Pengertian Sistem Operasi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Sistem Operasi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Pada sebuah komputer kita mengenal istilah perangkat lunak dan perangkat keras. Yang akan kita bahas ialah pengertian sistem operasi dan jenis-jenisnya yang merupakan salah satu dari perangkat lunak atau software. Berikut penjelasannya.

Pengertian Sistem Operasi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian sistem operasi terlebih dahulu.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi atau operating system atau juga disengkat dengan OS yakni sekumpulan dari beberapa program pengendalian komputer yang mana sudah dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk serta cara kerja dari hardware (perangkat keras) yang mereka miliki. OS ini juga dipakau untuk mengatur semua program yang terdapat pada komputer serta memiliki fungsi untuk mengontrol penyimpanan data dan juga mengatur seluruh program kerja dari hardware. Tanpa adanya sistem operasi ini, maka disini komputer nantinya tidak akan dapat dipakau sebab OS ini lah yang merupakan tempat untuk menyimpan program aplikasi.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Selain pengertian sistem operasi yang telah dijelaskan di atas, nah berikutnya adalah pengertian dari sistem operasi yang akan dijelaskan oleh para ahlinya.

1. Menurut Iim Rusyamsi

Pengertian sistem operasi menurut pendapatnya yaitu sebuah perangkat lunak (software) yang mana bisa melakukan tugas dengan mengontrol serta mengatur perangkat keras yang sekaligus menajdi operasi dasar sistem lainnya serta dapat untuk menjalankan program aplikasi.

2. Menurut M. Suyanto

Sistem operasi menurut pendapat dari suyanto yaitu suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen perangkat lunak maupun software yang berfungsi untuk mengontrol dari seluruh aktivitas yang telah dilakukan oleh komputer.

3. Menurut MCLEOD (PEARSON)

Sistem operasi yakni program komputer yang mana hal ini mengatur sumber daya perangkat keras serta perangkat lunak pada komputer kita

4. Menurut Wahana Komputer

Sistem operasi menutruat pendapat dari wahana komputer ialah software yang pada tahap pertama ini dimasukan pada sebuah memori komputer ketika komputer sedang dinyalakan

5. Menurut Fery Indayudha

Disini Fery Indayudha berpendapat bahwa sistem operasi yakni sebuah sistem yang mnana dibutuhkan supay abisa menjalankan semua palikasi program tau software yang terdapat pada komputer.

6. Sunarto

Menurut pendapat dari Sunarto yaitu Sistem operasi merupakan software yang bisa digunakan unutk berkomunikasi langsung dengan hardware.

7. Mc Leod

Disini Mc Leot berpendapat bahwa Sistem Operasi ialah program komputer yang mana memiliki untuk mengendalikan sumber daya hardware dan juga software yang ada pada komputer.

8. Ali Zaki

Disini Ali Zaki juga berpendapat bahwa Sistem operasi diartiken sebagai software atau perangkat lunak yang mana dapat digunakan untuk mengoperasikan komputer.

9. Haer Talib

Pengertian sistem operasi menurue pendapat dari Hear Talib ialah program utama yang mana secara langsung berinteraksi ldengan melalui bahasa yang dapat dikenal oleh mesin komputer yaitu bahasa komputer.

10. Zainal Abidin

Zainal Abidin disini menjelaskan pendapatnya bahwa sistem operasi yakni program pertama komputer yang mana terdapat pada sebuah komputer.

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Ada beberapa Macam OS yang mana sering kita temukan di pasaran. diantaranya yaitu sebagai berikut:

Sistem Operasi Microsoft Windows

Sistem operasi Microsoft Windows ini merupakan sistem operasi yang telah sangat mendunia serta hampir dari serluruh komputer mempunyai program dari aplikasi ini. Sistem operasi yang satu ini mempunyai sifat multitasking dan juga multiuser. Sehingga sistemoperasi yang satu banyak yang memakai dan juga digemari oleh para pengguna komputer.

Sistem Operasi MS-DOS

Sistem operasi yang satu ini sendiri dikembangkan pada tahun 1981 oleh Bill Gates dan Paul Allen. Sistem operasi ini memang masih kurang dikenal sehingga sistem operasi ini kurang populer, akan tetapai masih sistem operasini dapat kita temukan pada suatu sistem operasi Microsoft Windows. MS-DOS ini sendiri memiliki single tasking. Untuk Microsoft Windows XP, MS-DOS memakai versi 5.1.2600.

Sistem Operasi UNIX

Sistem operasi UNIX merupakan sistem operasai yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan AT dan T Bell Laboratories. Sistem operasi UNIX ini sendiri dipakai untuk menjalankan jaringan pada sebuah komputer. Pada awalnya UNIX ini yakni sistem operasi yang termasuk dalam jenis Command line interface. Akan tetapi pada kenyataannya sistem operasi yang satu ini menyulitkan para user baru. Dan untuk memudahkan user, UNIX juga menyediakan versi Graphical User Interface.

Sistem Operasi LINUX

Sistem operasi selanjutnya ini bernama LINUX yang merupakan pengembangan dari UNIX. Awal mulanya, sistem operasi LINUX ini dibuat oleh Linus Torvalds, yang merupakan seorang mahasiswa dari Finlandia. LINUX ini dibuat pada tahun 1991 yang selanjutnya LINUX ini dikembangkan lagi oleh programmer-programmer yang ada di dunia.

Sistem Operasi Mac OS

Macintosh Operating System atau lebih singkatnya disebut juga dengan Mac OS yang mana sistem operasi ini yaitu sistem operasi yang berbasis GUI yang mana dirilis oleh oleh perusahaan Apple Computer yaitu pada tahun 1984. Pada saat itu, teknologi Mac OS ini dianggap paling terdepan dan paling maju. Akan tetapi tidak bisa dipertahankan sampai saat ini. Mac OS sendiri masih kalah saing dengan operasi sistem Microsoft Windows.

Fungsi Sistem Operasi

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari sistem operasi diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mengatur perangkat keras pada komputer
  • Mampu untuk menjalakan perintah dasar pada komputer
  • Untuk mengatur serta untuk mengorganisir berbagai macam Aplikasi
  • Untuk menterjemahkan bahasa Program untuk ke dalam antar muka (Graphic user interface/GUI)
  • Untuk mengoptimalkan perangkat komputer

Pengertian Sistem Operasi Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Komponen Utama Sistem Operasi

Selain fungsinya selanjutnya ini merupakan beberapa komponen utama yang terdapat pada  sistem operasi komputer diantaranya yaitu:

  • Kernel sendiri yaitu bagian utama perangkat lunak yang termasuk dlam sistem operasi komuter. Kernel ini sendiri memiliki tugas untuk membuat komunikasi serta mediator dari perangkat keras dengan mengggunakan aplikasi
  • File yang merupakan data atau berkas yang mana dibentuk serta dijalankan oleh sistem operasi
  • User Interface sendiri yaitu sebuah tampilan grafis yang mana menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, yang nantinya komputer ini bisa digunakan

Tujuan Sistem Operasi

Secara umum tujuan adanya sistem operasi ini yaitu untuk mengontrol, serta mengeksekusi program-program pada aplikasi. Tak hanya itu juga sistem operasi juga memiliki tujuan lian diantaranya yaitu:

  • Untuk Mengelola sumberdaya sistem komuter supaya bisa berjalan menjadi lebih efisien
  • Untuk membuat komputer agar menjadi lebih mudah untuk digunakan oleh pengguna
  • Memungkinkan untuk dikembangkan supaya menjadi lebih efektif dan juga efisien tanpa dengan adanya yang mengganggu pada layanan yang telah ada.

Secara lebih luasnya sitem operasi ini bertujuan untuk menempatkan berbabagai macam sumber daya dengan cara yeng lebih efisien yang mana hal ini dapat memanaje semua sumberdaya serta dapat menangani berbagai macam konflik permintaan atau sebuah insruksi.

Demikianlah ulasan singkat kita kali ini mengenai Pengertian Sistem Operasi dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂