26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Istilah pemerintahan tentu sudah tak asing lagi ditelinga. Apa itu pemerintahan?. Kali ini kita akan bahas mengenai arti dari istilah pemerintahan. Pemerintahan dalam pengertian yang sempit ialah segala aktivitas, tugas, fungsi, dan kewajiban yang dijalankan oleh lembaga yang berwenang serta mengelola dan mengatur jalannya sistem pemerintahan negara untuk mencapai tujuan negara.

Sedangkan dalam arti yang luas, pemerintahan merupakan sebuah bentuk organisasi yang  tugasnya menjalankan suatu sistem pemerintahan  dan segala bentuk aktivitas yang terorganisasi  & terstruktur dengan baik berlandaskan pada dasar negara, rakyat dan wilayah negaranya dalam mencapai tujuan sebuah negara. Adapun struktur pemerintah terdiri dari badan eksekutif, legislatif dan yudikatif.

26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Pemerintahan sendiri mencakup atas seluruh pengertian struktur serta mekanisme kekuasaan dalam sebuah negara. Selain pengertian tersebut, bisa kita pahami lagi berbagai pendapat yang telah dikemukakan oleh para ahlinya di bidang pemerintahan.

Pengertian Pemerintahan

Berikut ini akan dijelaskan oleh beberapa ahli tentang pengertian dari “pemerintahan”.

1. C.F. Strong

Ia Menjelaskan pengertian pemerintahan dalam arti luas yaitu sebagai aktivitas badan-badan publik yang terdiri atas kegiatan-kegiatan eksekutif, legislatif serta kegiatan yuridis dalam upaya agar dapat mencapai tujuan sebuah negara. Beliau juga menjelaskan pengertian dari pemerintahan dalam arti yang sempit, yang beliau mengungkapkan bahwa pemerintahan yaitu segala bentuk dari kegiatan badan publik dan hanya terdiri atas badan eksekutif.

2. S. T. Simorangkir

Ia berpendapat bahwa pemerintahan merupakan sebagai alat negara yang menjalankan tugas dan fungsi dari pemerintah.

3. A. Brasz

Menurut pendapat dari beliau yang menjelaskan bahwa Pemerintahan yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana cara lembaga umum disusun & di fungsikan dengan baik secara ekstern sera intern terhadap warga negaranya.

4. W.S. Sayre

Ia menjelaskan bahwa pemerintahan yaitu sebuah organisasi dalam suatu negara yang menjalankan kekuasaannya.

5. Rosenal

Disini rosenal menjelaskan bahwa Pemerintahan yaitu sebuah ilmu yang mempelajari cara petunjuk kerja ekstern dan intern struktur dan proses dari pemerintahan secara global.

6. Mac Iver

Menurut pendapat dari mac iver disini la menjelaskan bahwa pengertian dari Pemerintahan yaitu suatu ilmu mengenai cara bagaimana orang-orang dapat diperintah.

7. Haryanto, dkk

Menurut pendapay dari haryanto dan kawan-kwan yang mana mereka menjelaskan bahwa pemerintahan secara fungsional yaitu sistem struktur dan organisasi dari berbagai macam fungsi yang dijalankan atas dasar tertentu guna mencapai tujuan dari sebuah negara.

8. Kusnardi

Beliau penjabarkan bahwa pengertian dari pemerintahan merupajkan sebagai urusan-urusan yang dilakukan dari suatu negara untuk menyelenggarakan kesejahteraan rakyat atau warganya serta kepentingan rakyatnya, menjalankan dan juga melaksanakan tugas eksekutif, lehislatif dan yudikatif.

9. Syafie Inu Kencana

Disini Syafie Inu Kencana berpendapat bahwa Pemerintahan yaitu sebuah ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara untuk melaksanakan pengurusan badan eksekutif, serta pengaturan badan llegistlatif, kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan baik pusat dengan daerahnya maupun rakyat dengan pemerintahnya dalam segala peristiwa dan gejala pemerintahan.

10. Utrech

Disini Utrech membagi pengertian dari pemerintahan ini menjadi tiga (3) bentuk, yaitu

  • Pemerintahan sebgai gabungan dari semua badan kenegaraan yang berkuasa memerintah.
  • Pemerintahan sebagai gabungan badan-badan kenegaraaan tertinggi yang berkuasa untuk memerintah disuatu negara.
  • Pemerintahan dalam arti kepada negara yang mana bersama dengan kabinetnya.

11. Woodrow Wilson

Menurut pendapat dari Woodrow Wilson yang menjelaskan bahwa Pemerintahan yaitu suatu pengorganisasian kekuatan, yang mana tidak selalu dengan organisasi kekuatan angkatan bersenjata, tetapi dua atau sekelompok orang dari sekian banyak kelompok orang dipersiapkan oleh suatu organisasi agar dapat mewujudkan maksud-maksud bersama mereka, dengan hal-hal yang memberikan keterangan untuk urusan umum kemasyarakatan.

12. W. S. Sayre

Menurutpendapatnya Pemerintah yaitu sebagai organisasi yang terdapat dalam sebuah negara yang memperlihatkan serta menjalankan kekuasaannya

13. Robert Mac Iver

Disini Robert Mac Iver menyampaikan pendapatnya bawha Pemerintah yaitu suatu organisasi dari orang-orang yang memiliki kekuasaan, bagaimana manusia tersebut dapat diperintah.

14. Samuel Edwar

Menurut pendapat dari Samuel Edwar yang menjelaskan bahwa Pemerintah disini harus mempunyai kegiatan terus-menerus, negara tempat kegiatan itu berlangsung, pejabat yang memerintah dan cara, metode juga sistem oleh pemerintah kepada masyarakat.

15. Apter

Disini apter menyampaikan pendapatnya bahwa Pemerintah yaitu suatu anggota yang paling umum sarta mempunyai tanggung jawab tertentu guna mempertahankan sistem yang mencakupnya itu merupakan bagian dan monopoli praktis tentang kekuasaan paksaaan.

16. D. G. A. Van Poelje

Ia menyatakan bahwa Pemerintahan ini mengajarkan bagaimana dinas umum dapay disusun serta dipimpin dengan sebaik-baiknya.

17. U. Rosenthal

Ia menjelaskan bahwa pengertian dari Pemerintahan yaitu ilmu yang menggeluti studi menganai penunjukkan cara kerja ke dalam dan keluar struktur serta proses pemerintahan umum.

18. Taliziduhu Ndraha

Pemerintahan menurut pendapat dari Taliziduhu Ndraha yaitu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi serta melindungi kebutuhan dan tuntutan tiap orang akan jasa publik serta layanan sipil yang terdapat dalam hubungan pemerintahan ketika sedang dibutuhkan oleh yang bersangkutan.

19. Musanaf

Beliau mengemukakan bawha definisi dari Pemerintahan yaitu suatu ilmu yang bisa untuk menguasai serta  memimpin dan menyelidiki unsur-unsur dinas, yang ada hubungan dengan keserasian ke dalam dan hubungan antara dinas-dinas tersebut dengan masyarakat yang kepentingannya diwakili oleh dinas tersebut.

9 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli Lengkap

20. Merriam (1957:31):

Menurut pendapat dari merriam yang menjelaskan bahwa Tujuan dari pemerintah sendiri terdiri atas external security, internal order, justice, general welfare dan freedom.

21. Syafiie (2011:23):

Menurut pendapat dari syafiie bahwa Ilmu pemerintahan yaitu sebuat ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara melaksanakan pengurusan (eksekutif), pengaturan (legislatif), kepemimpinan serta koordinasi dari pemerintahan (baik pusat dengan daerah, atau dari rakyat dengan pemerintahnya) dalam berbagai peristiwa serta gejala pemerintahan, secara baik dan benar.

22. J. S. T. Simorangkir

Ia menyatakan bahwa Pengertian dari pemerintahan yairu sebagai alat negara yang menjalankan tugas serta fungsi dari pemerintah.

23. Ramlan Surbakti (1992, 168)

Disini Ramlan Surbakti menjelaskan mehgenai istilah pemerintah dan pemerintahan yang mana memiliki arti yang berbeda. Dimana Pemerintahan sendirt menyangkut tugas serta kewenangan, sedangkan pemerintah sediri yaitu aparat yang menyelenggarakan tugas serta kewenangan negara.

24. Soewargono ( 1995 : 1 )

Beliau menjelaskan bawha Ilmu pemerintahan sendiri masih sering dianggap sebagai ilmu yang kurang jelas sosoknya. Pemerintahan dalam bahasa inggeris disebut dengan government yang mana berasal dari bahasa latin gobernare, greek kybernan yang artinya mengemudikan, maupun mengendalikan.

25. Suradinata

Menurut pendapat dari suradinata yang mana disini beliau menjelaskan bahwa pengertian dari Pemerintah yaitu suatu yang mempunyai kekuatan yang paling besar dalam sebuah negara, yang tergolong dengan urusan publik, teritorial, serta dalam suatu urusan dominasi agar dapat menjangkau tujuan negara

26. H. Muhammad Rohidin Pranadjaja

Beliau menjelaskan bahwa Pemerintah merupakan berasal dari kata perintah, yang mana mempunyai makna kata-kata yang tujuannya untuk mengajak melakukan sesuatu kegiatan, atau lebih simpelnya sesuatu yang mesti dilakukan. Pemerintah yaitu sekumpulan  orang-orang, badan maupun aparat dihapus serta yang memberi perintah.

Demikian pembahasan mengenai 26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat memberi manfaat. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi