Home » √ Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya
√ Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya
Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen kepegawaian. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen kepegawaian, tujuan, fungsi, manfaat, ruang lingkup manajemen kepegawaian yang dibawakan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli
Manajemen kepegawaian adalah suatu proses pengolahan pegawai atau karyawan mulai dari perekrutan atau rekruitmen sampai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) supaya pegawai memberikan andil besar dalam lembaga dalam mencapai tujuan individu, lembaga dan masyarakat.
Sedangkan pengertian Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yaitu sebuah sistem informasi manajemen yang fungsinya mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian dari suatu instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaan/organisasi.
Selain pengertian diatas, berikut kami sertakan beberapa pengertian manajemen kepegawaian menurut para ahli.
M. Manullang (2008:11)
Pengertian manajemen kepegawaian menurut M. Manullang adalah seni dan ilmu perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja untuk tercapainya tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan adanya kepuasan hati pada diri para pegawai. Bisa juga manajemen kepegawaian yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang cara bagaimana memberikan fasilitas agar bisa mengembangkan kemampuan dan juga rasa partisipasi pegawai dalam satu kesatuan tindakan demi tercapainya tujuan tertentu.
Musanef (2002:14)
Pengertian manajemen kepegawaian menurut Musanef adalah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang secara garis besar telah ditentukan oleh administrator dengan menitik beratkan pada usaha-usaha.
Handoko (2000:24)
Pengertian manajemen kepegawaian menurut Handoko adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan pembinaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan baik tujuan-tujuan individu ataupun organisasi.
Drs. F.X Soedjadi, M.P.A
Pengertian manajemen kepegawaian menurut Drs.F.X.Soedjadi, M.P.A adalah proses aktivitas yang harus dikerjakan setiap pimpinan supaya dapat tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat, dan fungsi organisasi dan juga sifat dan hakikat dari anggotanya.
Tujuan Manajemen Kepegawaian
Tujuan dari manajemen kepegawaian adalah untuk meraih tujuan organisasi atau badan usaha yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan itu bisa berupa hasil, produk ataupun produksi. Karena itu, tujuan tersebut bisa juga disebut dengan tujuan yang berorientasi kepada hasil atau production oriented.
Aktivitas didalam manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut:
Pengadaan atau penerimaan sumber daya manusia, proses rekruitmen dan seleksi, orientasi atau trainning dan penempatan pegawai.
Mengembangkan sumber daya manusia, kesejahteraan pegawai, konseling, pelatihan dan pendidikan, mutasi, rotasi, promosi, pemindahan, pelibatan didalam aktivitas dan lain sebagainya.
Pemanfaatan pegawai, motivasi, pemberhentian dan juga pemensiunan.Sistem informasi manajemen kepegawaian diterapkan bertujuan untuk mewujudkan suatu sistem informasi manajeman yang mempunyai integritas didalam jaringan komputer yang dapat menghasilkan informasi berkualitas untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian pada lingkungan instansi atau perusahaan.
Fungsi Sistem Informasi Manajamen Kepegawaian
Adapun fungsi sistem informasi manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut:
Untuk meningkatkan aksessibilitas data yang disajikan dengan tepat waktu dan akurat
Untuk menyediakan informasi pegawai yang cermat guna keperluan perencanaa, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai
Untuk menghasilkan data pegawai yang terbaru dan terintegrasi
Adanya jaminan kualitas dan keterampilan dari sumber daya manusia
Memperlancar pekerjaan di bidang kepegawaian, paling penting dalam membuat laporan
Proses perencanaan yang efektif perlu dikembangkan
Menjadikan lebih bagus produktivitas sumber daya manusia didalam perusahaan
Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
Manfaat dari sistem informasi manajemen kepegawaian adalah sebagai berikut:
Memperoleh informasi pegawai dengan cepat dan terkini
Memudahkan pembuatan laporan
Mengetahui pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan memperoleh kenaikan gaji berkala
Menjadikan mudah pekerjaan yang berkaitan dengan kepegawaian semisal angka kredit pegawai
Menjadikan mudah memantau pembagian cuti
Menjadikan mudah pengelolaan beban kerja untuk pegawai
Menjadikan mudah presensi dan pemberian upah pegawai
Menjadikan mudah perekrutan pegawai
Bisa membuat rencana penyebaran pegawai yang sesuai dengan pendidikan dan kompetensinya
Bisa membuat rencana kebutuhan pegawai
Ruang Lingkup Manajemen Kepegawaian
Menurut Poniran (2011) memberikan penjelasan bahwa manajemen kepegawaian terdapat beberapa kegiatan atau lingkun prosesnya, yang antara lain:
Perencanaan
Perencanaan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk menyusun dan menetapkan formasi pegawai.
Pengadaan
Pengadaan ialah aktivitas untuk mengisi formasi yang kosong yang dilaksanakan dimulai dari perencanan, pengumuman, pelamaran, penyarian, pengangkatan sampai dengan pengangkatan menjadi pegawai.
Pengembangan Kualiatas
Pada tahap ini dilaksanakan dengen memberikan pelatihan dan pendidikan untuk pegawai. Hal ini dilaksanakan untuk menunjang dan meningkatkan kredibilitas para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat.
Penempatan
Apabila telah mendapatkan bimbingan teknis dan fungsi tugas maka akan dilakukan penempatan kepada para pegawai yang sudah dipilih dengan keahlian dan kriteria masing-masing anggota supaya tugas dan fungsi yang kemudian diberikan dapat berjalan dengan baik.
Promosi
Promosi jabatan dilakukan untuk menghargai pengorbanan dan pengabdian pegawai selama ia bekerja.
Penggajian
Gaji bersifat hak pegawai dan merupakan balas jasa atas hasil kerja, maka gaji pegawai ditetapkan berdasarkan atas pekerjaan dan besarnya tanggung jawab dan juga tidak melupakan aspek kelayakan untuk hidup
Kesejahteraan
Kesejahteraan diukur dipengaruhi oleh kebutuhan para pegawai yang berbeda-beda. Ini akan sulit untuk mengukur tingkat kesejahteran antara pegawai satu dengan pegawai yang lain.
Pemberhentian
Pemberhentian pegawai merupakan pemberhentian yang menyebabkan yang bersangkutan tidak lagi berkedudukan sebagai pegawai.
Pensiun
Pensiun yaitu hak kepegawaian yang diberikan kepada pegawai yang memenuhi syarat-syarat menurut perundang-undangan yang berlaku
√ Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat… Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat & Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Humas atau hubungan masyrakat. Yang meliputi pengertian humas, fungsi humas, tujuan humas, prinsip,…
√ 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli (Lengkap)- Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli. Manajemen pendidikan adalah salah satu cabang ilmu…
√ 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para… 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pembahasan ini adalah definisi berdasarkan para ahli yang…
√ Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan,… Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang audit manajemen. Yang meliputi pengertian audit manajemen, tujuan audit manajemen, tahapan audit manajemen, ruang…
Verba (Kata Kerja) : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Verba (Kata Kerja) : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kalimat Verba atau kata kerja. Yang meliputi pengertian kalimat verba (kata kerja),…
√ 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli… 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang hubungan Internasional. Hubungan Internasional adalah sebuah hubungan antarbangsa atau sebuah interaksi manusia-manusia…
Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Kali ini mari kita membahas tentang Lembaga sosial. Mungkin dari kalian sudah sering mendengar apa itu lembaga sosial. Namun masih banyak dari…
Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara… Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Perawatan Mikroskop - Seberapa dekatkah dirimu mengenali bentuk dan fungsi dari Mikroskop ?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Mikroskop…
√ Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Tujuan,… Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Tujuan, Aspek, Faktor dan Prinsipnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kesehatan dan keselamatan kerja atau K3. Yang meliputi pengertian kesehatan dan…
√ Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan… Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan Cara Menumbuhkannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang harga diri. Yang meliputi pengertian harga diri, pentingnya harga diri, aspek dan…
Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan… Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text - Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas…
√ Pengertian Akuntansi Keperilakuan, Manfaat, Aspek, Ruang… Pengertian Akuntansi Keperilakuan, Manfaat, Aspek, Ruang Lingkup dan Masalahnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang akuntansi keperilakuan. Yang meliputi pengertian akuntansi keperilakuan, manfaat akuntansi keperilakuan, aspek akuntansi keperilakuan,…
Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Admisitrasi Perkantoran. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian administrasi perkantoran, fungsi, tujuan…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
√ 25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan… 25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang arsitektur. Dimana yang akan kami berikan ini adalah pengertian arsitektur dengan pandangan ahli yang…
√ Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor &… Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor & Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang lingkungan kerja. Yang meliputi pengertian lingkungan kerja, jenis lingkungan kerja, dan manfaat lingkungan kerja…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
√ Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip &… Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Prosesnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kinerja. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, prinsip dasar dan proses manajemen kinerja dengan…
√ 21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli Terlengkap 21 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli Terlengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kompensasi. Pengertian kompensasi yang didasarkan pada pendapat para ahli yang telah disusun lengkap dan…
√ 8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri,… 8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Manajemen Operasional. Pembahasan yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, ruang lingkup…
Pengertian Prakarya, Kerajinan, Budidaya dan Pengolahan Pengertian Prakarya, Kerajinan, Budidaya dan Pengolahan – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membaha tentang Pengertian Prakarya. Yang man dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian prakarya, pengertian kerajinan, pengertian kewirausahaan,…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
√ Pengertian Kecelakaan Kerja, Jenis, Penyebab &… Pengertian Kecelakaan Kerja, Jenis, Penyebab & Pencegahannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kecelakaan kerja. Yang meliputi pengertian kecelakaan kerja, jenis-jenis kecelakaan kerja, penyebab kecelakaan kerja, dan pencegahan…
√ Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri, Ruang… Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri, Ruang Lingkup & Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Administrasi Negara. Yang meliputi pengertian administrasi negara, tujuan, ciri-ciri dan ruang lingkup administrasi…
√ 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Agribisnis. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para ahli dirangkum dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk…
√ 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori,… 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Kepuasan Kerja. Yang meliputi pengertian kepuasan kerja menurut beberapa ahli…
√ Pengertian Iklim Kerja, Dimensi dan Pengaruhnya… Pengertian Iklim Kerja, Dimensi dan Pengaruhnya (Terlengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Iklim Kerja. Yang meliputi pengertian, dimensi dan pengaruh iklim kerja dengan pembahasan lengkaap dan mudah…
√ Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri dan Bentuknya… Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri dan Bentuknya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Interaksi Sosial. Yang meliputi pengertian, syarat, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi dan bentuk interaksi dengan…
Sanitasi Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Manfaatnya Sanitasi Adalah : Pengertian,Tujuan,dan Manfaatnya – Pernah mendengar kata Sanitasi ? Pasti pernah kan? Disini kita akan membahas dengan rinci tentang Sanitasi untuk kamu yang belum tahu apa itu pengertiannya,…
√ Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas… Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Prinsip, Ruang Lingkup - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen keuangan. Yang meliputi pengertian manajemen keuangan, fungsi manajemen keuangan, tujuan, tugas…