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Akuntansi kini jadi perbincangan dikalangan para pelajar dan dunia kerja. Akuntansi merupakan sekumpulan prosedur untuk mencatat, mengikhtisarkan, mengklasifikasikan, dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan.

25 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Dalam pengelolaan keuangan yang baik dan transparan diperlukan pengetahuan dan ketrampilan akuntansi yang baik pula. Dimana kemampuan dalam memberikan informasi keuangan yang akurat dapat memberikan dampak terhadap stakeholder bisnis itu sendiri. Kali ini kita akan bahas terlebih dahulu tentang pengertian akuntansi secara umum yang dijelaskan oleh pakar dibidangnya.

Pengertian Akuntansi

Beberapa pengertian akuntansi secara umum akan dijelaskan oleh para ahli dibawah ini.

1. Kohler’s Dictionary

Akuntansi yaitu suatu seni dalam mencatat dari proses pada transaksi keuangan.

2. West Churman

Beliau menjelaskan bahwa akuntansi yaitu suatuu pengalaman tertulis yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan yang terjadi pada sebuah perusahaan.

3. Accounting Principles Board

Akuntansi yaitu suatu kegiatan jasa yang fungsinya untuk menyediakan informasi kuantitatif terlebih lagi yang sifatnya keuangan yang selanjutnya bisa dipakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

4. American Accounting Association

Akuntansi yaitu suatu proses dalam pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran, serta laporan transaksi keuangan dari suatu organisasi yang dijadikan untuk informasi pada pengambilan keputusan ekonomi dari pihak yang membutuhkan.

5. Sophar Lumbantoruan

Ia berpendapat bahwa Akuntansi yaitu suatu alat yang dipaki sebagai bahasa bisnis yang mana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami apabila mekanisme akuntansi telah dimengerti.

6. Dr. M. Gede

Beliay menyatakan bahwa akuntansi yaitu suatu ilmu pengetahuan terapan serta seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan serta sistemnya, pengolahannya dan juga  analisis dari catatan tersebut sehingga tersusun menjadi suatu laporan keuangan yang digunakan sebagai suatu pertanggungjawaban atas pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap kinerjanya.

7. Keputusan Menteri Keuangan

Akuntansi yakni suatu proses pengumpulan, serta penganalisaan, pengklarifikasian, pencatatan, peringkasan, serta pelaporan kepada transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi guna menyediakan informasi keuangan bagi yang membutuhkan informasi itu yang digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan.

8. Warren dkk

Meraka menyatakan bahwa akuntansi secara umum yaitu suatu sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan terhadap pihak-pihak yang terkait maupun yang berkepentingan tentang kegiatan ekonomi serta kondisi perusahaan.

9. Arnold

Arnold menyatakan bahwa akuntansi yang dipandang sebagai sistem guna menyediakan suatu informasi khususnya keuangan terhadap siapa saja yang membuat keputusan dan yang mengendalikannya.

10. Rudianto

Rudianto yang mentakan bahwa Akuntansi yaitu suatu sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan terhadap pihak-pihak terkait yang berkepentingan dengan kegiatan ekonomi serta dari keadaan suatu badan usaha tertentu.

11. Abu Bakar A. dan Wibowo

Mereka berpendapat bahwa Akuntansi termasuk dalam sebagai prosedur mengakui, pencatatan serta korespondensi bursa keuangan atas suatu unsur atau organisasi. Artinya yaitu, akuntansi merupakan sistem informasi yang mengakui serta mencatat transaksi keuangan yang selanjutnya disajikan pada laporan keuangan

12. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Yng menjelaskan bahwa Akuntansi yaitu suatu seni dalam pencatatan, penggolongan serta pengikhtisaran dengan cara tertentu pada ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang sifatnya keuangan termasuk dalam menafsirkan hasil-hasilnya. Maksudnya, akuntansi yakni seni mencatat, serta menggolongkan dan menyusun ikhtisar kejadian maupun transaksi keuangan yang berikutnya disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

13. Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison

Mereka berdua berpendappat bahwa Akuntansi yaitu sebagai suatu sistem informasi yang digunakan untuk mengukur aktifitas bisnis, serta memproses data menjadi laporan dan juga untuk mengkomunikasikan hasilnya pda para pengambil keputusan

14. Financial Accounting Standards Board (FASB)

Akuntansi yaitu suatu kegiatan jasa yang fungsinya untuk menyediakan informasi kuantitatif yang selanjutnya dipakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

15. Littleton

Littleton berpendapat bahwa akuntansi yaitu suatu perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi dalam suart usaha dengan pencapaian hasil dari prestasi atas usaha tersebut.

16. Mulyadi

Menurut pendapat dari Mulyadi akuntansi sendir berfungsi sebagai alat mencatat serta untuk menyajikan laporan keuangan serta guna mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan

17. Paul Grady

Akuntansi yakni termasuk dalam tubuh dari ilmu pengetahuan yang meiliki fungsi organisasi secara sistematis, autentik, dan original dalam mencatat, serta dalam mengklasifikasi, dan memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, serta menginterpretasi dari seluruh transaksi dan kejadian dalam karakter keuangan yang terjadi pada operasional entitas akuntansi yang bertujuan untuk menyediakan informasi yang artinya membutuhkan manajemen sebagai laporan serta pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

18. Suparwoto L

Disini beliau menjelaskan bahwa akuntansi merupakan sebagai suatu teknik atau sistem dalam mengukur serta mengelola transaksi keuangan yang menyajikan hasil dari pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi terhadap pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal sendiri meliputi atas investor, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan pihak eksternal lainnya.

19. Zaki Baridwan (2000)

Ia menjelaskan behawa Akuntansi yaitu salah satu dalam kegiatan jasa, berfungsi untuk menyiapkan data-data kuantitatif, terlebih lagi yang sifatnya keuangan, dari usaha ekonomi yang bisa dipakai dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi yang mempunyai alternatif-alhternatif dalam suatu keadaan

20. Sofyan Harahap (2005)

Beliau menjelaskan bahwa akuntansi artinya yaitu sebagai proses dalam mengidentifikasikan, serta mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi untuk mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil kesimpulan oleh para pemakainya.

21. Henry Simamora (2005)

Beliau menjelaskan bahwa Akuntansi (accounting) yaitu suatu proses dalam pengukuran aktifitas ekonomi pada suatu entitas dalam satuan uang serta mengkomunikasikan hasilnya terhadap pihak yang berkepentingan

22. S. Munawir (2005)

Baliau berpendapat bahwa aadalah seni dalam pencatatan, penggolongan serta peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa serta kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagian yang sifatnya keuangan dengan cara yang secepat mungkin dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, dan juga penafsiran kepada hal-hal yang timbul dari padanya.

23. Soemarso S.R. (2004)

Beliau menyatakan bahwa akuntansi yakni sebagai proses dalam mengidentifikasikan, serta mengukur dan melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan terdapat penilaian serta keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang memakai informasi tersebut.

10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

24. Frederick D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Merekan mengartikan akuntansi sebagai suatu proses dalam pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi supaya untuk memungkinkan penggunaanya dalam membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

25. Accounting Principle Board Statement Nomor 4 (2003)

Akuntansi yaitu kegiatan jasa, yang berfungsi dalam memberikan informasi kuantitatif, bisanya dalam ukuran uang, tentang suatu badan ekonomi yang dimaksudkan yang digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi dasar memilih diantara beberapa alternatif.

26. Wibowo

Menurut pendapat dari wibowo yang menjelaskan bahwab Akuntansi yaitu suatu prosedur yang mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dalam suatu unsur maupun dalam organisasi. Maksudnya, akuntansi yakni salah satu sistem informasi yang mengakui serta mencatat transaksi keuangan yang selanjutnya disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

27. KAM (1990)

Akuntansi yaitu salah satu seni dalam mencatat dari transaksi-transaksi yang ada dalam keuangan.

Demikian penjelasan kita kali ini mengenai 27 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat membantu teman-teman dalam mencari informasi yang berkaitan dan semoga bermanfaat. Sekian terimakasih.

Daftar Isi