Pengertian Audit dan Jenis Audit (Bahas Lengkap)

Pengertian Audit dan Jenis Audit (Bahas Lengkap) – Didalam melakukan suatu pekerjaan pastinya ada suatu target yang di tetapkan untuk di kejar. Target tersebut haruslah menjadi pacuan untuk mendapatkan semangat dalammengacu pekerjaan tersebut.

Pekerjaan yang di lakukan pastinya ada yang merasa bermasalah atau di dalam sautu perusahaan ada ayang masih di rasa kurang. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut di butuhkan para auditor untuk mengaudit permasalahan yang dihadapinya.

Pengertian Audit dan Jenis Audit (Bahas Lengkap)

Permasalahan yang di hadapi kan di audit dan akan mendapatkan hasil yang tepat atas kejadian tersebut. Untuk dapat lebih mengenal tentang apa itu audit akan di jelasakan sebagai berikut:

Pengertian Audit

Pengertian audit adalah suatu proses yang dilakukan oleh para auditor dalam memperoleh bukti-bukti akurat tentang aktivitas ekonomi di suatu entitas. Dalam pelaksanaan audit di di lakukan penyetaraan derajat pada suatu aktivitas perekonomian di entitas tersebut, melihat apa sudah sesuai dengan yang di tentukan ataukah belum. Hasil yang di dapatkan dari audit selanjutnya akan di laporkan pada pihak-pihak yang berkepentingan di dalam entitas tersebut.

Penjelasan lain mengenai audit adalah suatu proses sistematik yang mendapatkan atau mengevaluasi bukti-bukti dengan objektif tentang pertanyaan yang ada hubungannya dengan kegiatan dan juga kegiatan pada perekonomian di dalam suatu entitas, yang memiliki tujuan untuk menetapkan suatu kesesuaian dengan pertanyaaan pihak yang berkepentingan entitas tersebut.

Jenis Audit

Jenis audit lumayan banyak karena terbagi menjadi beberapa bagian. Jenis-jenis audit tersebut akan di jelaskan sebagai berikut:

Audit Kinerja

Audit ini dilakukan oleh auditor untuk dapat mengetahui seefisien dan seefektifnya kegiatan operasional yang ada pada suatu perusahaan. Di dalam hal ini maka seorang auditor di harap dapat melakukan pengamatan secara obyektif dan memberikan hasil koprehensif pada kegiatan operasional di perusahaan atau entitas tersebut.

Audit Laporan Keuangan

Asudit ini di lakukan oleh auditor pada keuangan di suatu perusahaan, yang membahas tentang apa laporan yang telah di berikan sudah sesuai dengan kriteria yang te4lah di tetapkan ataukah belum.

Audit Kepatuhan

Audit ini di lakukan agar dapat melihat di dalam suatu perusahaan, pakah sudah sesuai dengan apa yang telah di tentukan, peraturan dan juga persyaratan yang berlaku seperti misalnya perjanjian yang telah di tetapkan apakah sesuai dengan yang ada di undang-undang pada suatu Negara. Asal dari kriteria ini berbeda- beda dan tidak berasal dari sumber yang sama.

Pengertian Audit Dan Jenis Audit Lengkap

Jenis Auditor

Auditor dalam melakukan audit berbeda-beda dan beragam. Perbedaan jenis auditor ini terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

Auditor Pemerintahan

Auditor yang berkerja untuk melayani pemerintahan. Mereka mengaudit untuk dapat membantu dalam suatu perusahaan, lembaga ataupun organisasi pemerintahan yang berada dalam kegiatan operasional atau kegiatan lainnya.

Auditor Internal

Auditor yang berkerja untuk suatu perusahaan atau entitas yang mereka audit. Hasilnya akan di berikan kembali kepada perusahaan tersebut.

Auditor Independen

Auditor yang berkerja pada usatu perusahaan atau kantor akuntan yang bersifat public. Mereka harus bersikap independen (tidak terpengaruh) terhadap kliennya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Audit dan Jenis Audit (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Dengan melakukan audit dapat di lihat dengan pasti apa yang di butuhkan atau yang di inginkanagar pas dan sesuai dengan yang sebenarnya terjadi. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi