√ Pengertian Wawancara dan Tips Melakukan Wawancara (Lengkap)

Pengertian Wawancara dan Tips Melakukan Wawancara (Lengkap) – Didalam melamar suatu pekerjaan pastinya ada beberapa tes yang harus kita lalui atau kita ikuti dengan baik agar dapat lolos seleksi dan kemudian dapat mulai berkerja di perusahaan tersebut.

Seleksi yang di lakukan sangatlah ketat apa bila banyak pesaing yang memiliki daya atau ketahanan yang kuat. Tes yang di lakukan ada teks tertulis dan juga tes secara lisan, pada umumnya tes secara lisan itu menggunakan metode wawancara yang melibatkan orang perusahaan di dalamnya.

Pengertian Wawancara dan Tips Melakukan Wawancara (Lengkap)

Wawancara dapat berjalan baik dan cepat serta dapat menghasilkan apa yang di inginkan apabila telah di persiapkan sedemikian rupa dengan sangat baik. Untuk mengerti apa itu wawancara dan tipsnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Wawancara

Wawancara merupakan suatu cara yang di gunakan utnuk mengumpulkan informasi dengan cara menanyakan langsung kepada seseorang yang menjadi narasumber. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan di ajukan kepada sesi wawancara yang sebagiknya dapat atau telah di persiapkan terlebih dahulu dan kemudian di arahkan kepada informasi yang seharusnya di bahas menyangkut dengan topic atau temanya.

Tujuan dari melakukan wawancara adalah untuk dapat memberi fakta, opini, atau alasan dari sebuah topic yang di tentukan dengan cara mengguankan kata-kata dari si narasumber yang membuat para pembaca dapat membuat suatu kesimpulan akan ungkapan yang di berikan oleh narasumber.yang wajib di perhatikan sebelummelakukan wawancara adalah dengan menetapkan tujuannya, dapat menentukan seorang narasumber yang tepat, merumuskan apa saja pertanyaan-pertanyaannya, serta tidak ketinggalan membuat suatu kesepakatan waktu dan juga tempat untuk memulainya wawancara dengan narasumber yang ada.

Pengertian Wawancara Beserta Tips Melakukan Wawancara Lengkap

Tips Wawancara

Wawancara di lakukan haruslah memiliki beberapa tips agar wawancara tersebut menjadi baik dan berjalan lancar, berikut adalah tips untuk melakukan wawancara diantaranya:

  1. Siapkan sebuah daftar pertanyaan yang telah di buat sebelum melakukan acara wawancara.
  2. Ajukan suatu pertanyaan yang telah umum kemudian menuju ke yang khusus.
  3. Pergunakan bahasa Indonesia yang baik, efektif, dan komunikatif.
  4. Hindarilah pertanyaan yang dapat menyinggung perasaan dari narasumber.
  5. Bersikap yang wajar dan juga sopan.
  6. Ketika terjadi penyimpangan maka arahkan kembali pembicaraan menuju ke pokok persoalan semula.
  7. Setelah semuanya dan selesai melakukan wawancara maka laporan hasil harus segera di buat dengan kalimat efektif dan tidak di tambah oleh opini pribadi dari si pewawancara. Maka segala hal yang akan di dapatkan dari hasil wawancara tersebut dapat di laporkan dengan cara apa adanya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Wawancara dan Tips Melakukan Wawancara (Lengkap) yang di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Dengan menguasai dan mempersiapkan wawancara dengan baik dan benar maka akan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi