Home » √ Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya Lengkap
√ Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya Lengkap
Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem pengendalian intern. Yang meliputi pengertian sistem pengendalian intern, tujuan sistem pengendalian intern dan unsur-unsur sistem pengendalian intern dengan pembahasan lengkap dan mudah dimengerti.
Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya Lengkap
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Sistem Pengendelian Intern
Sistem pengendalian intern atau disebut juga kontrol intern merupakan suatu proses yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan sistem teknologi informasi, yang dibuat dalam membantuk organisasi dalam mencapai suatu tujuan atau objektif tertentu.
Pengendalian intern adalah suatu cara dalam mengarahkan, mengawasi, dan mengukur sumber daya suatu organisasi atau perusahaan. Sistem ini memiliki peran penting dalam mencegah dan mendeteksi penggelapan (fraud) dan melindungi sumber daya organisasi baik yang berwujud (seperti mesin dan lahan) ataupun tidak berwujud (seperti reputasi atau hak kekayaan intelektual seperti merek dagang).
Didalam sistem pengendalian intern mencakup struktur organisasi, metode serta ukuran-ukuran yang di koordinasikan dalam menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, memberi dorongan dalam efisiensi untuk dipatuhi kebijakan manajemen.
Pengendalian tersebut mempunyai arti sempit atau luas, yang dalam hal ini arti sempit pengendalian intern “internal check” adalah suatu sistem dan prosedur yang secara otomatis dapat saling memeriksa.
Dalam arti bahwa daya akuntanasi yang diperoleh suatu bagian atau fungsi secara otomatis dapat diperiksa oleh bagian atua fungsi lain dalam suatu upaya-upaya. Sedankan arti luas AICPA melakukan pengertian pengendalian intern sebagai berikut:
Pengendalian intern mencakup struktur organisasi dan seluruh cara-cara dan juga aat-alat yang di koordinasikan yang dipakai dalam perusahaan yang bertujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntanasi, memajukan efisiensi dalam operasional dan membantu menjaga, mematuhi kebijaksanaan manajemen yangsudah ditentukan terlebih dahulu.
Pengendalian intern merupakan suatu proses yang diatur oleh dewan komisaris, manajemen sertan personil satuan usaha lainnya yang dirancang untuk memperoleh keyakinan memadai terhadap pencapaian tujuan dalam hal berikut: keandalan laporan keuangan, bersesuaian dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku, efektifitas dan efisiensi operasi.
Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli
Dalam hal ini pengertian sistem pengendalian intern menurut Mulyadi adalah meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian serta keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijaksanaan manajemen.
Sedangkan menurut Romney dan Steinbart (2003) pengertian pendenlian intern adalah “internal control is the plan of organizations and the method of business use to safeguard assets, provide accurate and reliable information, promote and improve operational efficiency and encourage adherence to prescribe managerial policies”.
Tujuan Sistem Pengendalian Intern
Terdapat tujuan sistem pengendalian intern antara lain:
Menjaga kekayaan organisasi
Melaksanakan pemeriksaan ketelitian dan keandalan data akuntansi
Memberikan dorongan efisiensi operasional
Memberikan dipatuhinya kebijaksanaan manajemen.
Berdasarkan tujuannyaa, sistem pengendalian intern dibagi menjadi dua macam, yakni:
Pengendalian intern akuntansi mencakup struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan utamanya untuk menjaga kekayaan perusahaan dan melakukan pengecekan keandalan data akuntansi.
Pengendalian intern administrasi mencakup struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan utamanya sebagai pendorong dipatuhinya kebijaksanaan manajemen.
Unsur-Unsur Sistem Pengendalian Intern
Untuk melakukan sistem pengendalian intern dalam meraih tujuan pokok sistem pengendalian intern suatu perusahaan tersusun atas unsur-unsur sebagai berikut:
Struktur yang menjadi pemisah tanggung jawah fungsional secara tegas. Struktur organisasi adalah kerangka “frame work” pembagian tanggung jawab fungsional pada unit-unit organisasi yang dibuat untuk melakukan aktivitas-aktivitas inti perusahaan. Pembagian tanggung jawab fungsional dalam organisasi ini dengan dasar prinsip-prinsip berikut ini:
Wajib dipisahkan fungsi-fungsi operasi dan penyimpangan dari fungsi akuntansi
Suatu fungsi tidak dapat diberi tanggung jawab secara penuh untuk melakukan seluruh thap suatu transaksi.
Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup kepada kekayaan, uang, pendapatan dan biaya. Didalam organisasi, setiap transaksi biaya anya terjadi atas dasar otorisasi dari pejabat yang mempunyai kewenangan untuk menyetujui adanya transaksi tersebut.
Oleh karena itu dalam organisasi wajib dibuat sistem yang mengatur pembagian wewenang untuk otorisasi atas dilaksanakannya setiap transaksi.
Praktik yang sehat dalam melakukan tugas dan fungsi masing-masing unit organisasi, pembagian wewenang tanggung jawab fungsional dan sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang sudah ditentukan tidak akan terlaksan dengan baik apabila tidak dibuat cara-cara untuk menjamin praktik-praktik yang sehat dalam melaksanakannya. Berikut ini cara-cara yang bisa dipakai oleh perusahana dalam melakukan praktik yang sehat antara lain:
Pemakaian formulir bernomor urut cetak yang penggunaanya harus dipertanggung jawabkan oleh yang berwenang.
Memeriksa mendadak “suprised audit” dengan jadwal yang tidak teratur
Masing-masing transaksi tidak dalam dilakukan dari awal sampai akhir oleh satu orang atau satu unit organisasi, tanpa ada campur tangan dari orang atau unit organisasi lain.
Perputaran jabatan “job diskription” yang dilakukan dengan rutin yang akan menghindarkan dari persekongkolan para pejabat dalam melakukan tugasnya.
Kewajiban mengambil cuti untuk karyawan yang berhak.
Secara teratur mengadakan pencocokan fisik kekayaan dengan catatannya untuk menjaga kekayaan organisasi dan mengecek ketelitian dan keandalan catatan akuntansi.
Membentuk unit organisasi yang berfungsi untuk mengecek efektivitas unsur-unsur sistem pengendalian intern yang lain.
Karyawan yang berbutu sesuai dengan tanggung jawabnya. Untuk memperoleh karyawan yang kompeten dan bisa dipercaya ada beberapa cara yang harus ditempuh oleh perusahaan, yaitu:
Menyeleksi calon karyawan menurut persyaratan yang dituntut oleh pekerjaannya.
Mengembangkan pendidikan karyawan selam menjadi karyawan perusahaan, sesuai dengan tuntutan perkembangan pekerjaannya.
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
Manajemen Pendidikan : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan,… Manajemen Pendidikan : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup -Apa itu Manajemen Pendidikan ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas pengertian manajemen pendidikan dan unsur -unsur lain yang melingkupinya.Mari…
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
√ Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator… Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator & Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Komitmen Organisasi. Yang meliputi pengertian pengertian komitmen organisasi, manfaat komitmen organisasi, bentuk komitmen organisasi,…
43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata kepemimpinan, didalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa segala sesuatu ada hubungannya…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
√ 9 Pengertian Organisasi Internasional, Macam, Tujuan &… 9 Pengertian Organisasi Internasional, Macam, Tujuan & Contohnya - Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang Organisasi Internasional. Pembahasan meliputi pengertian, macam-macam organisasi internasional, tujuan dan contoh dari Ogranisasi Internasional.…
Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan… Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan Metodologi Penelitian Psikologi - Apakah itu ruang lingkup psikologi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Psikologi dan hal yang melingkupinya.Mari kita…
√ 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para… 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pembahasan ini adalah definisi berdasarkan para ahli yang…
Alat Optik : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagian Bagiannya Alat Optik : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagian Bagiannya - Apakah itu alat optik dan apa saja jenisnya? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang…
√ Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan… Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan Cara Menumbuhkannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang harga diri. Yang meliputi pengertian harga diri, pentingnya harga diri, aspek dan…
Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi,… Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Tugas dan Ruang Lingkup - Bagaimanakah Administrasi Pendidikan itu ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu administrasi pendidikan dan unsur -unsur lain…
Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…
ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat,… ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Contoh Dan Kelebihannya - Apakah itu ERP ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
Rumus Daya : Pengertian dan Contoh Soal Rumus Daya : Pengertian dan Contoh Soal - Bagaimana Rumus untuk menghitung daya sebuah energi listrik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Rumus Daya dan contoh soalnya.Mari kita simak bersama pembahasannya…
√ Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas Manajemen Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, cara dan…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
√ 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komitmen organisasi. Yang mana penjelasan disini adalah berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing yang…
√ 41 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 41 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Puisi merupakan sebuah sastra yang indah. Bagi seseorang yang suka akan puisi, puisi bisa memberikan kenyamanan tersendiri baginya. Puisi juga bisa digunakan…
√ Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan… Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen kepegawaian. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen kepegawaian, tujuan, fungsi, manfaat, ruang lingkup manajemen…
Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya - Apa sajakah jenis jenis dari surat dinas itu?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
√ Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya… Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen organisasi. Yang meliputi pengertian manajemen organisasi, Tujuan, Fungsi yang dibahas dengan lengkap dan ringan.…
Energi Alternatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri,… Energi Alternatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Manfaat, Syarat Dan Jenisnya - Apakah itu energi alternatif?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
√ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya…
√ 10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe,… 10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe, Unsur, Teori dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang budaya organisasi. Pembahasan yang meliputi pengertian budaya organisasi menurut para ahli,…
Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen,… Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Ciri, Jurusan, Contoh - Apakah yang di maksud dengan Sistem Informasi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Sistem Informasi…
Ergonomi Adalah : Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Ruang… Ergonomi Adalah : Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Ruang Lingkupnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ergonomi. Yang meliputi pengertian ergonomi, tujuan, manfaat, prinsip dan ruang lingkup yang…
√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…
√ 23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli (Bahas… 23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perpustaan. Penjelasan pengertian perpustaan berdasarkan pendapat para ahli terlengkap. 23 Pengertian Perpustakaan Menurut Para…