Hardware adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Hardware adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang hardware. Penjelasan yang meliputi pengertian hardware, jenis hardwarae, fungsi hardware dan contoh harware yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dimengerti. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Hardware sering disebut dalam perangkat komputer, karena didalam komputer terdiri dari hardware dan software. Untuk yang sudah mengetahui komputer atau laptop, tentu sudah mengerti apa itu hardware dan contoh yang dapat dilihat secara langsung. Tetapi bagi orang awam pasti tidak tahu dan bingung ketika ditanya tentang hardware. Baiklah tanpa menunggu lama bacalah penjelasan dibawah ini.

Hardware adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Mari kita simak bersama penjelasan mengenai hardware dibawah ini.

Pengertian Hardware

Hardware adalah suatu kumpulan komponen fisik yang yang tersusun pada perangkat komputer. Atau dengan bahasa lain hardware yaitu suatu komponen pada komputer atau elektronik yang memiliki bentuk fisik, yang bisa dipegang, serta berkaitan dengan sistem komputer.

Secara garis bessar ha yaitu input hardware, process hardware, output hardware. Hardware adalah komponen yang saling berkaitan dengan sofware dan brainware pada komputer.

Jika tidak ada hardware, maka tidak ada pula komputer. Agar computer bisa digunakan dengan normal, maka antara hardware, sotware dan brainware harus ada. Sebab apabila salah satu komponen ini tidak ada, maka sebuah perangkat komputer tidak dapat untuk digunakan.

Contohnya yaitu jika suatu komputer tidak ada monitornya maka tidak dapat menampilkan visual dari proses yang diperintahkan. Dan sebaliknya jika semua sudah ada namiun sistem atau software belum di instal pada komputer, maka komputer tidak akan bisa bekerja.

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengamati penjelasan hardware yang merupakan hasil pemikiran dari para ahli ini.

1. James O’Brien

Pengertian hardware menurut James O’ Brien yaitu semua perlatan fisik yang berfungsi dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain sebagainya. Perangkat keras adalah suatu media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan dapat memproses paket data sehingga transmisi data menjadi lebih efektif.

Baca Juga:  Pro dan Kontra Mengonversi Pdf ke Word

2. Rainer

Pengertian hardware menurut Rainer yaitu suatu perangkat komputer yang berbentuk fisik contohnya yaitu processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware berguna untuk meneria suatu data maupun informasi, memproses dan menampilkan suatu informasi dalam bentuk mentah menjadi informasi yang baru dan berguna.

3. R. Wilman dan Riyan

Pengertian hardware menurut R. Wilman dan Riyan yaitu serangkaian kompone elektronik yang tercompatch dalam ponsel yang berfumgsi terkait dengan komponen-komponen menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

4. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Pengertian hardware menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto yaitu suatu komponen komputer yang bisa untuk dirasakan secara fisik serata bisa diraba dan dilihat dengan kasat mana.

5. Joko Untoro

Pengertian hardware menurut Joko Untoro yaitu suatu perangkat fisik yang berupa komputer beserta segala komponen pendukung didalamnya.

Cara Kerja Hardware

Hardware ini bisa berkerja sesusai denga perintah yang telah di tentukan padanya, atau istilah ini disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya suatau perintah yang bisa untuk dimengerti oleh hardware ini, maka hardware bisa melakukan berbagai kegiatan yang sudah ditentukan oleh pemberi perintah.

Fungsi Hardware

Fungsi dari hardware yaitu memudahkan pengguna komputer dalam bekerja atau dengan adanya hardware yang lengkap maka suatu sistem dalam komputer dapat berjalan dengan baik. Fungsinya yaitu sesuai dengan jenis harware yang ada. Maka untuk itu dibawah ini akan menjelaskan contoh-contoh dari hardware dan fungsinya masing-masing.

Jenis-jenis Hardware

Hardware terbagi atas 3 jenis yang dapat kalian lihat dibawah ini:

Hardware Input (Input Device)

Harware input atau disebut input device adalah salah satu perangkat yang berguna untuk memasukkan data ke dalam komputer lalu data tersebut masuk ke dalam tahap pengolahan atau sebuah proses. Ada banyak jenis perangkat yang digunakan untuk mengiput serta mengontrol suatu komputer. Contoh dari hardware input yaitu : Mouse, Keyboard, scanner, mouse pen, disk drive, joystick,tracball

Hardware Process (Process Device)

Process device atau perangkat pemrosesan merupakan suatu perangkat yang berguna untuk memproses dan mengolah data-data pada komputer. Perangkat ini juga bisa disebut dengan sebagai otak dalam sebuah komputer, sebab perangkat ini merupakan hal yang penting dalam melakukan proses terhadap data yang di input atau dimasukkan. Contoh dari Hardware Process yaitu seperti CPU, VGA, Ram dan lain sebagainya.

Output Device (Hardware Output)

Hardware output yaitu salah satu perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dan menampilkan suatu informasi hasi dari inputan data dari harware input yang telah melewati pemrosesan oleh hardware proses. Contoh dari output device yaitu : Monitor, speakser dan printer.

Baca Juga:  Rumus Jarak Tempuh : Pengertian, Kecepatan Rata Rata, Pengukuran Waktu dan Contoh Soal

Tak hanya yang telah disebutkan di atas, sebenarnya terdapat perangkat hardware lain yang bisa membantu dalam pengoperasian sebuah komputer. Seperti Periferal (Perangkat Tambahan). Perangkat tambahan yaitu perangkat yang berguna untuk membantu komputer untuk menjalan intruksi atau perintah dari pengguna.

Contohnya yaitu seperti modem, modem merupakan jenis hardware yang berfungsi untuk komunikasi dengan jaringan internet. Modem bisa menghubungkan suatu komputer dengan jaringan internet yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Tak hanya modem ada juga Storage (Perangkat penyimpanan). Perangkat penyimpanan ini adalah hardisk. Hardisk ini terpasang didalam komputer dan dan fungsinya yaitu untuk menyimpan berkas atau file-file dalam sebuah komputer.

Ciri – Ciri Hardware

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari hardaware yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat dilihat kasat mata
  2. Dapat disentuh dengan tangan
  3. Mempunyai bentuk fisik
  4. Bersifat keras
  5. Terdapat pada bagian luar sebuah komputer
  6. Media penengah atau penyambung antara user dengan software

Pengertian Hardware, Fungsi Hardware, Jenis Dan Contoh Hardware

Contoh Hardware dan Fungsinya

  • Casing: untuk melindungi bagian dalam pada komputer (motherboard)
  • Powes Supply: Sebagai penyedia daya untuk digunakan pada motherboard
  • Motherboard : Sebagai papan sirkuit utama yang berguna untuk penghubung komponen harware lainnya.
  • Processor: Pemroses data/otak dari komputer
  • RAM: Tempat untuk menyimpan data yang dibutuhkan CPU secara acak dan sementara. Data akan hilang jika komputer dimatikan
  • ROM: Memori dalam komputer yang berguna dalam menyimpan data lebih lama dibandingkan dengan RAM. ROM ini berhubungan dengan BIOS komputer
  • Hard Disk Drive: Perangkat penyimpan data pada komputer
  • DVD/ CD ROOM: Membaca dan menulis data ke media CD/DVD
  • Keyboard: Papan Ketik
  • Mouse: Sebagai penunjuk
  • Webcam: Mengambil dan merekan gambar
  • Mikrofon: Mengambil suara
  • Scanner: Memindah berkas
  • Touchpad: Sama seperti mouse, tetapi adanya di laptop saja
  • Trakball: Sama halnya dengan mouse namun lebih mudah dalam menggunakannya
  • Monitor: Menampilkan visual dari komputer ke layar monitor
  • Speaker: Pengeras suara

Demikianlah telah dijelaskan tentang Hardware adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.