√ Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskasn tentang Audit Internal. Audit internal berkaitan dengan penilaian terhadap suatu organisasi atau perusahaan.

Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Selain berkaitan dengan perusahaan, audit internal dilakukan untuk mengevaluasi suatu efektivitas dan manajemen perusahaan. Untuk lebih lengkapnya silakan simak penjelasan kami tentang definisi, tujuan, fungsi dan ruang lingkup audit internal. Simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Audit Internal

Audit internal atau disebut juga dengan internal audit yaitu sebuah penilaian terhadap keyanikan, independe, obyektif dan kegiatan konsultasi yang dibuat sebagai penambah nilai dan peningkatan operasi organisasi. Audit internal ini bisa sebagai pendukung suatu organisasi untuk mencapai tujuannya dengan membawa pendekatan yang sistematis dan disiplin dalam evaluasi dan peningkatan efektivitas proses manajemen risiko, pengendalian dan tata kelola.

Pengertian Audit Internal Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi audit internal menurut ahlinya.

1. Hiro Tugiman

Pengertian Audit Internal menurut Hiro Tugiman adalah fungsi penilaian secara independen di dalam organisasi untuk mengetes dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan/program yang dijalankan.

2. Ikatan Auditor Internal (IIA, dalam Messier :2005)

Pengertian Audit Internal menurut IIA adalah kegiatan independen dan objektif beserta konsultasi yang disusun untuk meningkatkan nilai dan operasional organisasi/perusahaan.

Internal audit dapat mendukung organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan dengan cara pendekatan yang sangat berstruktur dan disiplin. Pendekatan internal audit itu dijalankan dengan cara evaluasi dan meningkatan kefektifan manajamene resiko, kontrolling dan proses tata pengelolalan.

3. Sukrisno

Pengertian Audit Internal menurut Sukrisno adalah pemeriksaan yang dijalankan oleh unit audit internal yang dimiliki perusahaan terhadap finansial report dan laporan akuntansi perusahaan serta meninjau kepatuhan dan kepatuan akan kebijakan yang ditentukan pimpinan puncak, peraturan pemerintah dan ketentuan dari perserikatan profesi.

4. Mulyadi (2002)

Pengertian Audit Internal menurut Mulyadi adalah pelaksanana audit/auditor yang melaksanakan tugas di dalam perusahaan untuk mengetahui sejauh mana prosedur dan kebijakan yang telah dijelankandengan baik, menetapkan seberapa efektif dan efisien dari produser kegiatan organisasi/perusahaan, serta menilai kefektivitasan informasi yang di produksi oleh masing-masing unit dalam organisasi/perusahaan.

Tujuan Audit Internal

Hiro Tugiman (2006) menyatakan bahwa Internal Audit memiliki tujuan dalam membantu anggota organisasi supaya bias melaksanakan tugas dengan efektif. Dalam kegiatan internal audit berusapa melaksanakan analisis dan memberikan berbagai saran dan penilaian. Proses pemeriksanaan autid mencakup pengawasan, yang sangat efektif dengan pembayaran yang normal.

Lalu Sukrisno Agoes (2004) menyatakan bahwa tujuan dari audit internal yaitu membantu manajemen perusahaan melaksanakan tugas melalui analisa, penilaian dan pemberian saran dan masukan tenagn aktivitas atau program (yang masuk dalam pemeriksaan).

Untuk meraih tujuan dari internal audit maka auditor harus menjalankan beberapa hal dibawah ini yaitu:

  • Memberi kepastian berhubungan dengan peraturan dan prosedur yang wajib ditaati oleh semua elemen manajemen
  • Memberi penilaian baik dan peningkatan pengawasan efektif dengan biasa yang wajar dan juga melakukan identifikasi sistem pengendalian yang ditetapkan yang mencakup pengendalian internal manajemen dan kegiatan operasional yang berhubungan.
  • Memasikan bahwa semua aset perusahaan dijaga dengan penuh tanggung jawab dari penyalahgunaan, kehilangan, korupsi dan hal lain semisal.
  • Mengajukan beberapa saran dalam rangka memperbaiki sistem operasional perusahaan supaya lebih efektif dan efisien.
  • Memberi penilaian berkaitan dengan mutu dan kualitas kerja kepada masing-masing bagian yang ditunjuk manajemen perusahaan.
  • Memastikan bahwa data yang sudah ada diolah dalam perusahaan dapat dipertanggungjawabkan.

Fungsi Audit Internal

Sawyer (2005) meyatakan bahwa fungsi audit internal yaitu:

  • Melakukan pengawasan kepada semua aktivitas yang sulit diatasi oleh pimpinan puncak.
  • Melakukan indentifikasi dan meminimalisasi resiko
  • Mendukung dan membantu manajamen terhadap bidang teknis.
  • Melakukan pelaporan Validasi kepada manajer
  • Membantu proses decision making
  • Melakukan analisa masa mendatang (bukan hal yang sudah terjadi)
  • Membantu manajer dalam pengelolaan perusahaan.

Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi, Ruang Lingkup Terlengkap

Ruang Lingkup Audit Internal

Guy dkk menyatakan bahwa ruang lingkup internal audit yang sudah diterjemahkan oleh Paul A. Rajoe antara lain:

  • Melakukan analisa kefektifan (Reliabilitas dan Integrasi) informasi finansial dan operasional dan juga alat yang digunakan untuk identifikasi, pengkuran, pengelompokan, dan pelaporan informasi tersebut.
  • Menjalankan pengamatan atas sistem yang ada dalam rangka memastikan adanya kesesuaian antar kegiatan/aktivitas/program yang dilaksanakan organisasi dalam kebijakan, peraturan, prosedur, hukum, rencana yang berdampak signifikan kepada kegiatan organisasi.
  • Melakukan pengamatn berbagai metode yang digunakan dalam menjaga aset/harta perusahaan. Jika diperlukan maka akan dilakukan verifikasi kepada harta-harta tersebut.
  • Memberikan penilaian atas efektivitas dan keekonomisan dalam penggunaan sumber daya
  • Melakukan pengamatan atas aktivitas operasional atau program organisasi/perusahaan apakah hasil yang didapat konsisten dan sesuai dengan tujuan dan rencana yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi