Cara Membuat Podcast: Panduan Langkah demi Langkah 2023

seputarpengetahuan.co.idCara Membuat Podcast – Jika Anda berpikir untuk membuat podcast, ide Anda memiliki banyak potensi. Statistik menunjukkan bahwa podcasting telah meroket dalam beberapa tahun terakhir. 75 juta orang di AS mendengarkan podcast pada tahun 2018.

Pada tahun 2024, jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai 164 juta. Anda dapat menemukan podcast di hampir semua topik, ceruk, dan industri yang dapat Anda pikirkan. Dan itulah keindahan podcasting. Ada tempat untuk semua orang di dunia podcasting.

Namun, mungkin tampak menakutkan untuk memulai. Jangan khawatir. Kami siap membantu. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan langkah demi langkah cara memulai podcast dan mengembangkannya dari waktu ke waktu.

13 Langkah Cara Membuat Podcast

Berikut adalah langkah demi langkah yang harus Anda tempuh untuk membuat podcast Anda menarik.

1. Pilih Tema Podcast

Cara membuat Podcast yang pertama adalah memilih tema. Podcast Anda harus fokus pada sesuatu yang sudah Anda sukai atau minati. Ini sangat penting karena Anda harus memilih episode yang ingin Anda rekam beberapa tahun dari sekarang (dengan asumsi berhasil!).

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk diri sendiri.

  • Apa tujuan saya membuat podcast ini?
  • Apa “alasan” saya? Mengapa saya melakukannya di tempat pertama?
  • Siapa audiens saya?
  • Apa “saus spesial” atau premis menarik yang membuat podcst saya menonjol?

Sangat penting untuk stress test ketika sebuah ide menyerang Anda. Cobalah dan pikirkan ide 20 episode, termasuk wawancara yang dapat Anda lakukan selama ini. Jika Anda tidak dapat langsung memikirkan 20, Anda mungkin akan kehabisan ide sebelum pertunjukan dimulai.

2. Tentukan Format Podcast

Selanjutnya Anda perlu mencari tahu jenis podcast apa yang ingin Anda ekspor dalam hal struktur dan aliran. Berikut beberapa contohnya.

  • Berita. Ini biasanya format yang cepat, cepat, dan mudah dicerna.
  • Naskah nonfiksi. Biasanya, ini berfokus pada satu topik utama untuk seluruh musim dan menyertakan podcast pendidikan.
  • Naskah novel. Ini seperti buku audio, tetapi dibagi menjadi beberapa episode dan musim.
  • Wawancara. Pembawa acara duduk bersama yang lain untuk menjambak rambut mereka dan mendapatkan wawasan.

Anda juga harus mempertimbangkan panjang dan frekuensi episode atau frekuensi posting.

3. Bangun Merek Podcast

Cara membuat Podcast yang ketiga adalah membangun brand. Seperti semua bisnis, merek membuat atau menghancurkan apakah mereka menarik perhatian orang atau membuat mereka melewati Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat merek podcast yang mematikan:

  • Nama podcast. Singkat, menarik, dan mudah diucapkan. Jatuhkan kata-kata yang tidak perlu seperti “podcast” atau “the” pada awalnya.
  • Deskripsi Podcast. Luangkan waktu untuk menggodanya. Tembak untuk 400-600 kata.
  • Seni sampul podcast. Buatlah eye-catching dan penuh warna. Jangan menggunakan terlalu banyak kata. Gunakan Canva atau pekerjakan desainer dari situs web pertunjukan lepas seperti Fiverr, Upwork, atau Guru.
  • Kategori podcast. Dari komedi hingga kejahatan nyata hingga politik hingga swadaya, kategori adalah cara utama untuk menemukan audiens Anda.

4. Dapatkan Peralatan Podcasting

Memiliki peralatan podcasting yang tepat bukan hanya bagus untuk dimiliki, tetapi juga suatu keharusan. Lagi pula, jika podcast tidak bagus, tidak ada yang akan mendengarkannya lama-lama. Berikut adalah daftar peralatan yang akan membantu Anda merekam podcast berkualitas tinggi.

  • USB atau mikrofon dinamis. Mikrofon USB seperti Blue Yeti adalah yang paling mudah digunakan. Jika Anda khawatir tentang kebisingan latar belakang yang mengganggu audio podcast Anda, Anda dapat merekam bersama atau mempertimbangkan mikrofon dinamis seperti Shure SM7B.
  • Filter pop. Filter pop mencegah bunyi klik dari mulut Anda saat berbicara di dekat mikrofon agar tidak terekam. Anda bisa mendapatkan satu untuk sekitar $10.
  • Dudukan mikrofon. Dudukan mikrofon memungkinkan perekaman podcast hands-free. Perangkat perekam podcast penting yang pas di meja kantor Anda. Anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan jarak dan ketinggian dari mulut Anda untuk bergerak saat podcasting.

5. Pilih Perangkat Lunak Perekaman Anda

Cara membuat Podcast yang selanjutnya adalah memilih software untuk merekam podscat Anda. Selain perangkat keras, Anda memerlukan perangkat lunak audio untuk merekam suara dari mikrofon Anda dan menyimpannya sebagai file MP3. Berikut ini beberapa opsi bagus.

  • Adobe Audition (Mac/PC, Rp. 300 ribuan/bulan). Jika Anda menginginkan kemampuan pengeditan audio penuh, Adobe menyediakannya di Audition.
  • GarageBand (Mac, gratis). GarageBand telah diinstal sebelumnya di MacBook Anda dan dapat merekam audio dari mikrofon podcast Anda.
  • Audacity (Mac/PC, Gratis). Audacity mudah digunakan dan alternatif yang bagus untuk perangkat lunak pengeditan podcast berbayar. Ada juga banyak tutorial online untuk membantu pemula memulai.

6. Gambaran Umum Episode Podcast Pertama

Konten yang bagus sangat penting untuk kesuksesan dalam podcasting. Ikhtisar adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda memberikan perhatian yang layak.

Pertama pertimbangkan tujuan atau poin dari episode tersebut, lalu kerjakan mundur. Anda memerlukan pengait atau penggoda untuk melibatkan pendengar Anda, pengantar tamu, intisari dengan pertanyaan tamu, transisi ke topik baru, dan penutup untuk menyelesaikan semuanya.

Jangan khawatir tentang menulis naskah yang lengkap kecuali kategorinya adalah bentuk naskah seperti fiksi atau nonfiksi.

7. Rekam Podcast

Sekarang adalah waktu ajaib! Berikut adalah beberapa tips untuk merekam episode pertama yang hebat.

  • Temukan tempat yang tenang tanpa banyak gema. Ini juga dapat dicegah dengan menggunakan selimut untuk menutupi lantai atau dinding kayu keras.
  • Pastikan komputer Anda disetel untuk menerima input audio dari mikrofon. Jika Anda memiliki mikrofon kondensor, jalankan phantom power.
  • Jangan merekam terlalu keras. Jika tidak, produk akhir dapat berubah. Uji pengukur desibel Anda sendiri dengan tertawa atau berbicara untuk memastikannya tetap kuning dan tidak berubah menjadi merah.
  • Buat file audio resolusi tinggi dalam format WAV atau AIFF. Kemungkinan besar akan mengonversi format file untuk dipublikasikan, tetapi ini akan memberi Anda kualitas audio terbaik.

8. Rekam Intro dan Outro

Intro dan outro akan memainkan awal dan akhir setiap episode, jadi pastikan Anda melakukannya dengan baik. Pastikan intro Anda menjelaskan siapa Anda, tentang apa podcast itu, dan mengapa mereka harus mendengarkan di samping Anda.

Seorang outro harus mengajak pendengar untuk bertindak atau meminta mereka melakukan sesuatu saat episode selesai. Ini dapat mencakup berlangganan Podcast Apple di Spotify, mengikuti Anda di Instagram, berkontribusi pada Patreon, atau mendaftar ke buletin kami. Batasi intro dan outro masing-masing maksimal 30 detik.

9. Pengeditan Podcast

Fase pengeditan menyatukan semuanya. Anda dapat mengintensifkan suara dengan menghilangkan “ums” dan “uhs”, menghilangkan celah suara, dan mengurangi dialog yang mungkin Anda temui.

Berikut adalah beberapa tips pengeditan tambahan.

  • Jangan membuat musik terlalu keras.
  • Jangan gunakan musik berhak cipta!
  • Gunakan pengurangan kebisingan, pemerataan dan kompresi
  • Menggunakan filter lolos tinggi untuk menghindari gemuruh yang tidak diinginkan.
  • Transisi ke klip audio lain menggunakan cross fading

Jika kurva belajar tampaknya terlalu berat bagi Anda, pertimbangkan untuk menyewa editor profesional dari situs seperti Fiverr, Upwork, atau Guru. Setelah selesai, tambahkan intro dan outro, masukkan iklan, dan Anda siap untuk debut.

10. Memutuskan Layanan Hosting Podcast

Kesalahpahaman umum tentang podcast adalah Anda dapat mengunggahnya langsung ke platform seperti Spotify, Stitcher, atau Apple Podcasts. Namun, kenyataannya sebelum mengirimkan file audio ke direktori podcast, file tersebut harus dihosting terlebih dahulu.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan platform hosting podcast seperti:

  • Buzzsprout
  • Podbean
  • Castbox

Setelah menghosting podcast Anda, kirimkan umpan RSS Anda untuk menempatkan episode Anda di platform podcast. Anda dapat melakukannya secara manual atau melalui dasbor penyedia hosting podcast.

11. Pilih Direktori Podcast

Tidak ada kekurangan direktori tempat Anda dapat membuat daftar podcast Anda. Kami mencantumkan yang paling populer di bawah ini, tetapi jangan ragu untuk mendistribusikan konten Anda di luar direktori ini. Kirimkan musik podcast, karya seni, nama, deskripsi, dll.

Apple Podcasts

Apple Podcasts adalah direktori podcast terbesar dan pastinya harus menjadi pilihan pertama Anda. Itu menarik khalayak luas dan memiliki kategori berbeda untuk pengiriman podcast. Untuk membuat akun dan mengirimkan acara, kunjungi halaman Apple Podcasts for Creators.

Stitcher

Stitcher adalah tempat bagus lainnya untuk mendapatkan eksposur untuk podcast Anda. Direktori podcast terbesar kedua, Stitcher adalah rumah bagi podcast populer yang membahas topik menarik mulai dari pemasaran kepemimpinan hingga pembuatan bir rumahan.

Google Podcast

Dengan mengirimkan podcast Anda ke Google Podcast, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar untuk podcast Anda. Anda dapat menambahkan podcast dengan membuka Google Podcast Manager dan mengirimkan feed RSS podcast.

Spotify

Layanan streaming musik populer juga merupakan direktori podcast. Podcast berkembang pesat di antara pendengar, jadi Anda pasti ingin menyertakan acara dalam rekomendasi Anda untuk meningkatkan visibilitas Anda.

12. Promosikan Episode Podcast

Anda ingin membuat buzz di sekitar podcast Anda untuk mendapatkan perhatian dan meningkatkan peluang Anda untuk ditampilkan di direktori podcast. Untuk melakukan ini:

  • Buat halaman arahan agar orang tahu apa yang Anda rencanakan dan beri mereka kesempatan untuk bergabung dengan milis Anda.
  • Umumkan rilis ke daftar email kami dan minta mereka untuk meninggalkan ulasan setelah mendengarkan.
  • Ulasan meningkatkan peluang Anda untuk ditampilkan di direktori.
  • Mulailah podcast Anda dengan beberapa episode (idealnya 3) sehingga pendengar tahu bahwa Anda akan memposting konten secara teratur.
  • Buat transkripsi episode sehingga Anda dapat menemukannya melalui mesin pencari.
  • Gunakan alat seperti repurpose.io untuk mengubah potongan kecil audio podcast Anda menjadi format video dan mempostingnya ke platform sosial.
  • Gunakan jangkauan pendengar Anda untuk menyebarkan berita tentang episode baru.

13. Hasilkan Uang dengan Podcast

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari podcasting.

  • Dukungan langsung. Ini adalah saat pembawa acara podcast meminta pendengar untuk memberikan donasi untuk mendukung acara tersebut. Jika audiens Anda menyukai konten Anda, mereka akan menyumbangkan sejumlah uang agar podcast Anda tetap berjalan.
  • Sponsor. Sponsor adalah tempat pembawa acara mempromosikan sponsor mereka selama pertunjukan. Penghasilan sponsor Anda bergantung pada berapa kali program Anda diunduh. Sebagian besar sponsor membayar per Rp. 15 jutaan, dengan tarif rata-rata antara Rp. 220 ribuan dan Rp. 750 ribuan CPM.
  • Menjual produk. Cara lain podcast menghasilkan uang adalah dengan menjual produk yang melengkapi topik mereka. Ini mungkin termasuk produk, kursus, buku, acara langsung, layanan konsultasi, dan banyak lagi.

Setelah Anda merilis beberapa episode dan mulai membangun audiens, Anda dapat mulai berpikir untuk memonetisasi podcast Anda.

Daftar Isi